KOREA

Baik Ditonton Untuk Self Healing, 5 Drama Korea Dengan Genre Slice of Life Ini Membantumu Memahami Makna Kehidupan

Sabtu, 02 Oktober 2021 17:03 Penulis: Editor KapanLagi.com

Hometown Cha Cha Cha (credit:instagram/hometownchachacha)

Kapanlagi.com - Terkadang menonton film, membaca buku, dan mendengarkan podcast bisa menjadi solusi untuk kita memahami makna kehidupan dari hal-hal sederhana. Drama Korea sering kali membawakan genre slice of life yang mengangkat kisah kehidupan sehari-hari dan masalah-masalah yang relate dengan banyak orang. Tidak jarang juga drama Korea dengan genre ini memenangkan banyak penghargaan bergengsi karena kisah dan acting pemainnya yang mendalam.

Masalah-masalah sederhana yang diangkat justru menjadi titik istimewa tersendiri bagi penonton, sebab kita dapat melihat dari berbagai sudut pandang dan memahami akar permasalahan tersebut. Drama Korea bergenre slice of life juga menjadi pelajaran bagi banyak orang untuk tidak serakah, gegabah, dan menyalahkan diri sendiri. Dengan cerita yang ringan, drama-drama seperti ini patut ditonton karena tidak memberikan cerita yang berlebihan.

Untuk kamu yang sedang butuh waktu untuk sendiri dan memahami perasaanmu, menonton drama bergenre slice of life ini bisa menjadi solusi kamu. Kamu akan belajar untuk memaafkan hal-hal yang menyakiti hatimu dan lebih menyayangi dirimu sendiri. Yuk simak listnya, ada apa saja sih?

1. My Mister (2018)

Drama yang diperankan oleh aktris sekaligus penyanyi papan atas IU ini memiliki alur cerita yang tidak biasa. MY MISTER merupakan drama Korea tvN yang tayang pada 2018 dengan genre slice of life yang menuai banyak pujian. Tak tanggung-tanggung, drama MY MISTER berhasil memenangkan Best Drama dan Best Screenplay di Baeksang Arts Awards ke 55.

Drama ini berkisah tentang 3 saudara laki-laki yang menanggung beban hidupnya masing-masing. Park Dong Hoon (Lee Sun Kyun) sebagai anak pertama bertemu dengan wanita pekerja keras bernama Lee Ji An (IU). Ji An memiliki latar belakang kehidupan yang keras, sejak kecil dia sudah dipukuli oleh rentenir, ditinggalkan ibunya, dan terlilit kemiskinan. Keduanya dipertemukan untuk menyembuhkan luka satu sama lain.

 

 

2. Because This Is My First Life (2017)

Drama Korea satu ini mengangkat kisah krisis kehidupan di usia 30-an yang relate dengan banyak orang. Yoo Ji Ho (Jung So Min) merupakan wanita pekerja keras yang bekerja sebagai penulis naskah dan bercita-cita sebagai penulis terkenal. Dia tinggal dengan saudaranya Yoon Ji Suk (Noh Jong Hyun), tetapi harus hengkang dan mencari tempat tinggal sendiri.

Lilitan finansial menjadi masalah utama bagi Yoo Ji Ho, akibat dia sulit mencari tempat tinggal hingga memiliki kemungkinan terburuk tinggal di jalanan. Untungnya, Yoo Ji Ho bertemu dengan Nam Se Hee (Lee Min Ki) yang membutuhkan teman sekamar karena juga mengalami kesulitan finansial. Mampukah mereka bertahan dan saling support satu sama lain?

 

 

3. Hospital Playlist 2 (2021)

Masih hangat diperbincangkan karena episode terakhirnya yang mengharukan, HOSPITAL PLAYLIST 2 memang menjadi kecintaan semua orang. Berkisah tentang persahabatan 5 orang dokter sejak kuliah hingga bekerja di rumah sakit yang sama. Drama ini diperankan oleh Cho Jung Seok, Yoo Yeon Seok, Jung Kyoung Ho, Kim Dae Myung, dan Jeon Mi Do.

Kelima orang tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda, mulai dari penyabar, pintar, pemberani, hingga usil. Setiap episodenya, penonton akan diberikan masalah-masalah kecil yang dapat kita temui di kehidupan sehari-hari seperti percintaan, keluarga, dan finansial. Drama ini memberi banyak pelajaran hidup dibungkus dengan persahabatan kelima orang yang sangat hangat.

 

 

4. Hometwon Cha Cha Cha (2021)

Drama Korea yang masih on going di Netflix ini menyita banyak perhatian masyarakat karena pemeran yang juara dan alur cerita yang tidak banyak drama. Dikisahkan seorang perempuan mandiri Yoo Hye Jin (Shin Min Ah) yang keluar dari klinik dokter gigi di Seoul dan memutuskan untuk pindah serta mendirikan klinik pribadinya di desa tepi laut Gongjin.Di desa inilah Yoo Hye Jin bertemu laki-laki unik bekerja serabutan bernama Doo Shik (Kim Seon Ho).

Keduanya selalu terlibat oleh kejadian-kejadian aneh seolah terikat satu sama lain. Drama romance ini tidak hanya memberikan kisah percintaan saja, namun mengangkat kejadian-kejadian mengharukan warga Gongjin seperti kasih sayang seorang ayah pada anaknya, anak yang melupakan keberadaan ibunya karena sibuk, hingga seorang ibu yang ditinggal mati anaknya karena kanker.

 

 

5. Reply 1988 (2015)

Kecintaan penggemar drama Korea, apalagi kalau bukan REPLY 1988. Drama Korea satu ini berhasil memenangkan hati penonton dengan genre slice of life. Bercerita tentang persahabatan 5 anak SMA yaitu Duk Sun (Hyeri Girls Day), Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Sun Woo (Ko Gyung Pyo), Dong Ryong (Lee Dong Hwi), dan Choi Taek (Park Bo Gum).

Mereka berteman sejak masih bayi  dan selalu menghabiskan waktu bersama. Berlatar waktu 1988, drama ini membawa cerita yang kental dengan tradisi Asia baik dalam berkeluarga maupun bertetangga. Masalah-masalah yang dihadirkan juga sederhana namun sangat menyayat hati, seperti kesulitan ekonomi, orang tua yang bercerai, kasih sayang orang tua, hingga masalah penolakan percintaan. Drama ini juga mengangkat komedi yang membuat penonton terbahak-bahak setelah dibuat menangis.

Selain memiliki kisah yang mengharukan dan penuh pelajaran berharga, ternyata drama-drama di atas juga dibintangi oleh aktor-aktris ternama. Kamu akan dimanjakan dengan visual serta alur cerita yang tidak membosankan, cocok untuk mengisi hari-harimu dengan santai. Selamat menonton KLovers!

 

Ditulis Oleh : Salma Tsabita

 


REKOMENDASI
TRENDING