'Batsu Games', Running Man Versi Jepang Yang Lebih Dewasa & Kejam

Rabu, 28 September 2016 20:45 Penulis: Guntur Merdekawan
'Batsu Games', Running Man Versi Jepang Yang Lebih Dewasa & Kejam Gaki no Tsukai © Teamgaki

Kapanlagi.com - Oleh: Guntur Ishtar Aria

Bagi para penggemar drama Korea atau musik K-Pop, Running Man pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Bahkan, mereka yang tak suka Korea saja pastinya juga pernah mendengar judul variety show super populer di Negeri Gingseng tersebut. Iya kan?

Seperti diketahui, sejak pertama tayang pada Juli 2010 silam, hingga saat ini Running Man sudah mencapai episode ke-318. Program yang disutradarai oleh Kim Joo-Hyung inipun mencatatkan namanya sebagai salah satu variety show terpanjang dalam sejarah Korea.

Berbagai macam game yang sangat menghibur dan baru setiap episode-nya jadi salah satu fitur unggulan dari show satu ini. Tak heran jika Running Man saat ini jadi tontonan favorit di Korea, bahkan di seluruh dunia.

Ada yang suka Running Man? © TwitterAda yang suka Running Man? © Twitter

Running Man sendiri dibawakan oleh talent-talent yang memang sangat gokil dan gila abis, seperti Yoo Jae Suk, Gary, Haha, Ji Suk Jin, Kim Jong-kook, Lee Kwang Soo dan Song Ji hyo. Agar tidak monoton dan selalu menghadirkan nuansa baru, guest star berbeda pun selalu dihadirkan tiap episode-nya.

Nah, mungkin tidak banyak dari kalian yang tahu jika di Jepang pun sebenarnya ada sebuah variety show bertema serupa yang sudah lebih dulu tayang, yakni Downtown no Gaki no Tsukai ya Arahande!. Tayang sejak Oktober 1989, program komedi ini dibawakan oleh nama-nama komedian legendaris di Jepang, yakni duo Downtown (Hitoshi Matsumoto dan Masatoshi Hamada), duo Cocorico (Naoki Tanaka dan Shozo Endo), lalu Hosei Yamazaki.

No-Laughing Batsu Games

Nah, Gaki no Tsukai sendiri memiliki banyak fitur berbeda, di mana salah satunya yang paling kondang dan digilai publik adalah No-Laughing Batsu Games. Ya, Batsu Games adalah show yang dilakukan setahun sekali, yakni setiap akhir tahun (31 Desember) oleh ke-5 komedian yang namanya sudah disebutkan di atas.

Inti dari permainan ini, ke-5 komedian tersebut harus menjalani syuting seharian penuh dan menghadapi berbagai macam 'godaan' yang jenisnya bermacam-macam. Lucunya, mereka berlima DILARANG KERAS untuk tertawa apapun yang terjadi.

Downton no Gaki no Tsukai © TwitterDownton no Gaki no Tsukai © Twitter

Batsu Games sendiri jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah Permainan Hukuman. Ya, tentu ada hukuman yang diterima oleh Matsumoto CS setiap kali mereka tertawa selama 24 jam yang telah ditentukan, yakni sebuah pukulan keras di bokong, menggunakan sebuah stick yang lentur-lentur keras. :)

Mungkin kalian pikir menahan diri untuk tidak tertawa itu mudah, namun masalahnya, selama 24 jam itu, kelima host bakal diteror oleh sederet komedian top dari Jepang lain yang secara tiba-tiba muncul. Tak cuma komedian, bahkan setiap tahun pasti ada nama-nama penyanyi maupun pemain film Jepang populer yang juga ikut andil untuk membuat Matsumoto CS tertawa dan mendapatkan hukumannya.

Pemeran Utama

- Hitoshi Matsumoto, adalah komedian yang khas dengan kepala botaknya. Ia juga salah satu member tertua, di mana usianya saat ini 53 tahun. Matsumoto tergabung dalam grup komedian duo Downtown bersama Hamada. Pria berkepala plontos ini sendiri sering jadi sosok yang paling susah menahan tawa dan akhirnya selalu kalah tiap tahun (dihitung dari jumlah tertawa paling banyak dalam Batsu Gamei).

- Masatoshi Hamada, adalah rekan Matsumoto di Downtown. Saat ini usianya juga 53 tahun. Hamada sering dibully atau disindir sebagai si bibir tebal. Meskipun begitu, Hamada adalah sosok yang sangat disegani oleh komedian lain karena sifatnya yang seringkali galak.

- Hosei Yamazaki, anggota terbaru dan termuda dalam Gaki no Tsukai. Ia adalah sosok yang selalu jadi bahan bullyan teman-teman lain. Yamazaki juga sering kali melemparkan guyonan yang jayus dan dianggap tidak lucu oleh rekan-rekannya.

Cast utama No-Laughing Batsu Games © TwitterCast utama No-Laughing Batsu Games © Twitter

- Naoki Tanaka, adalah salah satu personel dari komedian duo, Cocorico. Ia memiliki tubuh yang sangat tinggi dan kurus. Tanaka sendiri adalah salah satu sosok yang paling kuat menahan tawa, namun sangat penakut terhadap hal-hal berbau mistis.

- Shozo Endou, adalah rekan Tanaka di Cocorico. Ia mendapat julukan ikemen, atau si ganteng dalam Batsu Games ini. Endo sendiri sering terlibat skandal cinta dengan berbagai wanita di kehidupan nyata, yang mana itu semua sering dijadikan salah satu bahan guyonan pada Batsu Games.

Tema Tahunan

Karena acaranya hanya diadakan setahun sekali, maka Batsu Games diadakan dengan budeget yang gila-gilaan dan terkonsep rapih. Ya, ceritanya, setiap tahun ke-5 komedian tersebut bakal diberi profesi yang berbeda-beda, sesuai dengan temanya.

No-Laughing Batsu Games pertama diadakan pada tahun 2003 silam dengan tema Hot Spring. Tahun-tahun setelahnya, konsep dari permainan ini jadi semakin jelas dan spesifik, seperti No-Laughing High Shcool (2005), No-Laughing Police Station (2006), No-Laughing Hospital (2007) hingga yang terbaru No-Laughin Detective Agency (2015).

No-Laughing Hospital (2007) © TwitterNo-Laughing Hospital (2007) © Twitter

Contohnya, pada seri No-Laughing Hospital, Matsumoto CS diberi peran sebagai suster. Sebelum masuk zona No-Laughing, mereka diminta untuk mengenakan dress ala suster yang pastinya didesain berbeda-beda untuk tiap pemeran, sesuai dengan karakter masing-masing.

Lalu, rumah sakit yang dipakai sendiri memang sengaja dibuat hanya untuk acara ini saja. Nantinya, selama 24 jam, mereka harus berusaha mati-matian untuk menahan diri dari tertawa di dalam RS menghadapi godaan yang pastinya berbeda-beda dan tak bisa ditebak datangnya dari mana.

Jenis Guyonan

Intinya, di setiap episode, Matsumoto CS bakal diberi sebuah ruangan bersama untuk istirahat (mengingat syutingnya yang panjang). Nah, ada beberapa momen di mana mereka berlima dipanggil untuk mengikuti 'show' yang pastinya berisi banyak sekali godaan.

Nah, guyonan dalam No-Laughing Batsu Games sendiri sangat bervariasi, di mana ada yang sangat kratif, namun ada juga yang super kasar dan dewasa. Istimewanya, banyak sekali sosok publik figur yang rela untuk mempermalukan diri atau bahkan menyakiti diri sendiri hanya untuk membuat Matsumoto CS tertawa terpingkal-pingkal.

Selain itu, satu hal yang paling bikin ngakak dan terhibur saat nonton No-Laughing Batsu Games adalah saat di mana ke-5 pemeran utamanya 'saling membunuh' satu sama lain. Ya, ada kalanya ketika tidak ada kerjaan, satu dan yang lainnya akan saling menggoda agar saingannya tertawa dan kena pukul pantatnya. Namun tentu saja, hal itu malah semakin membuat suasana penuh tawa dan pada akhirnya semua 'OUT' (kena pukul).

Penilaian Publik

Bagi beberapa orang, No-Laughing Batsu Games adalah tontonan yang sangat menghibur dan dipenuhi dengan ide guyonan yang jenius, namun beberapa lainnya pasti menyebut jika guyonan yang terdapat di dalamnya terlalu berlebihan dan kasar.

Anyway, meski syuting dilakukan secara 24 jam penuh, namun pada akhirnya setelah disaring, satu video No-Laughing Batsu Games berdurasi sekitar 3 hingga 4 jam saja. Saat ini sudah ada situs official yang menyediakan subtitle Bahasa Inggris untuk tiap episode tahunan Batsu Games, yakni Teamgaki jika kamu tertarik untuk nonton.

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING