KOREA

Berikut 8 Grup K-Pop Populer yang Banyak Dinantikan Sub Unitnya Oleh Para Fans

Minggu, 20 November 2022 09:16 Penulis: Editor KapanLagi.com

TWICE, SHINee & BLACKPINK (Credit: instagram.com/jennierubyjane, pinterest.com)

Kapanlagi.com - Ditulis oleh : Adhella Azkia Putri

Dalam industri K-Pop, memiliki subunit dalam suatu grup memang cukup umum dan ada banyak subunit yang dibentuk baik dalam skala besar maupun kecil.

Sebenarnya fungsi dari pembentukan subunit itu untuk membantu dalam menampilkan lebih banyak warna dan bakat individual dari para member.

Tetapi ada beberapa grup K-Pop yang setelah popularitasnya memuncak, mereka belum juga membentuk sebuah subunit, dan hal tersebut sangat di nanti-nantikan oleh para penggemar mereka.

Berikut merupakan 8 grup K-Pop yang banyak di nantikan subunit nya oleh para penggemar.

1. BLACKPINK

BLACKPINK mendapatkan gelar “Girl group terbesar di dunia.” Mereka sudah 6 tahun debut tapi BLACKPINK belum memiliki subunit hingga saat ini.

Para penggemar berpikir ini adalah waktu yang tepat untuk membentuk subunit, dan ada permintaan yang tinggi dari penggemar untuk membentuknya, namun pihak YG Entertainment belum membuat subunit tersebut yang membuat beberapa Blinks (penggemar BLACKPINK) kecewa dengan agensi tersebut. 

2. BTS

Meskipun menjadi grup K-Pop paling populer, BTS belum sama sekali belum pernah membentuk subunit. Debut pada tahun 2013, BTS telah berkecimpung di industri ini selama sembilan tahun.

Sebenarnya ada beberapa lagu yang bisa dikatakan terdengar seperti lagu subunit contohnya, Luv In Skool, Zero O'clock, Skool Luv Affair, dan UGH! Namun, BigHit Entertainment belum secara resmi memberi label karya-karya tersebut sebagai subunit.

3. TWICE

TWICE merupakan salah satu grup terbesar dari JYP Entertainment, namun mereka hingga saat ini juga masih belum membentuk subunit.

Baru-baru ini kesembilan anggota TWICE memperbarui kontrak mereka dengan JYP Entertainment, setelah itu mereka melakukan comeback. Ada rumor yang beredar di kalangan penggemar bahwa TWICE akan memulai debut subunit pertama mereka dengan anggota yang berasal dari Jepang yaitu, Mina, Sana, dan Momo.

4. SHINee

SHINee merupakan satu-satunya boy group K-Pop dari SM Entertainment yang tidak memiliki subunit.

SHINee melakukan debut mereka pada tahun 2008 dan telah menghabiskan empat belas tahun bekerja dengan SM Entertainment. Meskipun anggota SHINee telah berada di grup seperti SM The Performance, SuperM, Younique, Toheart, dan SM The Ballad, namun tidak ada subunit yang terbentuk di dalam grup SHINee hingga saat ini.

5. iKON

iKON ini memiliki enam orang anggota, boy group generasi ketiga yang dinaungi oleh YG Entertainment ini memulai debutnya pada tahun 2015.

Namun sudah tujuh tahun mereka debut, sampai saat ini iKON masih belum mempunyai subunit.

Meskipun rapper utama grup mereka, Bobby pernah menjadi bagian dari unit duo hip-hop YG Entertainment MOBB bersama dengan rekan satu labelnya Mino, namu hingga saat ini belum ada subunit yang terbentuk dalam grup tersebut. 

6. WINNER

WINNER adalah grup beranggotakan empat orang yang memulai debutnya pada tahun 2014.

Terdiri dari dua vokalis dan dua rapper, WINNER merupakan salah satu boy grup dibawah naungan YG Entertainment yang hingga saat ini tidak memiliki subunit.

Walaupun Song Mino dari grup tersebut bergabung di unit MOBB bersama Bobby iKON dan anggota mereka sering tampil solo, tetapi hingga saat ini tidak ada subunit yang terbentuk didalam grup WINNER. 

7. 2 PM

2PM merupakan boy group generasi kedua dari JYP Entertainment yang beranggotakan enam orang. Grup ini memulai debutnya pada tahun 2008, dan sepat hiatus selama empat tahun dan kembali bersama lagi pada tahun 2021.

Meskipun menjadi grup K-Pop yang sudah lama merintis karir, 2PM hingga saat ini tidak pernah membentuk subunit. Sebagai gantinya, 2PM bersama dengan 2AM membentuk unit yang mereka beri nama One Day untuk merekam lagu film dokumenter mereka.

8. MONSTA X

MONSTA X merupakan boy group beranggotakan enam orang yang dinaungi oleh Starship Entertainment, mereka melakukan debut pada tahun 2015 dan mereka merupakan salah satu boy group yang paling populer di bawah Starship Entertainment. 

Baru-baru ini kelima member MONSTA X memperbarui kontrak mereka tahun ini kecuali I.M. Meskipun semua anggota Monsta X adalah bagian dari Y-Teen, namun MONSTA X hingga saat ini belum membentuk subunit di dalam grup tersebut. 

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING