HOME » KOREA
KOREA

Cermin Perunggu Kuno dari Korea Ini Jadi Bukti Sejarah Teknologi Zaman Kerajaan Gojoseon

Senin, 08 Juni 2020 19:15 Penulis: Mita Anandayu

Cermin kuno Korea dengan pola yang luar biasa © Istimewa

Kapanlagi.com - Sejarah mencatat, Korea menjadi salah satu negara yang memiliki cermin perunggu kuno dengan pola yang sangat tepat. Korea merupakan salah satu penyedia semikonduktor terkemuka di dunia dan merupakan teknologi semikonduktor global di abad ke-21.

Perusahaan Samsung Elektronik yang merupakan pemimpin semikonduktor global, menemukan cetakan kuno untuk pengecoran perunggu selama persiapannya untuk pabrik semikonduktor di kota Yongin di Provinsi Gyeonggido.

1. Jadi Warisan Budaya Nasional

Cetakan ini digunakan untuk membuat cermin perunggu seperti Warisan Budaya Nasional No. 141 Danyusemungyeong (cermin perunggu dengan pola geometris halus). Cermin kuno, yang juga dikenal dengan cermin berlapis halus, dibuat sekitar abad ke-4 SM.

Bagian belakang cermin berdiameter 8,3 inci dihiasi dengan 13.300 lingkaran konsentris 0,001 inci. Garis-garis ini dalam ukuran mikron yang sulit untuk ditiru bahkan dengan nanoteknologi saat ini.

2. Bukti Teknologi Zaman Kerajaan Gojoseon

Mikroskop ini ditemukan pada akhir abad ke-16 di Eropa. Jadi sebuah misteri bagaimana orang-orang Gojoseon (2333-108 SM) melemparkan garis-garis mikroskopis pada cermin pada periode prasejarah. Cermin perunggu kuno menunjukkan bukti teknologi ilmiah canggih yang dimiliki kerajaan Gojoseon Korea pertama.

(kpl/mit)

Editoraaa: Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING