HOME » KOREA
KOREA

Gangnido, Peta Afrika-Eurasia Buatan Dinasti Joseon yang Jadi Tertua di Dunia

Rabu, 03 Juni 2020 15:20 Penulis: Mita Anandayu

Peta Gangnido © contents.history.go.kr

Kapanlagi.com - Salah satu warisan kelas dunia yang dimiliki Korea Selatan adalah peta Afro-Eurasia. Peta ini merupakan peta dunia yang digambar pada awal abad ke-15. Peta yang diberi nama Gangnido ini memiliki arti peta dunia yang harus diketahui.

Gangnido sendiri merupakan kependekan dari Honil-Gangni-Yeokdae-Gukdo-Jido. Peta ini dibuat pada tahun 1402 atau sekitar 10 tahun setelah terbentuknya dinasti Joseon. Peta yang dibuat oleh Wakil Perdana Menteri itu menggabungkan dari berbagain macam peta di Korea, China, dan Jepang. Nggak cuma itu, Afrika juga termasuk di dalamnya sehingga memiliki usia 100 tahun lebih tua dari semua peta yang ada di Eropa.

1. Tak Ada Tandingannya di Zaman Itu

Seperti yang dikatakan sebelumnya, peta ini memuat Afrika di dalamnya. Bahkan digambarkan secara detail seperti Pantai Afrika dan Sungai Nil. Tentu saja ini membuat Gangnido menjadi peta yang tak tertandingi pada zaman itu.

Adanya Gangnido yang dibuat di kala itu, membuat Joseon dipandang luar biasa dalam memahami dunia. Hal ini menunjukkan bagaimana tingginya tingkat literasi, pengetahun serta budaya yang dimiliki oleh dinasti Joseon.

2. Dipuji Sejarawan Inggris

Seperti yang dilansir dari Voluntary Agency Network of Korea (VANK) diketahui, peta ini digunakan untuk sebuah cover untuk buku 'the History of Cartography in the Traditional East and Southest Asian Societies' yang diterbitkan oleh University of Chicago Press.

Bahkan dalam buku yang lain 'Cartographia: Mapping Civilizations' yang ditulis oleh Vincent Virga dan the U.S. Library of Congress mengevalusi bahwa tidak ada peta yang bisa dibandingkan dengan Gangnido! Sejarawan Inggris, Joseph Needham pun ikut memuji Gangnido sebagai peta terbaik saat itu.

(kpl/mit)

Editoraaa: Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING