KOREA

Ini Daftar Marga Korea yang Paling Sering hingga Jarang Dipakai Sebagai Nama Keluarga, Kim dan Lee Ada di Urutan Berapa Ya?

Kamis, 04 Juni 2020 10:35 Penulis: Mita Anandayu

Ilustrasi seleb Korea yang punya marga Lee dan Kim © Netflix - FILA

Kapanlagi.com - Sebagai pecinta Korea, pasti sudah sangat sering mendengar berbagai marga yang digunakan oleh orang Korea Selatan. Berbeda dengan di Indonesia, nama Korea terbagi atas marga yang kemudian diikuti dengan nama kecilnya. Marga atau nama keluarga biasa disebut dengan seong, sedangkan nama kecil dalam bahasa Korea disebut dengan myeong.

Sejak dulu rakyat Korea sudah menggunakan marga untuk nama Korea mereka. Mereka memiliki sistem kekerabatan yang dinamakan tongjok atau kelompok asal marga. Anggota sesama tongjok mewarisi marga dan nenek moyang yang sama. Tongjok biasa dikenal secara umum dengan istilah bongwan atau asal mula klan. Makanya nggak heran jika kamu sering mendengar seseorang di Korea menanyakan asal mula mereka jika bertemu dengan marga yang sama.

1. Yang Paling Sering Dipakai

Tahukah kamu kalau ada 286 marga Korea? Dari 286 nama tersebut, ada tiga nama yang paling sering dipakai dan kita jumpai di Korea. Marga ini pun dipakai mencapai setengah dari populasi warga Korea. Ada yang bisa nebak?

Marga Kim yang sering kamu dengar merupakan marga yang berada di urutan pertama yang paling sering dipakai. Dari data yang diambil dari Korean National Statistical Information Service (KOSIS) di tahun 2015, nama Kim merupakan marga yang paling sering dipakai. Tercatat ada 10.689.968 yang menggunakan nama Kim tersebar di seluruh Korea, dan yang terbanyak berasal dari Gyeonggido dan Seoul.

Di urutan berikutnya ada Lee yang mencapai 7.307.237 keluarga dengan penyebaran di berbagai Korea, dan Gyeonggido merupakan daerah yang banyak menggunakan nama ini. Sedangkan Park merupakan marga selanjutnya yang jadi paling sering dipakai dengan jumlah 4.192.080 keluarga. Kemudian disusul Jung dan Choi dengan jumlah mencapai lebih dari 2 juta keluarga di seluruh Korea.

2. Yang Paling Jarang Dipakai

Berbanding terbalik dengan marga Kim, Lee, Park, Jung dan Choi yang sering dipakai, sederet marga ini menjadi marga yang paling jarang sekali ditemukan di Korea. Marga Hwangmok menjadi marga yang paling jarang dipakai dengan total 5 keluarga saja dari marga ini.

Selain Hwangmok, marga Wan menjadi yang jarang dipakai juga nih dengan total 6 keluarga saja. Disusul Eogeum, San, Ban, Mangjeol, Ta, Nahn, dan Deungjeong yang totalnya tidak sampai mencapai 10 keluarga yang memakai marga tersebut.

So, dari sekitar total 50 juta lebih penduduk Korea Selatan, 45% persen penduduk Korea ternyata menggunakan marga Kim, Lee, dan Park yang paling banyak.

(kpl/mit)

Editoraaa: Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING