KOREA

Dari G.Soul Sampai Miyeon (G)I-DLE, 6 Artis Korea Ini Jadi Trainee Selama Bertahun-Tahun Lamanya!

Selasa, 07 September 2021 21:45 Penulis: Editor KapanLagi.com

Jihyo TWICE (credit: instagram.com/twicetagram), G.Soul (credit: instagram.com/g_theprince), Miyeon (G)I-DLE (credit: instagram.com/official_g_i_dle)

Kapanlagi.com - Bukan sebuah rahasia lagi kalau artis K-Pop andalan kalian sebelum jadi benar-benar terkenal dan punya nama yang besar harus melewati sebuah proses yang sangat panjang. Mulai dari ikut audisi, jadi trainee dan menjalani seleksi hingga akhirnya bisa debut sepertinya sebuah proses yang sangat umum dan wajib mereka lalui dalam perjalanan karier mereka ya.

Tidak hanya satu-dua tahun saja, ada banyak sekali idol K-Pop yang punya masa training atau pelatihan hingga bertahun-tahun juga lho! Tidak sedikit dari mereka yang memang telah memulai trainingnya sejak usia yang sangat muda demi mempersiapkan karier masa depan mereka sebagai seorang artist dan juga entertainer.

Terkadang, ada juga idol yang harus berpindah ke agensi lain untuk memulai jalannya yang baru, hingga ada pula yang memilih hengkang dari dunia hiburan bahkan sebelum sempat debut, bukan main sih persaingannya. Siapa saja menurut kalian idol-idol atau penyanyi yang punya masa training terlama, KLovers? Atau mungkin dari idol grup andalanmu, siapa yang jadi trainee paling lama nih?

Di bawah ini ada 6 artis K-Pop yang menjalani waktu training hingga bertahun-tahun lho. Coba intip, ada biasmu nggak tuh?

1. G.Soul - 15 Tahun

Penyanyi solo yang memiliki nama asli Kim Ji Hyun ini merupakan salah satu trainee terlama yang berada di JYP Entertainment. Saat masih berkarier di bawah naungan JYP Entertainment, G.Soul telah menjalani 15 tahun lamanya masa training, lama banget! Ia debut dengan single pertamanya yang berjudul You pada tahun 2015 lalu. 

Setelah debut selama dua tahun, ia memilih hengkang dari JYP dan menandatangani kontrak bersama H1GHR MUSIC, sebuah label rekaman milik Jay Park yang juga mantan penyanyi naungan JYP Entertainment. Kini G.Soul yang sempat berganti nama menjadi Golden tersebut tengah berkarier bersama Warner Music Korea. Pecinta lagu R&B/Soul wajib banget sih dengar lagunya G.Soul!

 

2. G-Dragon BIGBANG - 11 Tahun

Ada V.I.P di sini? Salah satu member grup K-Pop legendaris, BIGBANG, Kwon Ji Yong atau G-Dragon ini juga merupakan salah satu K-Pop idol yang memiliki masa training terlama. Ia menghabiskan 5 tahun masa training pertamanya di bawah naungan SM Entertainment saat ia berusia 8 tahun.

G-Dragon kemudian berpindah ke dalam YG Entertainment dan menjadi trainee selama 6 tahun di sana sebelum akhirnya debut sebagai anggota dari BIGBANG. G-Dragon bahkan menjadi salah satu rapper termuda selama masa traineenya. Wow 11 tahun lho jadi trainee

 

3. Jihyo TWICE - 10 Tahun

Ada leadernya TWICE di sini! Jihyo merupakan member TWICE dengan masa training terlama yaitu 10 tahun, KLovers. Masa training yang lama tersebut JUGA menjadi salah satu alasannya terpilih menjadi leader dari girl group TWICE ini. 

Tidak hanya jadi trainee selama satu dekade, Jihyo juga memulai pelatihannya saat ia masih sangat belia. Ia bergabung bersama JYP Entertainment sejak ia berusia delapan tahun. Ia telah berlatih bersama banyak idol dari JYP seperti Sunmi, Bae Suzy, Jo Kwon, dan juga Nickhun. Jihyo akhirnya berhasil debut bersama TWICE pada 2015 lalu. Sukses terus ya, Jihyo!

 

4. Xiyeon PRISTIN - 10 Tahun

Satu lagu member grup idol dengan masa trainee 10 tahun nih KLovers. Park Siyeon atau yang dulu bernama Xiyeon ini sudah mulai menjadi trainee dalam Pledis Entertainment sejak tahun 2008 lalu. Sebelumnya, ia merupakan seorang aktris cilik yang mulai berkarier sejak usia 5 tahun, masih kecil banget!

Sejak masa pre debutnya ia telah muncul dalam beberapa video musik dari penyanyi-penyanyi seniornya di Pledis. Setelah bubarnya PRISTIN, Siyeon kini melanjutkan kariernya menjadi seorang aktris di bawah Soo Yeon Kang Entertainment sejak tahun 2020. So happy for her!

 

5. Johnny NCT - 9 Tahun

NCTzen mana suaranya?! Penyanyi kelahiran Chicago, Illinois ini merupakan member NCT dengan masa pelatihan terlama nih. Setelah lolos dalam SM Global Audition yang diadakan di Amerika Serikat pada tahun 2007 lalu, Johnny melanjutkan masanya sebagai trainee selama 9 tahun. 

Kabarnya, ia menjalani training bersama para member EXO lho namun disayangkan EXO debut terlebih dahulu dan ia masih harus menjadi trainee. Setelah penantian dan banyak waktu dan keringat yang harus ia korbankan, akhirnya ia debut juga sebagai member dari NCT 127. Fun Fact! Johnny punya banyak foto pre debut bareng member EXO lho, sudah pernah lihat belum?

 

6. Miyeon (G)I-DLE - 8 Tahun

Cho Mi-yeon atau yang biasa dikenal dengan nama panggung Miyeon ini merupakan idol K-Pop yang jadi trainee selama 8 tahun lamanya! Ia yang kini menjadi member dari girl group (G)I-DLE ini telah menjalani masa pelatihan dalam YG Entertainment terlebih dahulu selama 5 tahun lho, KLovers. 

Rumornya, ia dulu bahkan hampir debut bersama BLACKPINK nih hingga akhirnya hengkang dari YG dan bergabung bersama Cube Entertainment. Miyeon pun telah berhasil debut bersama (G)I-DLE dan memiliki posisi sebagai vokalis utama dan juga visual di grup ini lho! Nggak heran sih, salut banget!

Nah itu dia KLovers artis-artis Korea Selatan yang sudah jadi trainee selama bertahun-tahun sebelum akhirnya berhasil debut. Berat banget ya perjuangan mereka, bahkan ada juga yang menghabiskan seluruh masa mudanya menjadi seorang trainee

Tentu yang menanti seorang trainee untuk debut tidak hanya mereka sendiri namun juga para penggemar yang bahkan sudah mengikuti mereka sejak masa pelatihannya ya! Jadi terharu deh! Terus dukung idola favoritmu deh agar mereka terus berkarya!

Oh iya, ada tidak biasmu di atas?

 

Artikel ini ditulis oleh: Elisabeth Marie N. D. 

 

REKOMENDASI
TRENDING