KOREA

Dari Yedam TREASURE Sampai Seunghoon WINNER, Idol Korea Ini Ternyata Jebolan Program K-Pop Star Loh!

Kamis, 02 September 2021 23:47 Penulis: Editor KapanLagi.com

Jae DAY6 (Credit: instagram.com/@undertones.official), Yedam TREASURE (Credit: instagram.com/@manyofactory_official)

Kapanlagi.com - Banyak jalan menuju Roma.

Kira-kira mungkin seperti itu pepatah yang cocok buat mendeskripsikan industri hiburan di Korea Selatan. Bukan lagi ditahun 90an, sekarang banyak banget cara buat memulai karir sebagai artis di Korea. Dari mengikuti audisi terbuka dari agensi hiburan hingga casting jalanan yang dilakukan oleh staff agensi-agensi tersebut.

Salah satu tren selama beberapa tahun terakhir ini adalah munculnya program survival show. Lihat saja! Ada THE UNIT, MIX NINE, SHOW ME THE MONEY, PRODUCE 101, HIGH SCHOOL RAPPER dan masih banyak lagi. Diantara banyak program tersebut, ada yang paling legendaris nih. Yup, bener banget! K-POP STAR.

Ajang pencarian bakat menyanyi memang populer banget di Korea. Buktinya, acara-acara tersebut banyak jenisnya dan telah diselenggarakan hingga mencapai beberapa musim, seperti K-POP STAR.

Nah, saat KLovers menontonnya beberapa tahun yang lalu, KLovers mungkin tidak tahu kalau lagi melihat bintang K-Pop masa depan! Berikut adalah idol sukses yang masuk ke jajaran alumni K-POP STAR, kontestan mana nih yang dulu KLovers jagoin?

1. Junhoe iKON

JunHoe memiliki citra yang sangat berbeda ketika dia mengikuti audisi KPOP STAR SEASON 1. Pria tampan yang juga fans berat dari Michael Jackson ini masih kelihatan imut banget di sana. Meski nggak tampil sampai ke final, Junhoe menarik perhatian Papa YG—Yang Hyun Seok.

Yang Hyun Seok kemudian memutuskan untuk memberinya kesempatan untuk menjadi trainee di YG Entertainment. Tahun 2012 ia berjuang di Tim B, dan akhirnya bisa debut bersama iKON di tahun 2014. Wah, keren!

 

2. AKMU

Akdong Musician atau yang biasa dikenal dengan AKMU, yang terdiri dari Lee Chanhyuk dan Lee Suhyun, adalah duo musisi bersaudara. AKMU mulai popular dikalangan publik sejak kemunculannya di K-POP STAR karena membawakan lagu-lagu self-written milik mereka.

Berkat bakat yang luar biasa, AKMU akhirnya keluar sebagai pemenang K-POP STAR SEASON 2 dan bergabung dengan YG Entertainment. 7 April 2014 resmi menjadi momentum debut mereka di bawah naungan YG Entertainment.

Baru-baru ini, mereka baru saja rilis album loh, sudah tahu? Salah satu singlenya, Nakka, bahkan digarapnya bersama artis IU.

 

3. Yedam TREASURE

Dalam acara KPOP STAR SEASON 2, Bang Yedam datang sebagai salah satu kontestan. Salah satu penampilannya saat menyanyikan lagu Baby milik Justin Bieber pun berhasil memukau semua juri, termasuk Yang Hyun Seok. Tiap penampilannya dalam ajang tersebut pun selalu ditunggu banyak orang.

Meski bisa bertahan sampai babak final, Yedam tak berhasil menjadi pemenang namun berhasil menjadi runner up. Usai K-POP STAR, Yedam bergabung menjadi trainee YG Entertainment, sebelum akhirnya debut bersama TREASURE.

 

4. Jamie Park

Siapa sih fans K-Pop yang belum tahu cewek satu ini? Park Jimin—Jamie menjadi trending topic setelah muncul di KPOP STAR SEASON 1. Jamie membuat publik jatuh cinta dengan penampilannya menyanyikan Rolling In The Deep milik Adele. Mengejutkan para juri dalam tiap panggungnya, dan akhirnya menjadi pemenang!

Setelah K-POP STAR selesai, Jamie bergabung dengan JYP dan debut sebagai salah satu member 15&. Baru-baru ini doi pindah agensi dan menjadi artis solo paling dinanti.

 

5. Lee Hi

Lee Ha Yi—Lee Hi, mendapat perhatian publik setelah muncul dengan suaranya yang serak nan unik. Lee Hi yang saat itu berusia 16 tahun bercerita kalau dia ingin menjadi penyanyi seperti Beyonce, idolanya.

Penyanyi R&B ini akhirnya memilih YG Entertainment setelah menjadi runner up di K-POP STAR SEASON 1. Setelah tanda tangan kontrak dengan YGE, Lee Hi debut dengan single 1, 2, 3, 4. Dia baru saja merilis album 4 ONLY setelah pindah agensi ke AOMG.

 

6. Jae DAY6

Member DAY6, Jae Hyung—akrab disapa Jae, dijumpai Park Jin Young saat ikut audisi untuk KPOP STAR SEASON 1. Jae bahkan berhasil masuk ke Top 10, yang memperkuat keputusan JYP untuk memilih doi bergabung ke JYP Entertainment.

Akhirnya, lelaki yang identik dengan kacamatanya ini memilih bergabung dengan JYP Entertainment setelah tereliminasi. Jae yang memiliki suara unik dan bakat dalam bermusik akhirnya debut bersama DAY6.

Bukan hanya terkenal sebagai vokalis dan gitaris, doi juga beberapa kali jadi komposer dan penulis lirik loh!

 

7. Seunghoon WINNER

Leader WINNER—Seungyoon terkenal dengan penampilannya di salah satu survival show. Ternyata, dia bukan satu-satunya alumni. Sang main dancer—Seunghoon atau Hoon, juga pernah ikutan KPOP STAR SEASON 1 loh.

Masuknya Seunghoon ke YG Entertainment mungkin bukanlah hal mengejutkan. Yang Hyun Suk benar-benar menangis saat Seunghoon mengucapkan ucapan selamat tinggal terakhirnya setelah tersingkir.

Artikel ini ditulis oleh: Salafi Mufida Hasna

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING