KOREA

6 Fakta Suga BTS, Kisah dari Keluarga Kurang Mampu - Seorang Underground Rapper Kini Jadi 'Dukun' BTS

Selasa, 21 September 2021 19:33

Suga BTS (Credit: Instagram/suga_bighitentertainment)

Kapanlagi.com - Suga BTS merupakan nama panggung dari Min Yoon-gi, salah satu member BTS yang terkenal cool dan savage. Fakta Suga BTS yang sudah ngerap sejak kecil mungkin sudah menjadi rahasia umum. Maka tak heran jika dia menempati posisi rapper utama di BTS.

Namun, tak hanya menjadi rapper dan idol dengan banyak penggemar, Suga juga banyak terlibat di belakang layar. Dia punya sebutan Min PD karena sering memproduksi lagu, untuk dirinya sendiri, BTS, juga penyanyi lain. Melihat kesuksesan sekarang, kalian tentu penasaran dengan fakta Suga BTS di masa lalu.

Bersama Jung-kook, RM, V, Jimin, Seok-jin, J-Hope, Suga memang berhasil debut bersama BTS dan mendapat popularitas yang luar biasa. Namun, di balik itu semua, banyak kisah dan perjuangan yang cukup mengesankan untuk selalu dibicarakan. Untuk tahu selengkapnya, silakan simak informasi yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Suga BTS Pernah Jadi Underground Rapper

Ketertarikan Suga BTS pada rap dimulai sejak usia 13 tahun. Hal itu dipicu oleh Raga Muffin oleh Stony Skunk. Tak hanya sampai di situ, dia pun akhirnya memutuskan untuk menjadi rapper setelah mendengar Fly Epic High. Namun sayangnya, keluarga tak setuju dengan keinginan Suga. Bahkan mereka marah, membuang lirik yang dia tulis, dan menyuruhnya untuk fokus belajar.

Setelah itu, Suga memutuskan untuk bermain bola basket. Meski sebagai pelarian, dia pun jago dalam olahraga tersebut. Kecintaannya pada musik tak luntur. Bahkan dia bekerja part-time si sebuah studio rekaman dan belajar mengoperasikan program MIDI. Saat itu juga dia mulai membuat musik dan rap.

Pada tahun 2010, sebelum Suga BTS bergabung dengan Big Hit Entertainment, dia bahkan menjadi underground rapper. Saat itu, dia punya nama panggung Gloss dan aktif bersama Daegu Town atau disingkat D-Town. Selama itu, dia telah membuat banyak lagu, salah satunya 518-062.

 

 

2. Suga BTS Mengikuti Audisi Big Hit Entertainment

Setelah melalui perjalanan sebagai underground rapper, memproduksi banyak lagu, menjualnya hingga sering ditipu, Suga BTS mencoba ikut audisi di Big Hit Entertainment. Saat itu dia berhasil lolos dan menjadi trainee.

Selama trainee, Bang Si Hyuk sebagai CEO Big Hit menawari Suga untuk membuat boy grup. Suga dijanjikan untuk bergabung dengan grup yang minim koreografi dengan ruang produksi musik yang lebih ditekankan pada grup. Itu menjadi jalan pembuka bagi Suga bertemu dengan Kim Namjoon atau RM (Rap Monster).

 

3. Suga BTS Berasal dari Keluarga Miskin

Cerita mengenai latar belakang Suga BTS sebagai seorang anak yang miskin sudah bukan jadi rahasia. Bahkan, ini juga yang menjadi penyebab keluarganya tak menyetujui ketertarikannya pada musik dan lebih menekankan untuk fokus belajar. Namun ternyata, memang ini jalan Suga untuk meraih kesuksesan. Dan dia berjuang keras untuk meraihnya.

Jauh sebelum lolos audisi, Suga BTS sudah bekerja paruh waktu untuk turut membantu kebutuhan keluarga. Bahkan, dirinya tak jarang kelaparan demi bisa membeli tiket bus untuk pulang. Bahkan, Suga bekerja lebih keras secara finansial saat sudah menjadi trainee. Karena tak mendapat dukungan keluarga sejak awal, dia bekerja sebagai pengantar makanan.

Bukan tanpa halangan, dia pernah menjadi korban tabrak lari. Dia menderita luka, diam menyimpan kesakitannya sendiri, dan tetap berlatih dengan cedera yang dialami. Hal itu dilakukan karena dia khawatir akan kehilangan kesempatan di Big Hit. Tak hanya sakit secara fisik, dia pun sempat mengalami gangguan mental. Dia susah menggerakkan lengan, plus mengalami gangguan kecemasan dan depresi berat.

Beruntungnya, setelah Bang Si Hyuk tahu, Suga dibantu untuk sembuh. Jalan yang berat itu dilakoni Suga dengan perjuangan yang keras hingga dia bersama enam member lain berhasil debut sebagai BTS pada 2013.

 

4. Suga BTS, Seorang Teman Berdedikasi Tinggi

Sebagai ARMY, mungkin kalian tahu persis bagaimana kepribadian masing-masing member, termasuk Suga. Namun, cerita ini cukup berkesan untuk terus diingat. Cerita ini disampaikan oleh Jihoon, seorang mantan trainee Big Hit yang sempat berlatih bersama BTS. Pada Youtube miliknya, Brightoon TV, Jihoon menceritakan kisah yang pernah dialaminya bersama Suga.

Saat itu, Jihoon merasa pusing dan mual hingga muntah setelah makan malam. Suga mengetahui hal tersebut saat keadaan Jihoon makin memburuk pada tengah malam. Saat itu, Suga langsung mengantarnya ke rumah sakit naik taksi. Suga menemaninya opname di rumah sakit semalam suntuk, bahkan membayar biaya rumah sakit untuknya. Padahal, Suga sendiri jelas-jelas punya kesulitan finansial saat itu.

Wajar jika Jihoon pun tak bisa melupakan kebaikan Suga. Bahkan, bisa dibilang itu pengorbanan dan dedikasi yang luar biasa sebagai seorang teman.

 

5. Suga BTS Merupakan Produser Musik

BTS memang sebuah grup yang tak langsung melejit sejak debut. Bahkan, mereka sempat tinggal bertujuh dalam satu apartemen dengan satu kamar tidur selama masa debut. Mereka memang mendapat penghargaan sebagai artis pendatang baru, tapi ternyata hal tersebut tak langsung membuat mereka populer. Pada 2015, dengan lagu I Need U popularitas mulai menanjak. Semakin banyak penghargaan dimenangkan bahkan hingga kancah internasional. Pelan tapi pasti, BTS terus bersinar hingga sekarang.

Dan hal itu tak bisa dilepaskan dari peran para membernya, termasuk Suga. Perannya bisa dibilang cukup besar. Dia turut membantu dalam produksi dan menulis lirik untuk sebagian besar lagu BTS. Hal itu membuat Suga diakui oleh Asosiasi Musik Hak Cipta Korea sebagai produser. Bahkan, lebih dari 100 lagu Suga yang telah dikreditkan pada asosiasi tersebut.

Pada 2016, Suga pun merilis mixtape August D dengan nama panggung August D. Liriknya terkesan mentah dan emosional. Justru itu berkesan dan bisa mewakili perjuangannya dalam menghadapi depresi dan fobia sosial. Pada 2020, dia juga merilis mixtape kedua D-2 yang berisi 10 lagu.

Bukan hanya untuk BTS dan dirinya sendiri, idol yang juga sering dipanggil Min PD ini juga menggarap lagu untuk penyanyi lain. Sebagai contoh, Wine yang dipopulerkan Suran membuat Suga dianugerahi penghargaan Hot Trend Award di Melon Music Awards 2017. Dia juga memproduksi lagu We Don't Talk Together untuk Heize, Suga's Interlude untuk Halsey, dan juga Eight bersama IU.

 

6. Suga BTS Punya Julukan Dukunnya BTS

Suga BTS dianggap punya kemampuan yang keren dalam memprediksi pencapaian BTS di masa depan. Hal itu membuatnya mendapat julukan Minstradamus. Gampangnya, Suga dianggap sebagai dukunnya BTS.

Hal tersebut dibuktikan dengan prediksi Suga sebelumnya tentang penampilan BTS di Grammy Awards 2020, penampilan mereka di Billboard Music Awards pertama, dan lain sebagainya. Seperti perkataan ARMY, "Apa yang Suga inginkan, Suga dapatkan!". Melihat perjuangan Suga sejak awal, memang wajar dia mendapatkannya. Itu didapat bukan karena keajaiban, tapi juga kerja keras yang luar biasa.


REKOMENDASI
TRENDING