Gara-Gara Wajib Militer, Selebriti Bisa Makin Dipuja Atau Diusir Dari Korea

Rabu, 20 September 2017 15:48 Penulis: Rahmi Safitri
Gara-Gara Wajib Militer, Selebriti Bisa Makin Dipuja Atau Diusir Dari Korea Hyun Bin, Song Joong Ki, Jo In Sung © Istimewa

Kapanlagi.com - Bagi pria Korea yang sehat jasmani dan rohani, wajib militer adalah sebuah keharusan. Tak terkecuali selebritis, baik itu aktor, anggota boyband K-Pop, pencipta lagu sampai politikus. Mereka semua wajib untuk menjalani pelatihan militer untuk persiapan jaga-jaga kalau Korea Selatan tiba-tiba diserang oleh Korea Utara.

Bagi banyak orang, wajib militer itu adalah tahapan untuk menjadi seorang pria sejati. Selain itu adalah bukti patriotisme serta ada rasa bangga bagi mereka yang menjalani wajib militer, terutama active duty. Tyler Ryoo, seorang pria Korea yang kuliah di Emory University, AS, memberikan alasan kenapa dia ikut wajib militer. "Sebagai orang Korea, kau harus wamil. Kakekku berjuang saat perang dan dia mempertaruhkan hidupnya demi negara. Wamil adalah hal kecil yang bisa aku lakukan untuk berterima kasih padanya dan melakukan sesuatu untuk negaraku," kata Tyler, dilansir dari The Emory Wheel.

Beginilah suasana di wajib militer © emorywheel.com/Minho ChoBeginilah suasana di wajib militer © emorywheel.com/Minho Cho

Gene Kim, seorang pria yang pernah menjalani wajib militer, menceritakan apa yang dirasakannya setelah selesai bertugas. "Kalau ingat pengalaman dulu, aku mendapat banyak hal. Ada pepatah di militer 'Jika kau tidak bisa melakukannya, lakukan'. Aku belajar kalau kau benar-benar bertekad dan melakukan apapun, kau akan bisa dapat apapun," kata Gene seperti dilansir dari Business Insider.

Selain mendapat kebanggaan sebagai pria sejati dan kepercayaan diri, wajib militer juga membuat para pria Korea yang kebetulan menjalani wamil-nya bersama-sama menjadi lebih percaya diri. Tak ada yang bilang wajib militer itu mudah. Tapi sayangnya banyak yang tak mau menjalani beratnya pelatihan militer atau bahkan mencari cara agar tidak wamil. 

Wajib militer dibagi menjadi dua yaitu active duty yang berat dan public worker buat mereka yang dianggap tidak lolos tes fisik untuk jadi tentara. Buat pria yang terlihat sehat tapi jadi public worker atau , biasanya jadi bahan ejekan. Banyak selebritis yang kelihatannya di televisi atau di atas panggung sehat, tapi malah hanya jadi public worker. Tak pelak, selebritis yang wamil sebagai public worker selalu jadi bulan-bulanan netizens.

Selebritis Yang Menolak Wajib Militer

Yoo Seung Joon saat meminta permohonan maaf kepada pemerintah dan publik Korea. Namun tetap ditolak © allkpop.comYoo Seung Joon saat meminta permohonan maaf kepada pemerintah dan publik Korea. Namun tetap ditolak © allkpop.com

Yoo Seung Jun adalah salah satu penyanyi Korea yang sangat populer di Korsel pada era 90-an. Ia menjual albumnya hingga berjuta-juta keping dan diidolakan banyak orang, sehingga pemerintah memilihnya untuk jadi duta wajib militer. Yoo Seung Jun pun dijadwalkan masuk wajib militer pada tahun 2002. Sesaat sebelum wamil, Yoo Seung Jun malah pindah kewarganegaraan Amerika Serikat. Dia pun jadi dibenci publik serta dideportasi dan dilarang masuk ke Korea lagi. Sampai sekarang Yoo Seung Jun masih dapat reaksi negatif dari publik.

MC Mong saat menjelaskan tentang skandal wajib militernya © SPNMC Mong saat menjelaskan tentang skandal wajib militernya © SPN

Rapper top lainnya, MC Mong, menunda wajib militernya selama delapan tahun dengan berbagai alasan. Alasan terakhirnya yang membuatnya akhirnya dianggap layak untuk tidak ikut wamil, karena dia kehilangan 12 gigi. Namun hal itu dianggap mencurigakan dan akhirnya dilakukan investigasi. Dari investigasi itu, MC Mong dianggap sengaja mencabut empat giginya yang tidak bermasalah agar terhindar dari wajib militer. Meski akhirnya terbukti tidak melakukan pencabutan gigi secara sengaja, MC Mong tetap dapat hukuman 6 bulan penjara yang ditangguhkan karena dianggap selalu menunda pemanggilan untuk wajib militer.

Artis Yang Dipuja Karena Wajib Militer

Hyun Bin saat di Marine Corps © Kdrama ChoaHyun Bin saat di Marine Corps © Kdrama Choa

Hyun Bin adalah selebritis yang memilih masuk marine corps saat wajib militer. Selama 21 bulan, Hyun Bin diketahui mendapat pangkat tinggi. Dia juga melakukan promosi wajib militer ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Jo In Sung juga bikin kagum banyak orang saat ia masuk sebagai angkatan udara karena ingin seperti ayahnya. Saat masuk wajib militer, Jo In Sung juga jadi bagian band militer. Begitu selesai menjalani masa tugasnya selama 25 bulan, ia pun kembali dan langsung dapat pujian dari netizens.

Song Joong Ki memutuskan masuk ke militer di kala ia memperoleh kepopuleran luar biasa berkat drama Nice Guy dan film A WEREWOLF BOY. Saat wajib militer, dia masuk ke unit infanteri yang bertugas melakukan patroli dan misi pengintaian di zona yang berbatasan dengan asing. Begitu kembali dari wamil, karirnya makin menanjak.

Yoo Seung Ho menangis saat menyelesaikan wajib militer © OSENYoo Seung Ho menangis saat menyelesaikan wajib militer © OSEN

Yoo Seung Ho dapat pujian karena dia tak menunda menjalani wajib militer seperti kebanyakan selebritis. Dia juga dapat pujian karena berangkat wajib militer diam-diam dan memutuskan untuk menjadi active duty. Setelah kembali, dia juga makin sukses dalam berkarir.

Cho Kyuhyun memang menjalani wajib militernya sebagai seorang public worker. Tapi dia tetap dapat pujian karena sebenarnya dia bisa menolak wamil. Buat yang belum tahu Kyuhyun pernah mengalami kecelakaan tahun 2007 yang membuatnya koma.

Well, inilah beberapa cerita tentang para selebritis Korea dan wajib militer. Bagaimana pendapat KLovers soal ini?

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING