KOREA

Hukum Korea Selatan Belum Bisa Menghukum Mantan Pacar Goo Hara

Selasa, 09 Oktober 2018 09:45 Penulis: Rahmi Safitri

Goo Hara © Cosmopolitan

Kapanlagi.com - Kisah hukum antara Goo Hara dan mantan kekasihnya, Choi Jung Bum, belum berhenti. Setelah awalnya dilaporkan telah melakukan penganiayaan, Goo Hara lalu melaporkan balik sang mantan atas tuduhan ancaman menyebarkan rekaman adegan seksual mereka kepada publik. Menurut Goo Hara, Choi juga pernah mengancam akan mengakhiri karirnya di dunia entertainment.

Pihak Choi sebelumnya sudah membantah dan mengatakan tak ada niat untuk menyebarkan video panas mereka dan bahkan kemudian merilis foto-foto dirinya dengan luka cakar dari Goo Hara. Choi juga bilang kalau video itu direkam atas permintaan Goo Hara sendiri.

Kasus antara Goo Hara dan Choi Jung Bum ini tentunya jadi pembahasan banyak orang di Korea Selatan, bahkan sampai ke telinga seorang politikus bernama Kim Kyung Jin. Dalam wawancara dengan Section TV yang ditayangkan MBC, Kim Kyung Jin menjelaskan pandangan hukum untuk Choi yang dituduh ingin menyebarkan video panas mereka atau yang biasa disebut dengan revenge porn.

1. Kata Sang Politikus

Menurut Kim Kyung Jin, hukum di Korea Selatan saat ini akan sulit untuk melindungi Goo Hara sebagai pihak korban dari revenge porn (ancaman penyebaran video panas). Ini semua gara-gara pernyataan dari Choi yang bilang kalau sang aktris sendiri yang minta untuk merekam aktivitas seksual mereka.

"Saat ini, belum ada cara untuk menghukum orang yang merilis video pribadi (kalau keduanya sama-sama setuju untuk merekamnya). Jadi kami mencoba untuk merombak hukum sehingga tersangka paling tidak bisa dihukum tiga tahun penjara cuma karena merilis video panas," kata Kim Kyung Jin seperti dilansir dari Allkpop.

2. Pengakuan Choi Jong Bum

Pengacara Choi menyebut kalau kliennya akan membuktikan dia tidak bersalah dalam investigasi mendatang. Ada beberapa poin yang akan mereka bahas pada pihak kepolisian, yakni:

1. Yang dilakukan Choi hanya mengirim tombol kirim di depan Hara di hari kejadian.
2. Video privat direkam atas permintaan Goo Hara
3. Choi tak pernah mempostingnya di media sosial.
4. Choi tidak bermaksud mengungkapkannya ke Dispatch, dia hanya ingin mengirim bukti luka di wajahnya.
5. Choi tidak pernah meminta Goo Hara untuk bersimpuh dan meminta maaf.
6. Setelah kejadian, 13 September, Choi tak pernah kontak langsung dengan Goo Hara sehingga tidak ada ancaman dan paksaan pada Goo Hara dalam keadaan apapun.

Pihak pengacara mengungkap kalau Choi sama sekali tidak ada niatan untuk mengancam memakai video privat mereka. Mengirim potongan videonya hanya bentuk kekesalan saat Choi dan Hara bertengkar.

3. Luka di Wajah Choi

Choi Jong Bum juga mengungkap wajahnya ke publik untuk pertama kali lewat sebuah foto usia pertengkarannya dengan Goo Hara. Luka-luka ini diungkapkan merupakan cakaran dari aktris 28 tahun itu.

Di sisi lain, Goo Hara sebelumnya juga telah mengakui kalau ia memang menyebabkan luka di wajah sang mantan. Meski begitu, ia juga mendapatkan luka di bagian tubuhnya, sampai pendarahan di bagian intim.


REKOMENDASI
TRENDING