K-Popers Indonesia Bikin Omnibus Law Jadi Trending Topic Dunia, Bukti Anak Muda Nggak Apatis Politik

Rabu, 07 Oktober 2020 11:45
K-Popers Indonesia Bikin Omnibus Law Jadi Trending Topic Dunia, Bukti Anak Muda Nggak Apatis Politik © twitter.com/ismailfahm / EXO © SM Entertainment - BTS © BigHit Entertainment

Kapanlagi.com - Fans K-Pop memang identik dengan anak muda yang melek sosial media. Bukan hal yang aneh melihat trending dunia di sosial media, termasuk Twitter seringkali diwarnai hal-hal tentang idol Korea.

Ismail Fahmi yang merupakan pakar media sosial dari Drone Emprit membedah mengenai trending topic seputar Omnibus Law yang naik di rangking atas dunia karena cuitan massal dari para penggemar K-Pop. Akun fangirls dan fanboys yang biasanya membahas soal idol Korea tercinta, ikut menyuarakan pendapat mereka soal Omnibus Law yang disahkan DPR pada 5 Oktober 2020 lalu.

Menolak Omnibus Law

© twitter.com/ismailfahm© twitter.com/ismailfahm

Para fans K-Pop membuktikan kalau mereka tidak apatis perilah politik. Mereka menuliskan tagar-tagar penolakan Omnibus Law dan bahkan membagikan ke versi Bahasa Inggris agar mendapatkan perhatian publik internasional. Fans di Indonesia bahkan sepakat kalau tidak akan menuliskan trending apapun mengenai idolanya dan fokus mentrendingkan perihal Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker).

Ismail menuliskan sempat menuliskan, "Secara demografi, K-popers merupakan generasi pengguna media sosial terbanyak. Jika sebelumnya mereka kurang paham soal Omnibus Law, dengan ikut angkat tagar ini mereka jadi tahu. Sehingga jika suatu saat dampak negatif terjadi karena UU ini, mereka tahu siapa yang membuatnya."

Kesimpulan dari Ismail ini kemudian diluruskan oleh para penggemar K-Pop kalau mereka sejak awal sudah tahu tentang Omnubus Law dan bukan hanya ikut-ikut saja. "Ternyata kesimpulan yang saya ambil dari contoh beberapa top influencers dari K-popers ini banyak diprotes oleh sebagian K-popers lain. Sebagian dari mereka banyak yg sudah tahu. Terimakasih koreksinya. Terus berjuang!"

Bukti Fans K-Pop Tidak Apatis Politik

© twitter.com/ismailfahm© twitter.com/ismailfahm

Generasi yang lebih muda dan K-Popers membuktikan kalau mereka juga turut andil bersuara mengenai persoalan yang ada di Indonesia, termasuk hal yang berbau politik. Salah satu influencer K-Pop yang memberikan efek besar adalah @ustadchen atau yang biasa disapa Babah oleh para fans K-Pop.

Bahkan untuk trending #MosiTidakPercaya juga diwarnai oleh Twitter dengan Ava idol Korea nih. Melihat hal tersebut, banyak yang memberikan dukungan fans Korea untuk tetap mentrendingkan hastag mengenai penolakan Omnibus Law di Indonesia. Banyak akun berpengaruh yang juga mengucapkan terima kasih pada fans K-Pop karena ikut menyuarakan soal Omnibus Law hingga berhasil menjadi trending dunia.

Melihat kekuatan fans K-Pop di sosial media, agaknya cukup banyak akun buzzer yang mendadak berganti dengan foto idol Korea tapi cuitan mereka sama sekali tidak membahas K-Pop. Fans pun mulai waspada dan saling mengingatkan penggemar akan keberadaan akun-akun seperti itu.

(kpl/jje)


REKOMENDASI
TRENDING