KOREA

Lagu B-Side K-Pop yang Nggak Boleh Kelewatan Untuk Kamu Dengerin

Sabtu, 15 Oktober 2022 11:08 Penulis: Editor KapanLagi.com

credit foto: istimewa

Kapanlagi.com - Ditulis oleh: Fauzah Yanusavitri

Di paruh kedua tahun 2022, banyak K-Pop grup yang merilis album terbaru mereka. Mungkin grup favorit kalian menjadi salah satu dari banyaknya grup yang merilis album baru di paruh kedua ini. Setiap K-Pop grup favorit kamu merilis album baru, lagu mana yang paling kamu tunggu?

Sebagian besar, title track mendapat perhatian paling besar. Title track juga mendapatkan promosi agar lebih dikenal oleh para pendengar dan menduduki tangga lagu dengan peringkat tinggi. Nggak jarang penggemar dan pendengar kasual hanya berfokus pada lagu utama di satu album.

Namun, mini album dan full-length album biasanya tidak hanya berisi satu lagu saja. Lagu-lagu inilah yang disebut b-side track. Tidak kalah enak dari lagu utama, banyak lagu b-side yang ear catching hingga bisa menduduki tangga lagu, lho. Nah, lagu b-side dari beberapa K-Pop grup di bawah ini jangan sampai kelewatan untuk kalian dengerin, ya!

1. How We Do - Xiumin ft. Mark NCT

Pada September, SM Entertainment mengumumkan bahwa album solo Xiumin mendatang BRAND NEW akan menyertakan lagu b-side How We Do. Liriknya mengandung pesan untuk berusaha menjadi 'kamu' yang sebenarnya, menjadi bebas dari pengekangan dunia. 

Secara khusus, Mark NCT akan berpartisipasi dalam pembuatan rap dan berkolaborasi dalam lagu ini. Kabar Xiumin yang menggaet Mark NCT sebagai partner duet menuai respon positif dari penggemar, mengingat ini merupakan duet kedua kalinya antara Xiumin EXO dan Mark NCT setelah sekitar 5 tahun lamanya. Banyak yang menantikan kolaborasi dari dua rekan satu label SM Entertainment tesebut.

2. Cool (Your Rainbow) - NMIXX

Comeback dengan album ENTWURFtitle track mereka Dice mendapatkan antusias penggemar. Di album kali ini, NMIXX merilis dua lagu. Selain Dice yang bergenre mixx-popb-side mereka Cool (Your Rainbow), mengusung genre yang berbeda.

Cool memadukan perkusi dan simfoni yang fantastik. Lagu ini adalah perpaduan yang menyenangkan, ditambah dengan vokal para member yang hangat terasa cocok di telinga. Tempo dari lagu Cool menyisakan banyak ruang bagi vokal para member yang membuat mereka lebih bersinar. 

3. Designer - NCT 127

Kembali dengan full album keempatnya 2 BADDIES pada 16 September, NCT 127 menyuguhkan 12 lagu baru termasuk title track mereka dengan judul yang sama dengan album mereka, 2 Baddies. Selain b-side mereka Faster yang sudah di spoiler penggalan lagunya dengan dijadikan tiktok challenge serta mereka bawakan pada acara musik beriringan dengan title track mereka, b-side mereka yang lain juga patut untuk kamu dengerin.

Salah satunya adalah Designer, merupakan lagu R&B hip-hop yang menyelaraskan rap upbeat dan nyanyian dalam trek yang trending. Mark dan Taeyong juga berpartisipasi dalam penulisan lagu ini. Salah satu part dari lagu ini yang membuat candu para penggemar adalah bagian yang dinyanyikan oleh Mark di awal lagu.

4. Typa Girl - BLACKPINK

BLACKPINK akhirnya kembali dengan musik baru dalam album BORN PINK, yang dirilis pada 16 September. Fans telah menunggu untuk melihat girl group K-pop terbesar kembali di dunia musik selama hampir dua tahun. Oleh karena itu, BLINK bergegas untuk mendengarkan album baru terbaru BLACKPINK segera setelah dirilis.

Para penggemar telah menaruh ekspektasi tinggi untuk BORN PINK dengan lagu pra-rilis Pink Venom dan Shut Down. Para penggemar memperdebatkan b-side favorit mereka setelah kedelapan lagu telah dirilis. Salah satunya adalah Typa Girl yang menceritakan tentang kekuatan perempuan yang saat ini bisa melakukan lebih dari sekadar pekerjaan rumah tangga. “Ini lagu untuk menyemangati perempuan,” ujar Boom sebagai penulis lagu, dilansir dari Koreaboo. Karena pesan lagunya yang penting banget, ia sangat ingin lagu ini dirilis dan didengar banyak orang.

5. Villain - KEY SHINee ft. Jeno NCT

Key SHINee akhirnya resmi comeback solo dan meluncurkan album terbarunya yang bertajuk GASOLINE per tanggal 30 Agustus kemarin. Dengan full album ini, Key mengungkapkan bahwa ia menggandeng Jeno NCT untuk ikut terlibat dalam comeback terbarunya kali ini.

Dilansir Naver, Villain merupakan b-side track di full album kedua Key yang impresif dengan menampilkan suara ritmis synth dan berbagai warna suara FX. Kolaborasi dengan Jeno NCT memberikan harmonisasi yang unik dalam lagu ini, dan diharapkan dapat menarik banyak perhatian para penggemar. Selain itu, lirik dari Villain menceritakan hal yang anti-mainstream, yaitu bagaimana seorang penjahat bermimpi untuk menjadi karakter utama.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING