KOREA

Meski Bernada Menyenangkan, 5 lagu Tomorrow By Together ini Memiliki Arti yang Sedih

Selasa, 24 Agustus 2021 15:21 Penulis: Editor KapanLagi.com

Tomorrow By Together (Credit: Twitter.com/txt_bighit)

Kapanlagi.com - Tomorrow By Together atau TXT merupakan boygroup kedua besutan agensi Bighit Entertainment yang sekarang berganti nama menjadi Bighit Music. Boy Group yang beranggotakan Soobin, Yeonjun, Beomgyu, Taehyun, dan Hueningkai ini memulai debutnya pada bulan Maret 2019 dan sekarang telah memiliki 6 album sejak mereka debut.

Debut dengan vibes yang ceria lewat lagu CROWN meninggalkan kesan tersendiri di hati MOA, nama fandom TXT. Namun siapa yang akan menyangka debut dengan memberikan kesan ceria ternyata mereka mampu membawakan banyak konsep musik seperti baru-baru ini TXT comeback dengan album baru mereka dan lagu yang menjadi title track mereka bergenre pop rock.

Walaupun baru menginjak tahun ke-2 mereka debut sebagai idol, lagu-lagu Tomorrow By Together ternyata memiliki ciri khas tertentu yang berbeda dengan yang lainnya. Boy Group yang dijuluki sebagai Leaders of K-pop’s 4th Generation ini ternyata membawakan tema-tema lagu yang merepresentasikan anak-anak muda dari Gen Z, sehingga lagu-lagu mereka sangatlah berhubungan dengan kondisi anak muda saat ini. Meskipun debut dan memiliki banyak lagu bernada ceria ternyata 5 lagu TXT ini memiliki arti yang sedih.

1. Crown

Lagu Crown yang merupakan lagu debut mereka adalah lagu yang memiliki nada ceria dan menyenangkan. Tidak hanya lagunya tetapi dari gerak tarinya pun meninggalkan kesan keceriaan anak-anak. Namun siapa yang mengira lagu yang memiliki nuansa kuning dan terang benderang pada mv-nya ternyata memiliki arti yang sedih.

Salah satu arti lirik dari lagu Crown ini, "Aku ingin berlari seperti ini, aku ingin menghilang jauh, selamatkan aku, aku tidak tahu siapa diriku.” Dari liriknya saja lagu ini sudah memberitahu para penggemar mengenai kebingungan mereka hingga ingin melarikan diri. Dalam wawancara TXT saat debut pun membenarkan bahwa lagu Crown ini merupakan lagu yang menceritakan kebingungan mengenai jati diri anak-anak muda ketika beranjak dewasa.

2. Run Away

Lagu Run Away atau 9 and Three Quarters ini juga tidak kalah sedihnya dengan lagu debut mereka Crown. Memiliki nada dan beat lagu yang menyenangkan dengan ketukan drum yang kuat sebagai musik pembuka lagunya, tidak akan banyak yang mengira bahwa lagu ini memiliki arti yang sedih.

Lirik pembuka lagu ini bahkan memiliki arti, "rasanya semua orang bahagia kecuali aku, lebih menyakitkan saat aku tersenyum daripada aku menangis.” Bahkan lirik selanjutnya seperti mempertanyakan bagaimana mereka bertahan dalam situasi tersebut. Dalam penjelasan discography album pada website ibighit.com menjelaskan bahwa memang lagu yang berada dalam album The Dream Chapter: Magic ini membawa cerita mengenai petualangan ajaib para anak laki-laki yang memiliki sifat yang berbeda tetapi juga sama. Dalam penjelasan tersebut juga menjelaskan bahwa lagu-lagu yang ada dalam album tersebut menceritakan mengenai transformasi, kebingungan, dan emosi anak-anak yang sedang berada dalam masa transisi ke masa remaja mereka.

3. Lost The Summer

Lagu Lost the Summer merupakan salah satu lagu yang berada dalam album TXT Minisode1: Blue Hour. Lagu yang music video-nya dirilis pada tanggal 12 November 2020 ini juga memiliki makna lagu sedih. Sebagai group yang merepresentasikan keadaan anak muda Gen Z, lagu ini menceritakan bagaimana anak-anak kehilangan liburan musim panasnya karena Covid-19.

Memiliki lagu dan dance yang energic sangat berbanding terbalik dengan makna dan konsep yang mereka angkat. Salah satu lirik lagu mereka berarti, "kita kehilangan musim panas kita, kita kehilangan kita satu sama lain." TXT mengungkapkan dalam lagu mereka ini bahwa covid-19 tidak hanya membuat mereka kehilangan musim panas mereka tetapi juga kehilangan momen bersama teman-teman mereka.

4. 0X1=LOVESONG (I Know I Love You)

Lagu 0X1=LOVESONG (I Know I Love You) baru saja dirilis tahun awal tahun 2021 ini juga memiliki musik dan beat yang menyenangkan. Membawakan genre pop rock untuk pertama kali ternyata memiliki arti lagu yang sangat menyakitkan. Lagu yang juga di produseri oleh RM BTS ini dalam penjelasan discography pada laman official ibighit.com ternyata membawa tema bagaimana kekacauan terjadi pada beberapa anak-anak muda yang dimulai karena adanya covid-19 di mana hidup mereka menjadi hancur dan kosong. Namun mereka berhasil mendapatkan dan menguatkan satu sama lain sebagai seorang teman.

Salah satu lirik mereka berarti, "hidupku berantakan sebelum bertemu denganmu, seperti permainan catur yang tidak akan pernah bisa dimenangkan sekalipun, kita di dasar jurang yang dalam." Dari sepenggal lirik itu saja dapat dilihat bagaimana frustasinya mereka karena banyaknya masalah yang datang satu persatu dalam hidup mereka.

5. LO$ER=LO?ER

Lagu yang baru saja dirilis pada tanggal 17 Agustus 2021 ini juga memiliki musik yang energik dan menyenangkan. Comeback dengan lagu pop rock untuk kedua kalinya ternyata membawa lagu dengan makna yang begitu sedih juga. Dalam MV lagunya saja menceritakan kisah kelima anak laki-laki dengan masalahnya masing-masing. Masalah mereka tampilkan mulai dari anak-anak broken home hingga merepresentasikan anak-anak muda yang gagal mencapai mimpi mereka. Sehingga dalam lagu ini mereka memutuskan untuk berlari dan kabur dari pahitnya dunia.

Di kalangan penggemar lagu ini disebut-sebut sebagai kisah mereka sebelum lagu 0X1=LOVESONG (I Know I Love You). Kisah di mana mereka belum bersatu dan saling menguatkan seperti di lagu I Know I Love You. Lagu LO$ER=LO?ER lebih menceritakan kisah mereka masing-masing dan alasan mereka kabur bersama. Lagu ini dapat dikatakan adalah lagu tersedih dari semua lagu TXT karena di akhir kisah lagu ini mereka memutuskan untuk menuju dunia lain dan meninggalkan dunia mereka yang sekarang.

Ditulis oleh: Siti Radibah Imatufariq

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING