KOREA

Perjalanan Karier TWICE dan Sederet Prestasi yang Harus Diketahui Para Once

Selasa, 14 September 2021 11:33 Penulis: Anik Setiyaningrum

TWICE (Credit: Instagram/twicetagram)

Kapanlagi.com - Sebagai seorang Once (penggemar TWICE), tentu kalian selalu berusaha tahu lebih dalam tentang kabar grup yang kalian idolakan, termasuk perjalanan karier TWICE, kan?. Cerita mengenai masa trainee, awal debut, hingga penghargaan pertama TWICE memang selalu menjadi hal menarik untuk dibicarakan.

Grup bentukan JYP Entertaintment ini memang berhasil mencuri perhatian lewat penampilan imut dan energik sejak awal debut. Kesuksesan mereka pun berlanjut dan bertahan hingga kini di usia yang menginjak enam tahun. Once Indonesia juga boleh bangga, karena Indonesia punya cerita tersendiri soal perjalanan karier TWICE.

Ingatkah kalian dengan konser TWICELAND ZONE2: Fantasy Park yang digelar di Jakarta beberapa tahun silam? TWICE mengaku sangat tersentuh dengan sambutan hangat para Once. Hal itu membuat mereka tak sabar bertemu para penggemar untuk konser. Seperti makna namanya, 'Once' berarti satu kali penggemar memberi cinta dan 'TWICE' akan membalasnya sebanyak dua kali lipat.

Indah sekali ya? Nah, daripada makin kangen mengingatnya, lebih baik kalian simak informasi seputar perjalanan karier TWICE yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.

1. TWICE Punya Member yang Menjalani Trainee Selama 10 Tahun

Membicarakan awal karier sebuah grup, rasanya seperti kurang jika tak menyinggung masa trainee para membernya. Di balik perjalanan karier TWICE yang hampir memasuki tahun ke enam ini, tentu ada perjuangan para member yang sudah dimulai jauh sebelum debut.

Bahkan Jihyo TWICE menjalani trainee salam 10 tahun. Dia merupakan member yang menjalani masa trainee sejak 2005, waktu paling lama di antara member lainnya. Selanjutnya, ada Nayeon dan Jeongyeon yang sama-sama memulai trainee pada tahun 2010.

Sana, Chaeyoung, Dahyun, Momo, dan Tzuyu merupakan para member yang melakukan trainee di JYP sejak tahun 2012. Itu berarti, mereka menjalani trainee selama tiga tahun sebelum debut. Dan terakhir, ada Mina yang memulai trainee pada tahun 2014. Satu tahun kemudian dia berhasil debut bersama TWICE.

Sembilan perempuan berbakat dan pekerja keras ini memiliki latar belakang yang berbeda. Bahkan, mereka pun berasal dari tiga negara berbeda, yakni Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan. Pada akhirnya, TWICE bisa disebut sebagai takdir yang menyatukan mereka lewat sebuah acara reality survival 'SIXTEEN' yang akan dibahas lebih lanjut berikut ini.

 

2. TWICE Berawal dari Acara Reality Survival 'SIXTEEN'

Seperti yang sudah dikatakan bahwa pertemuan member dan perjalanan karier TWICE seperti takdir yang membawa mereka menuju kesuksesan. Awalnya, JYP Entertaintment, sebagai salah satu agensi artis terbesar di Korea Selatan berencana memperkenalkan girlband baru di tahun 2014.

Sayangnya, grup ini tak pernah debut hingga kini meski dahulu sudah sempat mengabarkan nama-nama trainee yang akan jadi membernya. Selanjutnya, pada Februari 2015, Park Jin Young, pimpinan JYP mengumumkan jika formasi girlband baru akan ditentukan lewat acara reality survival 'SIXTEEN'.

Acara yang disiarkan oleh Mnet tersebut punya 16 peserta yang berjuang untuk mendapat kesempatan untuk debut. Akhirnya, terpilihlah tujuh member, yakni Nayeon, Jeongyeon, Jihyo, Sena, Mina, Dahyun, dan Chaeyong. Namun, hal mengejutkan kembali terjadi. JYP memutuskan untuk menambah dua member lagi, yakni Tzuyu dan Momo yang sebelumnya sudah tereliminasi.

Tzuyu terpilih lewat vote penonton, poin tinggi yang dia dapat menunjukkan popularitasnya. Dan Momo dipilih karena kemampuan dance dan vokalnya. Itulah formasi utuh TWICE yang begitu dicintai oleh Once hingga kini.

 

3. Debut TWICE, Penghargaan Pertama, dan Popularitas yang Makin Gemilang

Sebagai lulusan dari 'SIXTEEN', sembilan perempuan berbakat ini debut pada tahun 2015. Album The Story Begins yang punya lagu andalan Like Ohh-Ahh menjadi tanda kemunculan pertama mereka. Tentu, mereka dapat sambutan yang gegap gempita dari para penggemar.

Saat itu, Music Video mereka bahkan ditonton lebih dari 50 juta kali dalam kurun waktu lima bulan setelah debut. Hal tersebut sekaligus menggeser popularitas MV Fire milik 2NE1. Tak hanya itu, masih di tahun itu mereka menerima penghargaan pertama dari Mnet Asian Music Awards 2015 sebagai Best New Female Artist.

Perjalanan karier TWICE terus berlanjut dan berbagai penghargaan pun terus datang. Pada tahun 2016, TWICE merilis mini album bertajuk Page Two yang berisi beberapa lagu, salah satu yang paling populer, yakni 'Cheer Up'. Belum genap satu bulan dirilis, lagu 'Cheer Up' memenangkan penghargaan di M Countdown. Setelah itu, mereka memenangkan penghargaan musik lain, seperti Music Bank dan Inkigayo.

Per bulan Agustus, itu berarti bula ke empat setelah rilis, Page Two telah terjual lebih dari 150.000 copy. Hal itu membuat TWICE jadi idol grup perempuan pertama dengan penjualan lebih dari 100.000 copy di tahun 2016.

Prestasi dan kesuksesan TWICE terus bertambah. Hingga kini, TWICE telah memenangkan total 107 penghargaan baik di Korea maupun Internasional, seperti Japan Gold Disc Award dan MTV Europe Music Awards. Selain itu, mereka juga mendapat total 61 penghargaan dari program musik, seperti Music Bank, Inkigayo, dan lain sebagainya.

 

4. TWICE Melakukan Promosi ke Amerika Serikat

Perjalanan karier TWICE pada 2020 diwarnai oleh Promosi Amerika Serikat, Twice: Seize the Light, dan More & More. Agensi mengumumkan bahwa TWICE telah menandatangani kontrak dengan Republic Records sebagai bagian kerja sama JYP dengan label tersebut.

Album mini ke sembilan dengan judul 'More and More' dirilis pada Juni 2020 dengan judul lagu utama berjudul sama. Album tersebut berhasil menjadi album terlaris Twice karena terjual lebih dari 550.000 copy di Gaon. Selain itu, 'More and More' juga berhasil menempati posisi ke-200 pada tangga musik Billboard 200.

Hal tersebut sekaligus menjadi tanda bahwa TWICE menjadi grup idola perempuan ke empat dari korea yang berhasil masuk dalam tangga musik tersebut setelah Girls' Generation, 2NE1, dan Blackpink.

Nah, Once, itulah kisah tentang perjalanan karier TWICE sebagai wujud kerja keras mereka yang sangat pantas diapresiasi.

 


REKOMENDASI
TRENDING