KOREA

Ramai Dibahas di Indonesia, Ini Daftar Panjang Perjuangan Secret Number di Korea

Rabu, 10 Juni 2020 14:14 Penulis: Renisya Satya Putri

Secret Number © Instagram.com/secretnumber.official

Kapanlagi.com - Debut girlgroup rookie multinasional Secret Number membuat heboh pecinta K-Pop Tanah Air. Pasalnya, salah satu personel Secret Number, Dita Karang, merupakan gadis berkebangsaan Indonesia pertama yang tergabung dalam grup Idol K-Pop di negeri ginseng ini.

Kata kunci Secret Number dan Dita Karang bahkan sempat masuk ke dalam jajaran topik yang trending di YouTube dan Twitter untuk kawasan Indonesia di hari debut mereka, 19 Mei 2020 lalu. Meski demikian, ternyata grup yang beranggotakan Dita, Lea, Denise, Jinny, dan Soodam ini tetap menghadapi kerasnya dunia industri hiburan Korea Selatan.

1. Populer Karena Personelnya Orang Indonesia

Sebuah komunitas online Korea Selatan membahas tentang popularitas Secret Number sebagai grup rookie terkait pencapaian view MV dan debut stage mereka di YouTube. Per tanggal 10 Juni 2020, MV perdana Secret Number Who Dis? sudah ditonton lebih dari 13 juta kali. Sementara itu, debut stage mereka di program musik M COUNTDOWN sudah memiliki 4,5 view dan terus bertambah. Akan tetapi, reaksi yang didapatkan dari netizen Korea sangat tidak terduga.

Di kolom komentar, banyak yang beranggapan bahwa popularitas yang dicapai oleh Secret Number selama ini adalah berkat Dita, personel berkebangsaan Indonesia yang pasti dibangga-banggakan oleh penikmat K-Pop Tanah Air. Postingan yang membahas meledaknya jumlah view video Secret Number itu juga lebih banyak mendapatkan dislike (136) daripada jumlah like (7) karena dianggap sebagai bagian dari promosi.

2. Tidak Terlalu Populer di Korea Selatan

Nama Secret Number dan Dita Karang hampir tak pernah absen dari pemberitaan global dan lokal Tanah Air, seperti saat Secret Number melakukan siaran live di akun resmi mereka atau saat ngobrol bareng Dian Sastro. Secret Number juga pernah diwawancarai oleh beberapa media, salah satunya KBS WORLD Indonesia. Setiap artikel yang membahas tentang Secret Number pasti dibanjiri oleh ribuan komentar netizen, tentu saja komentar yang mendominasi berasal dari pecinta K-Pop Indonesia.

Hal ini berbeda 180 derajat jika dibandingkan dengan pemberitaan Korea Selatan. Artikel-artikel yang membahas tentang Secret Number cenderung sepi komentar netizen bahkan tidak ada sama sekali.

3. Nggak Semua Orang Korea Suka Idol K-Pop

Lebih lanjut, perjuangan Secret Number di Korea Selatan juga terhalang oleh stigma yang menempel pada idol K-Pop. Di Korea Selatan sendiri, nggak semua orang suka dengan genre musik satu ini.

Salah satu netizen di situs tanya jawab online mengungkapkan bahwa orang Korea terbagi menjadi tiga golongan dalam menanggapi genre K-Pop, ada yang tergila-gila dengan K-Pop, ada yang biasa aja, dan ada juga yang terganggu bahkan membencinya. Ada yang mengatakan bahwa berkembangnya budaya K-Pop dianggap merusak industri musik di Korea.

4. Tuntutan Grup Idol K-Pop yang Baru Debut

Sebagai pendatang baru di industri hiburan Korea, grup idol K-Pop yang masih berstatus rookie harus menyuguhkan sesuatu yang baru dalam berbagai aspek, seperti konsep, visual, hingga musikalitas. Dengan demikian, eksistensi mereka akan dilirik oleh penikmat K-Pop.

Grup rookie juga diharapkan memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan mereka dari idol-idol lainnya, mengingat banyaknya debutan baru dalam waktu yang berdekatan. Kompetisi ini nggak hanya berlaku antar grup, tapi juga antar personel dalam grup yang sama.

Selain itu, grup rookie harus rajin-rajin melakukan promosi agar nama mereka semakin dikenal oleh publik, baik di Korea Selatan maupun secara global. Grup yang paling menyita perhatian dan banyak dibicarakan secara positif nantinya akan terpilih menjadi Rookie of the Year, kesuksesan awal dalam meniti karir di dunia K-Pop.

5. Menjadi Grup Idol K-Pop Populer

Perjuangan idol K-Pop nggak berhenti sampai di sana. Sebuah grup harus mempertahankan eksistensi mereka dan meraih popularitas yang lebih tinggi dari waktu ke waktu.

Popularitas grup idol K-Pop dapat dilihat dari beberapa aspek, yang pertama adalah penjualan album fisik dan digital. Semakin banyak lagu dan karya mereka diakses oleh publik, semakin besar pula nama mereka. Jika penjualan penjualan album fisik dan digital tinggi, secara otomatis mereka akan merajai tangga lagu baik lokal maupun internasional. Mereka juga berkesempatan untuk memenangkan berbagai program musik dan memperpanjang daftar pencapaian.

Di luar program musik, popularitas sebuah grup idol K-Pop juga terbukti dengan frekuensi kemunculan mereka di berbagai event, seperti reality show, interview, hingga pemotretan majalah. Tak jarang, beberapa idol K-Pop merambah bidang lain seperti akting.

Popularitas idol K-Pop tentu tak lepas dari banyaknya penggemar yang mendukung sepak terjang mereka di dunia hiburan. Oleh karena itu, menjalin hubungan baik dengan penggemar melalui media sosial dan event seperti fan meeting dan konser memiliki dampak yang cukup signifikan untuk bertahan di dunia hiburan Korea.

Perjalanan karir Secret Number masih panjang membentang. Jangan lupa untuk selalu mendukung Dita Karang dan Secret Number ya KLovers! Sukses selalu!


REKOMENDASI
TRENDING