KOREA

Sebelum SuperM, Ini 5 Grup Avengers K-Pop yang Pernah Dibentuk SM Entertainment

Rabu, 09 Oktober 2019 07:01 Penulis: Rahmi Safitri

Tim SM © Istimewa

Kapanlagi.com - Yang ngaku KPoppers pasti udah dengar tentang SuperM kan? Sebelum debut, SM Entertainment sudah menyebut mereka sebagai Avengers-nya K-Pop. Soalnya membernya saja dari boyband yang udah punya nama seperti Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Taeyong dan Mark NCT, serta Ten dan Lucas WayV.

Tapi tahukah kalian, kalau sebelum ada SuperM, SM Entertainment sebenarnya sudah pernah punya grup Avengers yang nggak kalah bikinn heboh pada masanya. Cuma memang tidak dibuat 'serius' seperti SuperM. Buat yang belum tahu, terutama fans K-Pop baru, harus tahu siapa saja mereka!

 

1. SM the Ballad

Di tahun 2010, SM menggabungkan empat penyanyi bersuara merdu ke dalam grup vokal yang diberi nama SM The Ballad. Formasi awal ini terdiri dari Cho Kyuhyun dari Super Junior, Jay yang dulu member TRAX (sudah keluar dari SM), mendiang Jonghyun SHINee, dan Jino (yang keluar dari SM sebelum resmi debut dan kini jadi member Pentagon).

SM The Ballad punya mini album MISS YOU yang juga jadi judul lagu andalan mereka. Selain itu ada juga lagu Hot Times yang memamerkan kemurdian suara keempat vokalis ini.

2. SM Orchestra (The Sounds of Hallyu)

Tiap akhir tahun, tiga TV nasional Korea menggelar acara musik dengan menghadirkan bintang-bintang K-Pop ternama, salah satunya adalah SBS Gayo Daejun. Di tahun 2011, para artis SM tampil bersama dalam format orkestra yang diberi nama The Sounds of Hallyu.

Penampilan pertama diawali oleh Henry Lau (sudah keluar dari SM) dengan permainan biola. Setelah itu para artis SM menunjukkan kemampuannya bermain alat musik. Ada Lee Sungmin Suju dengan bass, Ryeowook bermain keyboard, Choi Siwon menggebuk drum, Seohyun SNSD memainkan piano, Jungmo TRAX dengan gitar, Sunday CSJH juga lihai memetik gitar, dan Cho Kyuhyun berharmonika.

Selanjutnya Victoria fx yang meliuk-liukkan dan menunjukkan tubuhnya yang lentur banget. Setelah itu giliran Tao eks EXO yang ngedance dengan membawa tongkat. Selanjutnya, ada Eunhyuk Suju, Taemin SHINee dan Kai EXO yang ngedance bareng dan bikin histeris.

Berikutnya, Tiffany SNSD memainkan flute dengan manis serta Jessia, Sunny, Yuri, dan Hyoyeon kemudian bernyanyi bersama. Setelahnya ada Taeyeon dan Changmin TVXQ yang duet serta memukau dengan suara mereka.

Eunhyuk balik lagi ke atas panggung, bernyanyi dan ngedancer bersama dengan Donghae, Taemin, Luhan dan Jonghyun. Berikutnya Kai EXO diberi kesempatan ngedance solo, diikuti dengan Chen yang memamerkan suara indahnya.

Yunho dan Changmin lalu muncul bersama untuk menyanyikan lagu. Diikuti semua artis yang tadi tampil.

3. Younique Unit

Di bulan Oktober 2012, SM dan Hyundai Motor bekerja sama. Salah satunya dalam bentuk music video dengan menampilkan Younique Unit yang terdiri dari Eunhyuk, Henry Lau, Hyoyeon, Taemin, Kai dan Luhan.

Mereka bernyanyi bersama lagu yang berjudul MAXSTEP dan membuat banyak orang terpana dengan skill ngedance-nya.

4. SM The Performance

Desember 2012, para main dancer boyband SM tampil bersama di SBS Gayo Daejejeon. Mereka adalah Yunho, Eunhyuk, Donghae, Taemin, Minho, Kai dan Lay serta disebut dengan SM The Performance.

Di atas panggung, mereka menampilkan beberapa nomor tarian yang unik untuk lagu berjudul Spectrum dan pastinya bikin penggemar heboh.

5. SM The Ballad (formasi baru)

Di Februari 2014, SM The Ballad kembali lagi dengan formasi baru dan hanya Jonghyun SHINee yang bertahan. Kali ini yang menjadi bagian adalah Changmin TVXQ, Yesung Suju, Taeyeon SNSD, Zhoumi, Zhang Liyin (sudah keluar SM), Krystal f(x) dan Chen EXO. Lagu andalan mereka Breath, dirilis dalam tiga bahasa yaitu Korea, China, dan Jepang.

Beberapa lagu dinyanyikan duet termasuk lagu utama Breath. Sedangkan sisanya dinyanyikan solo.


REKOMENDASI
TRENDING