HOME » KOREA
KOREA

Sederet Fakta dan Karir Perjalanan Ado, Penyanyi J-Pop Anonim Terkenal Berusia 18 Tahun

Jum'at, 15 Oktober 2021 08:40 Penulis: Editor KapanLagi.com

Ado - Usseewa

Kapanlagi.com - J-pop merupakan genre music Pop yang berasal dari Jepang yang identik dengan irama ceria dan nge-beat. Namun, yang biasanya menjadi plot twist dari J-pop ialah lirik dari lagu yang iramanya membuat kita bersemangat ternyata memiliki makna yang dalam dan kadang sedih.

Dengan semakin majunya teknologi, penyanyi-penyanyi J-pop pun kini mulai beralih dari yang awalnya CD menjadi menggunakan platform YouTube sebagai media untuk menyampaikan karya-karya mereka. Salah satu artis tersebut ialah Ado.

Ado yang baru berusia 17 tahun pada saat dia meluncurkan single debutnya yang berjudul Usseewa, ia pun menjadi seorang penyanyi naik daun semenjak kemunculannya di YouTube. Berikut, fakta-fakta perjalanan karir Ado.

1. Seorang Peng-cover Lagu Sebelum Debut

Minat musik Ado sudah ada jauh sebelum dia memulai karirnya sebagai penyanyi. Berawal dari saat dia melihat penyanyi di website Niconico yang menyanyikan lagu-lagu cover tanpa menunjukkan wajah mereka. Hal ini memotivasi Ado untuk mengikuti jejak mereka.

Dia pun mulai karirnya sebagai seorang utaite, orang yang menyanyikan lagu cover di internet melalui website yang sama. Uniknya, dimelakukan aktivitas bernyanyinya melalui lemarinya yang dia lapisi menggunakan bahan kedap suara.

 

 

 

2. Debut Sehari Sebelum Ulang Tahun

Debutnya di YouTube pada tanggal 23 Oktober 2020 merupakan hari yang rasanya sangat spesial bagi Ado. Bagaimana tidak, esok harinya ia juga akan menyambut ulang tahunnya yang ke 18.

Selain itu, Ado juga secara resmi berkerja sama dengan Universal Music Japan, yang artinya bakatnya akhirnya diakui oleh para produser lagu besar. Lagu debutnya juga booming dan mencapai 5 juta kali ditonton di YouTube hanya dalam waktu 1 bulan.

 

 

 

3. Lagunya Disebut Lagu Kebangsaan Generasi Muda

Lagu Ado yang berjudul Usseewa selain meraih banyak pernghargaan yang salah satunya adalah posisi 1 di Billboard Japan Hot 100 juga disebut oleh muda-mudi Jepang sebagai "Lagu kebangsaan Generasi Muda 2021".

Hal ini dikarenakan lirik lagunya yang menggambarkan rasa frustasi para generasi muda terhadap "common sense" yang ada di kehidupan kita yang rasanya tidak masuk akal. Ado juga menyatakan bahwa dia bernyanyi untuk menyuarakan kemarahan orang-orang agar mereka bisa hidup dengan positif.

Ditulis oleh: Rifki Muhammad Shofwani

 

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING