KOREA

Tidak Hanya Drama, Ini 7 Rekomendasi Film Korea Terbaik yang Wajib Ditonton

Senin, 19 Oktober 2020 19:11 Penulis: Dhia Amira

King and the Clown, Miracle in Cell no. 7, Train to Busan (credit: en.wikipedia.org; asianwiki.com; en.wikipedia.org)

Kapanlagi.com - Demam Korea saat ini sudah terjadi di banyak negara, salah satunya Indonesia. Bukan hanya dunia K-Pop saja yang menggemparkan, nyatanya dunia film seperti drama serta film layar lebar juga menjadi salah satu hiburan yang selalu dinanti.

Bukan hanya drama saja yang keren serta populer, nyatanya film Korea juga banyak yang keren loh KLovers. Bahkan tidak kalah keren dengan film buatan Hollywood. Ada film yang memacu adrenalin, hingga film yang bakal bikin kalian nangis dan sulit move on.

Kira-kira film layar lebar apa saja ya itu? Dilansir dari berbagai sumber, ini 7 rekomendasi film Korea terbaik hingga saat ini. Yuk langsung saja dicek.

 

 

1. KING AND THE CLOWN (2005)

Film Korea terbaik pertama yaitu ada film berjudul KING AND THE CLOWN. Film yang tayang pada tahun 2005 ini juga menjadi film yang mengangkat nama aktor Lee Jun Ki menjadi populer.

Film ini menceritakan tentang sekelompok badut penghibur yang datang ke istana untuk menghibur seorang raja. Dan karakter dari Lee Jun Ki inilah yang menarik perhatian dari film KING AND THE CLOWN. Hal ini karena ia berperan sebagai pria dengan sikap yang lembut dan cantik layaknya wanita.

Film yang memiliki budget kecil, dimainkan oleh para pemain tidak terkenal, serta aktor pendatang baru Lee Jun Ki, membuat film ini awalnya tidak memberikan kesan baik. Namun siapa sangka, ternyata film KING AND THE CLOWN ini meledak di pasaran, dan membawa nama Lee Jun Ki menjadi populer hingga saat ini. Dan film ini masih menjadi film terbaik menurut masyarakat Korea.

2. DEATH BELL (2008)

Suka film horor? Tenang, Korea juga memiliki film horor yang sangat keren loh KLovers, dan salah satunya yaitu film berjudul DEATH BELL. Film ini masuk dalam satu film horor Korea terbaik hingga saat ini.

Film DEATH BELL sangat sukses dengan menceritakan tentang pembunuhan anak-anak SMA yang unik, yaitu dengan memberikan sebuah pertanyaan. Bila pertanyaan tidak bisa di jawab maka yang menjadi sandera akan mati.

Film DEATH BELL ini bahkan sudah memiliki bagian kedua yang juga nggk kalah keren. Jadi bagi kalian pecinta film horor, maka wajib menonton film DEATH BELL ini.

3. MIRACLE IN CELL NO.7 (2013)

Selanjutnya ada film layar lebar berjudul MIRACLE IN CELL NO.7 yang tayang pada tahun 2013. Film ini menceritakan tentang seorang ayah yang memiliki penyakit mental, dan harus diberi hukuman karena perbuatan yang tidak ia lakukan.

Film ini akan menguras air mata kalian sejadi-jadinya, dan akan menjadi salah satu film yang sangat berkesan. Bahkan hingga suksesnya, film MIRACLE IN CELL NO.7 ini sudah digarap oleh negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Film MIRACLE IN CELL NO.7 akan memberikan kalian hiburan lucu, pelajaran hidup, hukum yang tidak adil bagi kaum disabilitas dan penyakit mental, hingga hubungan antara ayah dan anak. Film ini sangat direkomendasikan, dan menjadi film yang masih ditonton hingga saat ini.

4. THE PIRATES (2014)

Suka dengan film action? Maka film layar lebar berjudul THE PIRATES ini sangat cocok untuk kalian tonton. Film ini menjadi film bajak laut tersukses di Korea pada tahun 2014. Film ini juga diperankan oleh aktor profesional Son Ye Jin dan juga Kim Nam Gil.

Film THE PIRATES menceritakan tentang perjalanan bajak laut dengan tema fantasi sejarah. Film ini menceritakan tentang sayembara yang dilakukan untuk mendapatkan segel kerajaan yang dimakan oleh ikan paus. Film THE PIRATES akan memberikan kita adegan action serta gambar-gambar nyata.

Mirip seperti cerita bajak laut, film THE PIRATES akan menyuguhkan adegan action, komedi, serta kerjasama kelompok. Selain itu film ini juga diadaptasi dari dongeng sejarah Korea Selatan, di mana sejarah awal terbentuknya kerajaan dinasti Joseon yang merupakan dinasti kerajaan terakhir dan terpanjang di Korea Selatan.

5. TRAIN TO BUSAN (2016)

Tidak hanya Amerika saja, nyatanya film zombie dari Korea juga nggak kalah keren loh KLovers. Yup! Film TRAIN TO BUSAN memang menjadi salah satu film populer, bukan hanya di Korea tetapi juga Internasional. Bahkan film ini menjadi pencetak rekor film Korea pertama pada 2016 yang memecahkan rekor lebih dari 10 juta penonton.

Film yang menceritakan tentang wabah zombie ini memang sangat menarik untuk ditonton. Bagaimana kalian akan disuguhkan adegan bertahan hidup, dan mengalahkan orang-orang yang terkena wabah zombie. Film ini juga menjadi salah satu film terbaik, dan masih banyak ditonton hingga saat ini.

6. THE HANDMAIDEN

Selanjutnya yaitu ada film layar lebar berjudul THE HANDMAIDEN pada tahun 2016. Film yang mengambil kisah dari sebuah novel ini juga menjadi salah satu film terbaik Korea loh KLovers. Walaupun memiliki kontroversi, nyatanya film ini sukses ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada 2016 bahkan mendapatkan komentar yang positif.

Film ini memiliki genre erotic psychological thriller, di mana mengisahkan tentang kehidupan sekelompok orang beda kelas saat Korea di bawah kolonial Jepang. Film THE HANDMAIDEN ini berhasil membawa pulang piala Film Internasional Terbaik dalam beberapa ajang penghargaan lain seperti, British Academy Film Awards, Austin film Critics Association, Boston Society of Film Critics, Chicago Film Critics Association, dan masih banyak lagi.

7. PARASITE (2019)

Dan film terbaik Korea yang terakhir yaitu ada film berjudul PARASITE yang tayang pada tahun 2019. Film ini begitu populer hingga berbagai negara, termasuk Indonesia. Film yang memiliki cerita menarik ini akan membuat kita diberikan pandangan terhadap hidup orang-orang dari kelas sosial yang berbeda.

Bahkan film PARASITE ini juga memberikan kisah ketidakadilan dan kesulitan dari perspektif pihak yang lemah. Dari awal kalian akan dibuat terpana dengan cerita film PARASITE ini. Tentu saja film ini menjadi film terbaik, hingga menjadi film yang direkomendasikan hingga saat ini.

Begitu suksesnya, film PARASITE ini sudah mendapatkan penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes Palme d'Or, Film Berbahasa Asing Terbaik di Golden Globes 2020, Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture di SAG Award, hingga dua piala di BAFTA Award.

Itulah 7 film layar lebar terbaik Korea yang populer dan masih ditonton hingga saat ini. Tidak hanya memiliki drama yang luar biasa saja, film layar lebar Korea pun sangat luar biasa, hingga mendapatkan banyak penghargaan yang luar biasa pula.


REKOMENDASI
TRENDING