KOREA

Ukir Sejarah baru! BTS Jadi Artis Korea Pertama yang Sukses Puncaki Chart Billboard Hot 100

Selasa, 01 September 2020 18:50

BTS / Credit: AFP

Kapanlagi.com - Sebuah prestasi yang mencengangkan baru saja dicatatkan oleh Bangtan Boys (BTS). Pekan ini, boyband yang berada di bawah label BigHit Entertainment itu sukses memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100 lewat single terbarunya Dynamite.

Perlu dicatat jika BTS jadi artis asal Korea pertama yang sukses menempati urutan tertinggi di tangga lagu Billboard Hot 100. Prestasi tertinggi dari musisi Korea sebelumnya dipegang oleh PSY yang sukses menembus peringkat 2 di tahun 2012 silam lewat lagu Gangnam Style.

Jungkook CS sukses menggeser single WAP milik Cardi B featuring Megan Thee Stallion yang sebelumnya berada di puncak tangga lagu. Selain itu, BTS juga mengungguli sederet musisi kenamaan dunia lain seperti Drake (#3), The Weeknd (#5), Harry Styles (#7) dan masih banyak lainnya.

1. Hasil Penjualan dan Streaming 'Dynamite'

Billboard Hot 100 adalah tangga lagu yang menunjukkan lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat untuk semua genre berdasarkan streaming, pemutaran radio dan data penjualan.

Sejak dirilis pada 21 Agustus 2020 lalu, single Dynamite milik BTS tercatat sudah terjual sebanyak 265.000 secara digital. Sementara itu menurut Nielsen Music / MRC Data, Dynamite mencapai 33,9 juta streaming di Amerika Serikat.

Sebelumnya, prestasi tertinggi BTS di Billboard Hot 100 adalah menduduki peringkat 4 lewat lagu On pada Bulan Maret lalu.

2. Dapat Ucapan Selamat dair Presiden Korsel

Prestasi gemilang BTS ini tak cuma disambut dengan gembira oleh para BTS Army, tapi juga Presiden Korea Selatan, Moon Jae In. Sebuah ungkapan bangga bahkan dituliskan langsung oleh sang presiden melalui sebuah cuitan di akun Twitter resminya @moonriver365.

"BTS telah meraih No. 1 pertama di tangga lagu Billboard Hot 100, menulis babak baru dalam sejarah Kpop sebagai band Korea pertama yang melakukannya. Setelah empat kali menduduki puncak tangga lagu album utama Billboard 200, mereka sekarang mencapai No. 1 di kedua tangga lagu," tulis Moon Jae In pada cuitannya, Selasa (1/9/2020).

"Sungguh menakjubkan. Ini adalah prestasi luar biasa yang semakin meningkatkan kebanggaan pada Kpop. Lagu Dynamite yang menduduki puncak daftar, menjadi lebih bermakna karena diciptakan untuk memberikan pesan penghiburan dan harapan bagi orang-orang di seluruh dunia yang berjuang dengan Covid-19," sambung Moon Jae In.

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING