BOLLYWOOD

Pernikahan Isha Ambani Putri Pengusaha Terkaya di India, Telan Dana Rp 1,4 Triliun

Selasa, 11 Desember 2018 16:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Isha, Hillary dan Nita Ambani ©AFP

Kapanlagi.com - Serba mewah dan luar biasa, itulah yang tampak dari rangkaian acara pernikahan Isha Ambani dan Anand Piramal. Untuk pernikahan Isha, Mukesh Ambani yang merupakan orang terkaya di India, memberikan segalanya yang terbaik.

Uang bukanlah masalah bagi pengusaha yang perusahaannya bergerak di bidang perminyakan dan telekomunikasi melalui grup Reliance tersebut. Berapapun dikeluarkan oleh Mukesh untuk membuat acara pernikahan Isha dan Anand berlangsung dengan meriah dan sempurna.

Tentu saja, biaya yang dikeluarkan oleh Mukesh untuk acara ini tidak main-main jumlahnya. Dilansir dari Bloomberg, pengusaha kaya ini menghabiskan dana tak kurang dari USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun!

1. Carter 200 Jet Pribadi

Biaya yang dikeluarkan oleh Mukesh tidak hanya untuk perhelatan pesta dan detailnya. Tetapi juga untuk menerbangkan para tamu undangan dan pengisi acara ke venue.

Ketika Isha dan Anand lamaran, keluarga Mukesh menerbangkan para tamu undangan ke Danau Como, Italia. Dan untuk acara sangeet serta pernikahan, mereka menyewa 200 pesawat jet pribadi yang menerbangkan tamu ke Udaipur, India.

Jumlah tersebut belum termasuk pesawat komersil yang tiketnya dibeli oleh Mukesh untuk para tamu. Dan saking banyaknya tamu yang datang ke Udaipur via Mumbai, lalu lintas bandara Mumbai memecahkan rekor penerbangan terbanyak sepanjang tahun 2018.

Total ada 1004 penerbangan di bandara Mumbai selama 24 jam, dan sebagian di antaranya adalah tamu Mukesh. Bandara Udaipur pun ikut memecahkan rekor dengan 104 penerbangan, yang pada hari biasa hanya ada 32

2. Sewa 5.000 Mobil Audi

Selain menyediakan pesawat terbang baik komersil dan jet pribadi, keluarga Mukesh Ambani yang merupakan salah satu orang terkaya di India ini juga menyediakan mobil. Dilansir dari Business Standard, ada 5.000 unit mobil Audi yang disewa oleh keluarga untuk membawa para tamu undangan.

Ribuan mobil tersebut tersebar di Mumbai dan Udaipur. Semua tamu undangan akan dijemput oleh mobil dan sopir pribadi untuk menuju venue pernikahan di Udaivilas.

Tidak hanya Audi, keluarga mempelai juga menyediakan mobil Jaguar, Porsce, BMW dan Mercedes Benz untuk antar jemput tamu dari dan ke bandara. Semuanya tersebar di dua kota, Mumbai dan Udaipur.

3. Sewa Semua Hotel Bintang 5 di Udaipur

Selain menyediakan transportasi, keluarga Ambani juga memastikan para tamu undangan mendapatkan akomodasi yang layak. Mereka menyewa hampir semua hotel bintang lima yang ada di Udaipur untuk tempat menginap para tamu.

Sebagian undangan menginap di Udaivilas bersama keluarga kedua mempelai. Namun sebagian besar di antaranya diinapkan di hotel-hotel bintang lima yang ada di kota cantik tersebut.

Dan ini baru untuk acara sangeet dan mehendi Isha dan Anand. Pernikahan mereka sendiri baru akan digelar pada 12 Desember mendatang di Mumbai, India.

4. Bintang Tamu Beyonce dan John Legend

Ketika menggelar acara pertunangan di Danau Como, Italia, Isha Ambani mengundang penyanyi John Legend. Pemilik tembang All of Me itu membawakan lagu-lagu romantisnya secara privat di acara Isha dan Anand.

Lalu pada malam sangeet, Beyonce menjadi bintang tamu utama. Penyanyi yang akrab disapa dengan nama Queen B itu membawakan beberapa lagu andalannya dalam konser tunggal di panggung megah yang disediakan oleh Mukesh Ambani.

Kontrak Beyonce tentu tidak murah, namun Mukesh enggan menyebut angka detailnya. Namun diperkirakan jika nilai kontraknya berkisar di antara Rp 30 miliar, belum termasuk band, penari pengiring, tata lampu, tata suara dan panggung.

5. Habiskan Miliaran Untuk Undangan

Harga yang dikeluarkan keluarga Ambani untuk undangan ini pun tidak main-main. Per undangan, nilainya sekitar Rs 3 lakh atau kurang lebih Rp 60 juta.

Mereka menyebarkannya kepada sekitar 800 tamu dari dalam dan luar negeri. Dengan total pengeluaran sekitar Rp 48 miliar untuk undangan saja, belum termasuk ongkos kirim ke masing-masing tamu.

Acara pernikahan Isha dan Anand sendiri akan digelar pada 12 Desember esok. Mereka akan melangsungkan upacara pernikahan di rumah keluarga Mukesh Ambani, Antilia House di Mumbai.

 

6. Beri Makan 5.100 Orang Miskin

Tidak hanya berpesta dengan para kaum kaya di India dan dunia, Mukesh Ambani juga berbagi kebahagiaannya dengan sesama. Sebelum acara sangeet Isha dan Anand digelar di Udaipur, Mukesh menggelar acara Anna Seva.

Pada upacara ini, Mukesh memberikan makanan kepada 5.100 masyarakat miskin yang sebagian di antaranya penyandang disabilitas. Acara Anna Seva ini digelar selama empat hari, sejak Jumat (7/12) hingga Senin, (10/12).

(kpl/phi)


REKOMENDASI
TRENDING