15 Film Horor Indonesia Yang Diangkat Dari Legenda Lokal, Berani Nonton Sendirian?

Senin, 29 Oktober 2018 17:15 Penulis: Mita Anandayu
15 Film Horor Indonesia Yang Diangkat Dari Legenda Lokal, Berani Nonton Sendirian? Film Horor Indonesia © Istimewa

Kapanlagi.com - Film bergenre horor saat ini menjadi film yang tidak pernah absen di layar lebar Indonesia. Sineas-sineas Indonesia mulai berlomba membuat film bergenre horor terbaik, film yang baik tentunya dilihat dari jalan ceritanya.

Nah, biasanya film horor untuk mendapatkan kesan seramnya mengangkat kisah dari legenda lokal yang disebut Urband Legend. Berikut 15 film horor Indonesia yang diangkat dari legenda lokal, apa saja sih?

1. RUMAH KENTANG (2012)

Film horor Rumah Kentang dibintangi oleh Shandy Aulia © Hit Maker StudioFilm horor Rumah Kentang dibintangi oleh Shandy Aulia © Hit Maker Studio

Diangkat dari kisah sebuah rumah yang berlokasi di Jalan Darmawangsa, Jakarta Selatan yang menurut warga sekitar sering tercium bau kentang pada malam hari. Rumornya, bau tersebut berasal dari arwah anak kecil yang terebus hidup-hidup di kuali merebus kentang. Film yang dibintangi oleh artis cantik Shandy Aulia ini mengambil gambar di lokasi sesungguhnya untuk memberikan kesan mistis bagi penonton.

2. GASING TENGKORAK (2017)

Film horor GASING TENGKORAK yang dibintangi oleh Nikita Willy © MD EntertainmentFilm horor GASING TENGKORAK yang dibintangi oleh Nikita Willy © MD Entertainment

Film yang dibintangi Nikita Willy ini diangkat berdasarkan salah satu legenda lokal dari daerah Minangkabau. Biasanya gasing terbuat dari kayu atau bambu, sesuai namanya gasing terkorang terbuat dari tengkorak manusia yang sudah meninggal. Gasing tersebut digunakan sebagai sarana santet.

3. KUNTILANAK (2006)

KUNTILANAK dibintangi oleh Julie Estelle dan Evan Sanders © MultiVision PlusKUNTILANAK dibintangi oleh Julie Estelle dan Evan Sanders © MultiVision Plus

Sosok hantu wanita dengan pakaian putih, kulit pucat, dengan rambut hitam panjang yang menutupi wajahnya sering kali diangkat di film horor Indonesia. Salah satunya trilogi film KUNTILANAK yang diperankan oleh Julie Estelle menjadi film yang mengangkat tentang kuntilanak yang tertanam di benak pecinta film horor Indonesia. Ke tiga film tersebut disutradarai oleh Rizal Mantovani.

4. RUMAH GURITA (2014)

RUMAH GURITA diangkat dari legenda lokal dirilis pada tahun 2014 © HitMaker StudioRUMAH GURITA diangkat dari legenda lokal dirilis pada tahun 2014 © HitMaker Studio

Film horor di tahun 2014 ini dibintangi Shandy Aulia dan Boy William menceritakan kisah rumah gurita yang berada di kota Bandung. Dinamakan rumah gurita karena di bagian atas rumah tersebut terdapat patung gurita raksasa berwarna hitam dengan mata berwarna merah. Rumah ini memiliki banyak rumor mistis oleh masyarakat sekitar. Terlepas oleh rumor yang ada, sutradara Jose Poernoma tertarik mengangkat legenda lokal ini ke layar lebar.

5. OO NINA BOBO (2014)

Oo Nina Bobo disutradarai oleh Jose Purnomo © Rapi FilmsOo Nina Bobo disutradarai oleh Jose Purnomo © Rapi Films

Nina Bobo merupakan lagu yang kerap diperlantunkan orang tua untuk membuat bayi tertidur. Dibalik lagi tersebut menyimpan kisah tragis yang dialami oleh seorang anak bernama Nina yang meninggal karena sakit parah. Terinspirasi dari legenda lokal tersebut membuat sutradara handal Jose Poernomo membuat film horor berjudul OO NINA BOBO.

6. 308 (2013)

Shandy Aulia dalam film horor 308 © HitMaker StudiosShandy Aulia dalam film horor 308 © HitMaker Studios

Misteri kamar 308 di Samudera Beach Hotel, Pelabuhan Ratu ini diangkat dalam sebuah film berjudul 308. Kamar 308 sengaja dikosongkan, menurut kepercayaan masyarakat setempat kamar itu khusus diperuntukkan untuk Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul. Film yang tayang di tahun 2013 ini di bintangi sederet artis dan aktor papan atas Indonesia salah satunya Denny Sumargo.

7. MALL KLENDER (2014)

Film horor MALL KLENDER dirilis pada tahun 2014 © Hitmaker StudiosFilm horor MALL KLENDER dirilis pada tahun 2014 © Hitmaker Studios

Sukses membuat film horor rumah kentang dan 308, Hitmaker Studios di tahun 2014 kembali denga film berjudul MALL KLENDER. Mall Klender merupakan salah satu tempat angker yang berlokasi di Jakarta Timur, pada tahun 1998 mall tersebut kebakaran dan mengakibatkan banyak korban jiwa. Diyakini korban tersebut masih berkeliaran dalam bentuk arwah penasaran.

 

8. JAILANGKUNG (2017)

Film JAILANGKUNG 2017 digarap oleh Rizal Mantovani dan Jose Poernomo © Screenplay FilmsFilm JAILANGKUNG 2017 digarap oleh Rizal Mantovani dan Jose Poernomo © Screenplay Films

Jailangkung adalah sebuah permainan tradisional nusantara untuk memanggil dan menjadi media berkomunikasi dengan makhluk-makhluk tak kasat mata. Legenda lokal tersebut kerap disuguhkan di berbagai film horor Indonesia salah satunya JAILANGKUNG. Film ini digarap oleh dua sutradara yang sudah tidak asing namanya diperfilman Indonesia yaitu Rizal Mantovani dan Jose Poernomo.

9. RUMAH PONDOK INDAH (2006)

Film yang tayang di tahun 2006 ini mengangkat kisah keangkeran sebuah rumah di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Di tahun 1983 rumah ini dulunya milik warga asing yang seluruh anggota keluarganya terbunuh akibat perampokan. Setelah kejadian tersebut, banyak kejadian aneh dan menginspirasi sutradara Rudy Soedjarwo untuk membuat film horor berjudul Rumah Pondok Indah.

10. SI MANIS JEMBATAN ANCOL (1993)

Jembatan Ancol dianggap sebagai salah satu tempat angker karena berbagai kisah seram yang beredar. Salah satunya kisah seorang perempuan yang diperkosa dan meninggal di sekitar jembatan ini. Kisah tersebutpun diangkat dalam film berjudul SI MANIS JEMBATAN ANCOL yang dibintangi Diah Permatasari dan Ozy Syahputra.

11. TEROWONGAN CASABLANCA (2007)

Film TEROWONGAN CASABLANCA merupakan film horor dirilis pada 2007 © Indika EntertainmentFilm TEROWONGAN CASABLANCA merupakan film horor dirilis pada 2007 © Indika Entertainment

TEROWONGAN CASABLANCA merupakan film horor Indonesia yang dirilis pada tahun 2007. Diyakini oleh masyarakat sekitar, TEROWONGAN CASABLANCA sering nampak makhluk halus da menganggu orang-orang yang melewati jembatan tersebut. Dalam filmnya, menceritakan dua pasang kekasih yang menggugurkan kandungan. Si perempuan meninggal dan ia menjelma menjadi kuntilanak.

12. NENEK GAYUNG (2012)

Film NENEK GAYUNG dibintangi oleh Nikita Mirzani © Movie Eight and Unlimited ProductionFilm NENEK GAYUNG dibintangi oleh Nikita Mirzani © Movie Eight and Unlimited Production

Sosok nenek gayung mulai dikenal warga pinggiran Jakarta pada akhir tahun 2011 dan diangkat di layar lebar pada tahun 2012. Zacky Zimah, Nikita Mirzani, Yadi Sembako, dan Joe Richard didaulat membintangi film ini. Film ini tidak hanya berfokus pada kejadian yang menyeramkan, namun dibumbui komedi-komedi lucu.

13. HANTU JAMU GENDONG (2009)

Film horor HANTU JAMU GENDONG disutradarai oleh Nayato Fio Nuala © Indika EntertainmentFilm horor HANTU JAMU GENDONG disutradarai oleh Nayato Fio Nuala © Indika Entertainment

Dirilis pada 22 Januari 2009, film ini menyuguhkan kisah sorang tukang jamu gendong yang meninggal diperkosa. Iapun menjadi arwah tidak tenang dan menuntut pembalasan bagi pelaku. Film yang dibintangi oleh Julia Perez ini disutradarai oleh Nayato Fio Nuala.

14. HANTU JERUK PURUT (2006)

Film HANTU JERUK PURUT juga jadi salah satu film yang diangkat dari legendal lokal © Indika Entertainment Film HANTU JERUK PURUT juga jadi salah satu film yang diangkat dari legendal lokal © Indika Entertainment

Film ini menceritakan tentang Airin (Angie) yang menemukan seorang penulis novel meninggal di rumahnya pada saat mengerjakan novel tentang hantu tanpa kepala. Hantu tanpa kepala ini merupakan legenda lokal di tahun 90’an, yang mana hantu tersebut kerap muncul di kawasan pemakaman Jeruk Purut.

15. HANTU POHON BONEKA (2014)

Film HANTU POHON BONEKA dirilis pada tahun 2014 © Mitra PicturesFilm HANTU POHON BONEKA dirilis pada tahun 2014 © Mitra Pictures

Film yang dibintangi Nana Mirdad ini diangkat dari kisah yang terjadi tahun 1981 tentang anak dan Ibu yang meninggal akibat tabrak lari di Jalan Babakan Siliwangi, Bandung. Ada kisah yang beredar, kalau sang anak membawa boneka dan boneka tersebut terlempar dan menggantung di atas pohon. Konon, kalau melihat ke arah pohon tersebut akan melihat penampakan sebuah boneka.

Itulah ke 15 film horor Indonesia yang diangkat dari legenda lokal. Selain menarik, film yang diangkat dari legenda lokal akan lebih memicu adrenalin pada saat menonton loh. Nah, dari film-film horor di atas, mana nih yang jadi film horor favorit kalian?

Ditulis oleh: Novi Hardita

(kpl/mit)

Editor:

Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING