Apa Kata Deddy Mizwar Soal Ide Recycle 'NAGA BONAR'?

Selasa, 22 November 2016 11:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Apa Kata Deddy Mizwar Soal Ide Recycle 'NAGA BONAR'? Deddy Mizwar/©KapanLagi.com®/M. Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Deddy Mizwar dikenal akan perannya sebagai Nagabonar dalam film drama komedi yang hits pada 1987, NAGABONAR. Pada tahun 2007, setelah dua dekade berlalu, Deddy kembali muncul dalam NAGABONAR JADI 2 bersama Tora Sudiro. Akankah ada kemungkinan jika film sukses itu akan dibikinkan recycle atau kelanjutannya?

"Untuk apa di-recycle. Kan sudah dua. Nanti barangkali jadi tiga, bukan recycle itu," tuturnya saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, menggarap film seperti itu diperlukan waktu khusus yang tak sembarangan. "Ya kan masih ada waktu yang cukup lama buat itu. Nggak bisa cuma waktu kosong buat itu. Jadi khusus itu waktunya. Banyak sih ide-ide, nanti lah butuh waktu," jelasnya.

Demiz butuh waktu lebih lama untuk mengembangkan ide NAGABONAR 3/©KapanLagi.com®/M. Akrom SukaryaDemiz butuh waktu lebih lama untuk mengembangkan ide NAGABONAR 3/©KapanLagi.com®/M. Akrom Sukarya

Dirinya kini sedang menggalakkan bangkitnya perfilman di daerah yang dipimpinnya yaitu Jawa Barat. Tanggal 12 November lalu, provinsi Jawa Barat menggelar puncak Festival Film Jawa Barat. Demiz, begitu sapaan akrabnya, punya alasan tersendiri mengapa FFJB harus terus digelar.

"Jawa Barat itu punya bioskop terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Penduduknya pun terbesar di Indonesia, dua kalinya Australia. 6.7 juta jiwa. Jadi kalau film sukses di Jawa Barat, sukses di mana-mana," ungkapnya.

Menurut Demiz, provinsinya adalah tanah yang kaya dan menjadi inspirasi untuk bisa diangkat menjadi tontonan yang menarik. "Di sini, Jawa Barat hanya membuat festival. Siapa aja yang mau bikin boleh. Orang Ambon, orang Dayak, boleh. Tetapi nggak pernah ada ini di Indonesia festival etnografi film, kecuali Jawa Barat yang bikin. Padahal begitu banyak keragaman budaya di Indonesia, kok gak ada festivalnya," tandasnya.

(kpl/aal/tch)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING