Lokasi Syuting Film 'YOWIS BEN' di Malang yang Wajib Kalian Kunjungi

Selasa, 20 Februari 2018 12:36 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Lokasi Syuting Film 'YOWIS BEN' di Malang yang Wajib Kalian Kunjungi Berbagai destinasi unik di Malang (credit : http://penulispro.com, explorewisata.com)

Kapanlagi.com - Film yang mengangkat suatu budaya daerah memang mempunyai nilai tersendiri. Apalagi film yang mengangkat bahasa lokal dari suatu daerah tersebut. Nah, sebentar lagi nih akan hadir film yang mengangkat bahasa lokal khususnya bahasa Malangan. Film ini akan rilis di tanggal 22 Februari mendatang. 

Film yang berjudul YOWIS BEN ini hasil dari penulis naskah Bayu Skak. Nggak heran sih, film ini bakal kental dengan muatan lokal Malangan karena Bayu Skak sendiri berasal dari Malang. Tidak hanya bahasa Malangannya saja yang ditampilkan namun juga sebagian besar lokasi syutingnya yang berada di Malang lho KLovers.

Di mana aja sih tempat-tempat tersebut? Daripada penasaran yuk intip di mana saja lokasi syuting film YOWIS BEN ini.

1. Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Warna-Warni (credit : 4.bp.blogspot.com)Kampung Warna-Warni (credit : 4.bp.blogspot.com)

Namanya Kampung Warni-Warni, terkenal dengan perkampungan yang seluruh bagiannya di cat dengan berbagai wara. Tidak hanya temboknya saja lho, melainkan juga atap, jalanan, sampai kandang ayampun disulapnya menjadi berwarna. Kampung Warna-Warni ini berada di sebelah selatan Sungai Brantas, tepatnya di Jalan IR. H. Juanda, Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

Semula perkampungan ini merupakan kampung yang kumuh. Kemudian melalui gagasan sekelompok mahasiswa, terciptalah Kampung Warna-Warni yang bisa kita nikmati sekarang ini. Yang belum kemari buruan kemari deh karena semuanya serba berwarna. Banyak spot buat berfoto-foto lho.

2. Kampung Tridi (3D)

Kampung Tridi (credit : instagram.com/kampung_tridi)Kampung Tridi (credit : instagram.com/kampung_tridi)

Kampung Tridi dalah sebuah kampung wisata di kota Malang yang mana deretan dinding rumah di kampung tersebut dipenuhi oleh berbagai mural. Lokasi Kampung Tridi ini terletak di Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Berada di sebelah utara Sungai Brantas. 

Meskipun rumah-rumah di Kampung Tridi juga di cat warna-warni, namun yang membedakannya adalah pada gambar-gambar mural 3 dimensi (tampak nyata) yang digambar pada tembok-tembok rumah warga. Nah, karena itu menjadi tempatnya yang menarik dan pastinya instagramable. Tidak heran, sekarang Kampung Tridi ini menjadi salah satu spot wisata yang diincar para netizen.

3. Alun-Alun Merdeka Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang (credit : 2.bp.blogspot.com)Alun-Alun Kota Malang (credit : 2.bp.blogspot.com)

Alun-alun Merdeka ini lebih sering dipanggil alun-alun Malang saja. Tempatnya begitu strategis karena terletak di pusat kota Malang, tepatnya berada di depan Masjid Agung Jami’ Kota Malang. Tiap harinya alun-alun ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Merupakan tempat yang pas untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga. 

Terdapat air mancur yang berada di tengah alun-alun ini membuatnya lebih menarik. Tidak hanya itu ada banyak merpati yang berada di sekitar alun-alun, ini karena memang ditempatkannya kandang burung merpati di dalam alun-alun. Tidak usah khawatir, karena sekarang alun-alun Kota Malang sudah direvitalisasi, kebersihan juga diutamakan.

4.  Masjid Agung Jami’

Masjid Agung Jami' Malang (credit : 3.bp.blogspot.com)Masjid Agung Jami' Malang (credit : 3.bp.blogspot.com)

Masjid Agung Jami’ ini terletak di Jalan Merdeka Barat No 3 Malang. Berada di pusat kota dan menjadikannya sebagai masjid utama di Kota Malang. Masjid Agung Jami’ Malang mempunyai dua gaya arsitektur, yaitu arsitektur Jawa dan Arsitektur Arab. Gaya arsitektur Jawanya terlihat dari bentuk atap masjid bangunan lama yang berbentuk tajug. Sedangkan gaya arsitektur Arabnya terlihat dari bentuk kubah pada menara masjid dan juga konstruksi lengkung pada bidang-bidang bukaan (pintu dan jendela).

Di depan masjid juga banyak penjual kaki lima yang menjual berbagai makanan. Tidak perlu khawatir jika kelaparan, karena banyak pilihan yang dijual oleh pedagang kaki lima tersebut. Banyaknya fasilitas yang berada di pusat kota Malang seperti ini, membuat Kota Malang selalu nyaman untuk dikunjungi. Untuk itu Kota Malang banyak dijadikan tempat tujuan wisata.

5. Gereja Ijen Katedral Malang

Masjid Ijen Malang (credit : zadinda.files.wordpress.com)Masjid Ijen Malang (credit : zadinda.files.wordpress.com)

Sebenarnya gereja tersebut berada di Jalan Guntur 2 Malang, namun karena letaknya berada di sudut jalan yang berdekatan dengan Jalan Ijen, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Gereja Ijen. Tempatnya yang strategis ini membuat gereja tersebut menjadi pusat perhatian. Tidak hanya itu arsitektur bangunannya pun bisa dibilang unik, dengan mengangkat gaya arsitektur Neo-Gothik Eropa. Tidak heran banyak juga netizen yang sering berfoto disini dengan background gereja tersebut. Gereja Katolik ini memang merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda bersama dengan bangunan–bangunan lain yang terletak di Jalan Ijen.

6. SMA Dempo

SMA Dempo Malang (mw2.google.com)SMA Dempo Malang (mw2.google.com)

Nama sebenarnya dari SMA Dempo ini adalah SMAK St. Albertus. Sekolah menengah atas ini merupakan sekolah menengah atas Katolik di Malang. Mengapa sekolah ini lebih terkenal dengan sebutan SMA Dempo? Karena jalan yang membentang di hadapan sekolah ini bernama Jalan Dempo, meskipun pintu depan SMAK St. Albertus terletak di Jalan Talang. 

Ada satu lagi yang menarik di Jalan Dempo Malang ini, dari segi kulinernya. Di sepanjang Jalan Dempo kalian akan menemukan sederet warung pinggir jalan yang menjual pangsit dan es teler. Sudah terdengar luas kalau pangsit dan es teler dempo ini terkenal enaknya. Apalagi untuk es telernya sendiri bisa ditambahkan durian sebagai pelengkap. Kalau KLovers mau, coba saja kesini, dijamin nagih.

7. Museum Angkut 

Museum Angkut Malang (credit : penulispro.com)Museum Angkut Malang (credit : penulispro.com)

Kalau tempat yang satu ini merupakan salah satu destinasi favorit di Malang nih. Terletak di daerah wisata Kota Batu, Malang di Jawa Timur. Tepatnya berada di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu, Malang. Meskipun ini museum tetapi KLovers jangan salah, museum transportasi ini dibangun secara modern dan memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern.

Tidak hanya itu di  Museum ini terbagi dalam beberapa zona yang didekorasi dengan setting landscape model bangunan dari benua Asia, Eropa dan juga Amerika. Tentunya disini banyak spot-spot yang instagramable yang bikin KLovers betah. Jadi, tidak hanya sebagai tempat rekreasi namun juga sebagai tempat untuk menambah pengetahuan kita. 

Bagaimana menurut KLovers semua? Tulis komentarmu di kolom komentar ya dan pastinya yang menjadi warga Malang pada kagum dong, karena tempat-tempat tersebut dapat diketahui banyak orang melalui film YOWIS BEN ini. Buat kalian yang belum kesana, buruan ke sana. 

(kpl/gen)


REKOMENDASI
TRENDING