'Bumi Manusia' Difilmkan, Iqbaal Ramadhan Perankan Minke

Jum'at, 25 Mei 2018 10:10 Penulis: Rahmi Safitri
'Bumi Manusia' Difilmkan, Iqbaal Ramadhan Perankan Minke Iqbaal Ramadhan © bintang.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Bumi Manusia merupakan karya Pramoedya Ananta Toer yang dalam perilisannya menimbulkan kontroversi. Setelah berkali-kali batal diangkat ke layar lebar oleh beberapa rumah produksi dari luar hingga dalam negeri, akhirnya hak adaptasi jatuh ke rumah produksi Falcon Pictures.

Bertempat di Desa Wisata Gamplong, Yogyakarta, Kamis malam (24/5/2018) Hanung Bramantyo selaku sutradara beserta produser Frederica mengumumkan kesiapan memproduksi adaptasi ini. Di sana mereka sekaligus mengumumkan pemeran utama pria yang jatuh pada Iqbaal Ramadhan sebagai Minke.

Iqbaal mengaku bangga bisa terlibat dalam pembuatan film yang direncanakan mulai syuting pada Juli mendatang. Namun juga membebankannya dengan banyak ‘pekerjaan rumah’ mengingat tokoh Minke yang revolusioner bukan karakter yang mudah dibawakan.

Iqbaal akan perankan Minke © bintang.com/Bambang E RosIqbaal akan perankan Minke © bintang.com/Bambang E Ros

"Gue bangga banget, seneng bisa gabung di project seepik Bumi Manusia ini. Banyak PR yang harus gue kerjain, karena di sini harus bisa bahasa Belanda, bisa bahasa Jawa dan gue orang Sunda. Mungkin itu akan jadi tantangan tapi harusnya gue bisa sih," kata Iqbaal.

Hanung menambahkan terpilihnya Iqbaal lalu Mawar De Jongh sebagai Annelies bukan tanpa alasan. Karena dalam novelnya sendiri Pramoedya menulis sosok Minke sebagai pemuda berusia 20 tahun dengan segala gejolak dan perlawanan dalam hidupnya.

"Di novel, Minke umur 20 tahun, Annelies umur sekitar 17 tahun. Jadi mereka memang anak-anak muda. Pak Pram di novel itu berbicara tentang gejolak anak-anak muda. Dan Bumi Manusia bagian dari tetralogi di mana tokoh Minke akan tumbuh seiring dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia sampai kemerdekaan. Saya tidak mau meleset lagi di sini bahwa Minke memang masih muda," sambung Hanung.

(kpl/abs/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING