Jadi Aktor, Mathias Muchus Belajar Dari Sutradara Wahyu Sihombing

Sabtu, 20 Mei 2017 09:15 Penulis: Agista Rully
Jadi Aktor, Mathias Muchus Belajar Dari Sutradara Wahyu Sihombing © KapanLagi.com®/Fikri Alfi Rosyadi

Kapanlagi.com - Mathias Muchus salah satu aktor yang terlibat di dalam Festival Teater Wahyu Sihombing yang digelar pada 24-27 Juli 2017 di Gedung Teater Luwes Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Festival ini digelar dalam bentuk penghargaan atas jasa Wahyu Sihombing, seorang sutradara senior di Indonesia.

Sutradara yang menderek sejumlah judul film ini juga berprofesi sebagai aktor. Salah satu karyanya yang terkenal adalah serial televisi Losmen. Pria yang meninggal pada tahun 1989 ini sebelumnya memulai karir sebagai aktor teater.

Di era 70-80-an nama Wahyu Sihombing memang begitu dikenal di dunia perfilman. Banyak aktor-aktor hebat yang belajar dari sutradara yang meninggal pada 30 Desember 1989 silam. Salah satunya Mathias Muchus. Aktor 60 tahun itu mengaku banyak sekali ilmu seni yang diberikan oleh Wahyu Sihombing.

Untuk menjadi aktor yang baik, Mathias Muchus sempat belajar dari sutradara Wahyu Sihombing © KapanLagi.com/Fikri Alfi RosyadiUntuk menjadi aktor yang baik, Mathias Muchus sempat belajar dari sutradara Wahyu Sihombing © KapanLagi.com/Fikri Alfi Rosyadi

"Iya. Memang dia (Wahyu Sihombing) sudah mengubah saya. Dulu saya nggak mengerti apa-apa tentang seni teater. Dia membuka pintu hidup saya," kata Mathias Muchus saat ditemui di Gedung Teater Luwes IKJ, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Menurut pemain film Laskar Pelangi itu, Wahyu Sihombing seorang tokoh seni yang tak tergantikan. Pasalnya, banyak aktor senior di Indonesia yang belajar seni dari Wahyu Sihombing. Apalagi, memiliki jiwa yang sangat loyal dan semangat membuat Wahyu Sihombing akan terus dikenang.

“Dia adalah salah seorang tokoh teater yang tak tergantikan. Sampai sekarang,” tandasnya.

(kpl/far/agt)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING