FILM INDONESIA

Joko Anwar Bocorkan Inspirasinya Ketika Membuat Film

Jum'at, 29 November 2019 14:25 Penulis: Sora Soraya

Joko Anwar © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Sineas kawakan Joko Anwar buka-bukaan tentang inspirasinya ketika membuat sebuah film. Sutradara PEREMPUAN TANAH JAHANAM ini mengatakan selalu mencari inspirasi dari kejadian-kejadian di lingkungan sekitarnya.

"Saya adalah salah satu pembuat film yang sangat terinspirasi dari melihat kejadian-kejadian yang ada di sekitar saya," ujar Joko Anwar saat ditemui dalam acara Galaxy Movie Studio di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (28/11) kemarin.

 

1. Pergi ke Terminal Bus Hingga Bandara

Joko Anwar pun mengatakan bahwa ia suka pergi ke tempat keramaian yang banyak orang seperti terminal bus, stasiun kereta api, hingga bandara untuk mencari inspirasi. Karena dari situ ia bisa melihat berbagai karakter asli seseorang.

"Jadi setiap kali saya ingin menulis sebuah skenario apakah sebuah skenario yang saya tulis buat saya sendiri atau saya tulis buat orang lain, saya biasanya pergi ke tempat-tempat yang ramai orang di mana saya bisa melihat banyak sekali karakter-karakter orang, dan biasanya saya suka pergi ke tempat-tempat di mana orang itu lepas tidak ada beban. Jadi mereka menjadi diri mereka sendiri. Dari melihat kegiatan mereka sudah muncul inspirasi baik dari karakter maupun cerita," paparnya.

"Jadi saya suka mencari ide ke tempat-tempat yang ramai seperti terminal bus, stasiun kereta api atau bandara. Karena orang-orang yang ada di tempat seperti ini mereka tidak bertingkah laku seakan-akan ada yang melihat mereka tapi mereka dalam waktu yang buru-buru menuju ke tempat lain biasanya mereka menunjukkan karakter yang asli.

2. Suka Merekam Video

Lebih lanjut, Joko juga memperhatikan tingkah laku banyak orang di tempat keramaian tersebut sambil merekam video. Dari video itu, ia jadi bisa melihat jelas ekspresi orang-orang.

"Saya biasanya memperhatikan mereka dan akan mengambil video. Karena sekarang orang lebih suka mengambil video dibanding foto. Saya adalah satu orang yang suka mengambil video, saya mengumpulkan video banyak sekali satu hard disk mungkin saya habiskan dalam waktu sebulan yang saya shoot pakai smartphone," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING