FILM INDONESIA

'KARTINI' Tayang Hari Ini, Tonton Kisah Beliau Lewat Film

Mahardi Eka  |  Rabu, 19 April 2017 17:58

'KARTINI' Tayang Hari Ini, Tonton Kisah Beliau Lewat Film

Kapanlagi.com - Hari Kartini yang kita peringati setiap tanggal 21 April kerap kali dirayakan oleh para siswa sekolah dengan mengenakan pakaian adat. Raden Ajeng Kartini seperti yang banyak diketahui adalah pahlawan emansipasi wanita. Namun, ketika membahas detail kisah hidup dan perjuangannya, belumlah banyak yang tahu. 

Hanung Bramantyo yang sudah banyak menggarap biopik selama karirnya memilih kisah Kartini sebagai karya terbarunya. Bersama Legacy Pictures dan Screenplay Films, Hanung mengangkat kisah R.A. Kartini dalam KARTINI. Dalam film terbarunya ini, ia menggaet aktor ternama tanah air seperti Dian Satrowardoyo, Ayushita Nugraha, Acha Septriasa, Denny Sumargo, Reza Rahadian, Christine Hakim, dan Adinia Wirasti untuk menyajikan kisah Kartini dalam medium film layar lebar. 

“Di film ini saya ingin mengajak orang melihat sebuah paparan kehidupan. Saya menghilangkan banyak sekali dialog yang sifatnya seperti petuah. Saya ingin penonton belajar dari film ini bukan karena petuah-petuahnya, tetapi dari bagaimana sikap Kartini, bagaimana aksi dari Kartini," tutur Hanung Bramantyo tentang film terbarunya tersebut.

KARTINI digarap seotentik mungkin, termasuk di antaranya menghadirkan setting cerita di tahun 1879. Robert Ronny sang produser memaparkan bahwa KARTINI menghadirkan setting, kostum, dan juga properti pendukung semaksimal mungkin. 

“Membuat film biopik, apalagi juga sebuah film periodik, tentu tidak main-main. Salah satu kendala yang paling besar adalah menyiasati lokasi yang sudah tidak otentik lagi. Kenapa otentisitas penting? Karena lewat otensitas di set, kostum, properti yang kita tampilkan, kita bisa benar-benar tahu, seperti apa hidup di masa lalu yang sesungguhnya. Kita tahu, emosi karakternya seperti apa,” ujarnya. 


Selain mengangkat perjuangan Kartini semasa hidupnya, film ini juga mengangkat tema pentingnya pendidikan. Hal tersebut dinilai positif oleh Menteri Pendidikan yang kemudian menyarankan penonton untuk menikmati film ini. 

“Saya sudah menonton film KARTINI ini. Menurut saya filmnya sangat bagus. Pesan­ pesan pendidikannya sangat sarat makna, dan semuanya disampaikan dengan penyampaian yang baik, sama sekali tidak ada kesan menggurui. Dan terutama, pesan yang sangat kuat adalah pentingnya literasi untuk anak­anak muda,” ujar Muhadjir Effendi ketika ditemui beberapa waktu lalu.  

Nah, tunggu apa lagi. Ayo, kita rayakan hari Kartini tahun ini lebih awal: film KARTINI sudah tayang di bioskop mulai hari ini! Saksikan penampilan Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini di film KARTINI yang menginspirasi. Rayakan hari Kartini di bioskop-bioskop seluruh Indonesia!




#FilmKARTINI

FOTO: Premiere 'KARTINI', Dian Sastro Kompak & Mesra Bareng Suami

Diskusi Seru Para Bintang 'KARTINI', Bikin Kamu Tahu Lebih Banyak

Premiere 'KARTINI', Para Bintang Datang Bareng Orang Terkasih

FOTO: Stunning! Ini Gaya Para Seleb di Gala Premiere Film KARTINI

FOTO Penuh Dobrakan, Ini Ungkapan Dian Sastro Maknai Hari Kartini

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka

Rekomendasi Pilihan





Lihat Arsip Film Indonesia

- - -