FILM INDONESIA

Kurang Menghayati Peran, Hanung Dorong Mawar De Jongh Sampai Jatuh!

Rabu, 10 Juli 2019 14:12 Penulis: Rezka Aulia

© KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Selalu ada kejadian menarik di balik layar sebuah judul film. Seperti yang dialami Mawar De Jongh saat menjalani pengambilan gambar BUMI MANUSIA di Gamplong, Sleman, pada tahun lalu.

Karena tak bisa menghayati perannya sebagai Annelies, Hanung Bramantyo selaku sutradara mendorong aktrisnya sampai terjatuh. Hal ini sengaja dilakukan untuk menimbulkan rasa marah sekaligus takut di wajah Mawar

"Saya mendorong dia sampai terjatuh. Tapi lagi-lagi kami tidak melakukan dalam rangka menyakiti, tapi menghadirkan ingatan emosi yang sudah lama dikubur," kata Hanung dikutip dari pesan Whatsapp yang diterima KapanLagi.com pada Selasa (9/7/2019).

1. Pengalaman Batin

Menurut Hanung Bramantyo, latar belakang Annelies sama dengan Mawar De Jongh yang merupakan anak hasil pernikahan orang Belanda dan Indonesia. Namun ketika diminta mendalami perannya, Mawar sedikit kesulitan karena takut membangkitkan memori yang tak ingin dirinya ingat.

"Secara tubuh, pikiran, dan jiwa, Mawar sudah cukup memasuki alam Annelies, apalagi didukung ayah Mawar yang warga Belanda. Hanya saja pengalaman batin yang mestinya diolah malah dia kubur, dikubur itu sangat wajar dilakukan manusia. Tapi bagi aktor, pengalaman batin itu modal besar. Jadi saya coba merangsang pengalaman batinnya," lanjut Hanung.

2. Hasil Memuaskan

Setelah sengaja didorong hingga jatuh, Hanung Bramantyo akhirnya bisa menangkap emosi dalam diri Mawar De Jongh dengan sempurna. Hal itulah yang membuatnya yakin bila karakter Annelies akan hidup di dalam film adaptasi novel fenomenal karya Pramoedya Ananta Toer tersebut.

"Setelah saya dorong, apa yang dia simpan dalam dirinya keluar semua. Permainannya sangat natural ketika memekikkan kesedihan," tutup suami Zaskia Adya Mecca ini.

 


REKOMENDASI
TRENDING