Pembuatan Naskah 'SURAT DARI PRAHA' Diwarnai Lempar Kotak Pensil

Selasa, 09 Februari 2016 15:52 Penulis: Rahmi Safitri
Pembuatan Naskah 'SURAT DARI PRAHA' Diwarnai Lempar Kotak Pensil Surat Dari Praha © Visinema Pictures
Kapanlagi.com - SURAT DARI PRAHA adalah film yang dibuat dengan serius dan tak ada niat untuk main-main. Dari deretan pemainnya saja semuanya sudah berpengalaman, seperti Tio Pakusadewo, Widyawati, Julie Estelle, Rio Dewanto, dan Chicco Jericho. Sutradaranya saja Angga Dwimas Sasongko, sineas muda Indonesia yang sebelumnya menggarap FILOSOFI KOPI, CAHAYA DARI TIMUR: BETA MALUKU, dan lain-lain.

Untuk pengembangan naskahnya ditangani langsung oleh Salman Aristo, yang disebut Angga sebagai salah satu penulis terbaik di Indonesia. Menurut Angga, pengerjaan naskah untuk SURAT DARI PRAHA ini benar-benar dibuat dengan penuh perjuangan bahkan perdebatan antara jajaran penulisnya.

"Ini sampai draft 15. Ada Ginatri S. Noer, ada Salman Aristo, ada Wahana Penulis. Panjang prosesnya dan painful banget. Sampai lempar-lemparan kotak pensil. Kalau dengar rekamannya beeeh. Kita riset juga di sini. Total ada 9 orang yang men-develop ditambah satu periset. Ketika dituduh plagiat, barisan penulis ini yang pertama marah. Kita sudah develop script-nya selama satu setengah tahun mulai draft awal," kata Angga saat ditemui di Hotel Tugu, Malang, beberapa saat lalu.

Angga selalu bikin film yang berkualitas tinggi © KapanLagi.com®/Budy SantosoAngga selalu bikin film yang berkualitas tinggi © KapanLagi.com®/Budy Santoso

"Salman punya sejarah panjang dalam penulisan skenario, mulai dari LASKAR PELANGI sampai SANG PENARI. Secara quality, perusahaan kita (Visinema) punya high standart tentang hal tersebut. Misalnya film AKAR (sekuel SUPERNOVA) sudah kita omongin sejak tahun lalu. Kita bicarakan dengan Mbak Dewi seperti apa nanti bikinnya. Sekarang kita sudah mulai bikin make-up Bodhi yang nantinya pakai CGI oleh perusahaan luar negeri. Sudah hunting lokasi. Semua itu bahkan skenarionya belum ada," lanjut sutradara JELANGKUNG 3.

Dalam film SURAT DARI PRAHA ada lagu berjudul Kudaku Lari. Angga sempat kebingungan karena tak menemukan lagu tersebut di KCI (Karya Citra Indonesia). Akhirnya setelah mencari, Angga menemukan lagu tersebut di Malaysia.

"Gue cari ke Malaysia. Gue telusurin silsilahnya ke anak cucunya, ketemu di Malaysia. Ternyata ada wakil cucunya ya. di Jakarta," pungkas Angga.

(kpl/dka/pit)

Reporter:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING