FILM INDONESIA

Pencapaian Besar Joko Anwar Sepanjang Tahun 2019

Selasa, 10 Desember 2019 07:35 Penulis: Guntur Merdekawan

Joko Anwar / Credit: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - 2019 bisa dibilang sebagai tahunnya Joko Anwar. Sutradara kenamaan itu telah menyutradarai 2 film populer, GUNDALA dan PEREMPUAN TANAH JAHANAM. Tak cuma itu saja, Jokan juga menulis skenario dari film ORANG KAYA BARU dan RATU ILMU HITAM yang film-nya ditangani oleh sutradara lain.

4 film Jokan di atas bisa dibilang sukses besar dari jumlah penonton-nya. Beberapa di antaranya bahkan sukses masuk Festival bergengsi bertaraf Internasional. Sebagai bentuk rasa syukur, pria berusia 43 tahun itupun menuliskan ucapan terima kasih lewat akun Instagram pribadinya.

"Di 2019 film saya empat. Ada komedi, action, thriller, horor. Dua saya tulis untuk sutradara lain, dua saya tulis dan sutradarai sendiri. Satu masuk Toronto, satu masuk Sundance. Makasih ya, teman-teman yang udah nonton. Tahun ini Kita nyumbang 5,5 juta lebih penonton, 12 persen dari seluruh penonton film Indonesia tahun ini. Semoga 2020 saya masih bisa berkontribusi untuk perfilman Indonesia. Amin," tulis Jokan pada salah satu postingannya di Instagram.

1. Prestasi Joko Anwar Sepanjang 2019

GUNDALA merupakan salah satu gebrakan besar dalam dunia perfilman Indonesia. Film bergenre superhero rasa lokal ini sukses masuk seleksi Toronto International Film Festival. Tak lama berselang, ganti PEREMPUAN TANAH JAHANAM yang terpilih untuk diputar di Sundance International Film Festival.

2 judul di atas juga masuk dalam 10 besar Box Office Indonesia. Pencapaian besar dari Jokan ini membuktikan jika perfilman Indonesia sudah tak bisa lagi dipandang sebelah mata.

2. Tetap Produktif di Tahun 2020

Belum cukup dengan itu, Jokan juga mendapatkan dua nominasi Piala Citra. Nominasi itu datang dari kategori 'Penulis Skenario Penulis Skenario Asli Terbaik' untuk film ORANG KAYA BARU dan 'Penulis Skenario Adaptasi Terbaik' untuk film GUNDALA.

Tahun 2020 mendatang, Jokan sendiri dipastikan bakal tetap memberi suguhan terbaik untuk para pecinta film Tanah Air. Seperti diketahui, pria yang juga seorang aktor ini merupakan produser dari Jagat Sinema Bumilangit, di mana 2 film jagoan lainnya sudah siap mengudara tahun depan, yakni VIRGO & THE SPARKLINGS dan SRI ASIH.


REKOMENDASI
TRENDING