Setelah 'SOEKARNO', Akan Muncul Film 'HATTA'?

Kamis, 21 Agustus 2014 07:51 Penulis: Angga S Priyono
Setelah 'SOEKARNO', Akan Muncul Film 'HATTA'? Salman Aristo © KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Siapa yang tidak mengenal sineas satu ini, ia telah banyak memproduksi berbagai judul sinema layar lebar. Salman Aristo tak perlu waktu lama mengiyakan tawaran terlibat dalam penggarapan film Bung Hatta. Sebab, saat masih kecil ia mengaku sudah tertarik dengan sosok Bapak Koperasi itu ketimbang para sahabatnya.

"Kenapa saya tertarik untuk menulis skenario ini, saya dari kecil memang tertarik dengan Bung Hatta ketimbang para sahabatnya," ungkapnya di acara peresmian Bung Hatta Movement, Pavilion 28, Kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Rabu (20/8).

Salman sendiri menceritakan awal mula mengenal sosok yang telah membuat pikirannya terbuka. Semua itu berawal dari buku tipis yang habis dibacanya hanya dalam waktu dua jam. Cerita tentang Bung Hatta memang tidak banyak diceritakan dibanding Bung Karno atau tentang keduanya. 

"Saat itu saya masih SMP. Cuma butuh 2 jam membaca buku itu dan selesai, tapi mengubah hidup saya sampai saat ini," ujarnya.

Salman Aristo © KapanLagi.com®Salman Aristo © KapanLagi.com®

Diakui Salman, ada sepenggal kalimat yang sampai saat ini masih terngiang di benaknya setelah membaca buku tersebut. Bahkan di saat orang lain mengelu-elukan Soekarno, ia bangga dengan sosok Hatta-nya. Bung Hatta memang banyak memberikan inspirasi melalui berbagai tindakannya. 

"Pernyataan yang masih saya ingat, 'Apa yang membuat pesawat terbang?'. Kereta dikasih baling-baling juga nggak bisa terbang. Ternyata semua karena ada dorongan, dari situ saya berpikir harus seperti itu," tandasnya.

Rencananya produksi film HATTA sendiri baru akan dilakukan pada Januari 2015 mendatang. Sebelum itu, Dante Sinema dan institusi pendukung bersama-sama mendirikan Bung Hatta Movement guna mengolaborasikan konsep pemikiran sang proklamator pada kehidupan saat ini. Menarik untuk ditunggu akan seperti apa kisah biopic salah satu bapak proklamator kita.

(kpl/tov/sic)

Editor:

Angga S Priyono


REKOMENDASI
TRENDING