Salat Jadi Cara Rudi Soedjarwo Bangkit Dari Keterpurukan

Minggu, 06 Desember 2015 20:52 Penulis: Nadia Adibie
Salat Jadi Cara Rudi Soedjarwo Bangkit Dari Keterpurukan Rudi Soedjarwo. ©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Film STAY WITH ME yang kini tengah dipersiapkan Rudi Soedjarwo untuk dilempar ke publik ternyata terinspirasi dari kisah hidupnya sendiri. Sempat mengalami bangkrut dan cerai dari istri, Rudi pun melalui masa paling sulit dalam hidupnya. 

Hal inilah yang diungkap Rudi dalam wawancara secara eksklusif kepada KapanLagi.com® belum lama ini. Diakui Rudi, masa bangkrut dan cerai tersebut merupakan hantaman yang paling besar dalam hidupnya.

"Di saat yang sama ketika ingin membikin itu film (STAY WITH ME), itu juga nggak stop sampai di situ. Banyak sekali hantaman-hantaman yang akhirnya saya mikir kok nggak selesai-selesai ini masalah. Akhirnya saya bingung kan, kalau buat laki umur 40 tahun kalau udah stress secara psikologis itu jatuhnya fisik kan. Kita ngerti kalau ada apa-apa sama kita, anak-anak saya gimana, masih kecil kok. Udah ninggalin uang yang cukup nggak? Nggak malah minus kok. Gimana tegang kan, tangan saya udah gini (gemetar) setiap stres," ungkapnya mencurahkan isi hati.

Ridi Soedjarwo menemukan banyak jawaban dalam salat. ©KapanLagi.com®/AgusApriyantoRidi Soedjarwo menemukan banyak jawaban dalam salat. ©KapanLagi.com®/AgusApriyanto

Bagi Rudi, hal yang membuat dirinya stres justru bukan bagian dari pembuatan film. Rudi malah menemukan hal paling krusial dalam hidupnya yang selama ini justru terabaikan; Salat.

"Akhirnya saya melakukan apa yang saya lupa selama ini. Salat. Salat sih sebelumnya tapi karena tradisi aja, karena dari kecil kita disuruh salat. Saya salat kok, tapi nggak benar-benar salat sebenarnya. Itu cuma tradisi yang harus dilakukan. Saya berdoa setulus-tulusnya sehingga ikhlas banget. Benar-benar minta pencerahan supaya saya nggak jadi bahan orang yang nyusahin orang lain lagi. Sebagai bapak, sebagai anak laki-laki dan sebagai lelaki seutuhnya," ungkapnya lebih lanjut.

Seolah bergerak dengan ajaib, Rudi pun mulai menemukan pencerahan-pencerahan. Salah satu yang justru ditemukannya adalah keinginan untuk beramal dan bersedekah.

"Ternyata problemnya habis sholat itu malamnya kayak mimpi lah, nggak tahu apa kayak ada kilatan-kilatan kata-kata tapi cuma dua kata yang dikeluarin di kepala saya. Amal, sedekah itu yang saya lupa, ditunda selama ini. Selama ini kan kita punya uang, gue pengen sedekah tapi ditunda aja. Kita nggak niat nggak ngasih, kita merasa udah ngasih udah cukup, kurang. Semua uang yang masuk kita harus amalin, nggak bisa nggak. Ternyata pas bangun gue ngobrol sama teman-teman kayaknya itu deh problem gue," pungkasnya.

Karenanya, Rudi kini tengah berfokus membuat sekolah film. Hidupnya pun berubah drastis sejak keterpurukan melanda dirinya. Melalui banyak pelajaran ini, pelan-pelan Rudi bangkit menemukan jati dirinya.

(kpl/rhm/nad)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING