FILM INDONESIA

Sinopsis Film 'GILA LU NDRO!', Angkat Isu Sosial Lewat Tingkah Kocak Alien

Jum'at, 14 September 2018 09:47 Penulis: Tyssa Madelina

Courtesy of Falcon Pictures

Kapanlagi.com - Industri film Tanah Air kembali diramaikan oleh film genre komedi besutan Herwin Novianto bertajuk GILA LU NDRO!. Sesuai judulnya, GILA LU NDRO! sendiri akan menghadirkan jajaran aktor dan aktris ternama di Indonesia seperti Indro Warkop, Tora Sudiro dan Mieke Amalia. Sekilas, judul film tersebut juga mengingatkan kita akan jargon khas yang dilontarkan oleh Dono dan Kasino ketika mengomentari tingkah laku Indro di serial televisi Warkop DKI.

GILA LU NDRO! sendiri mengisahkan tentang kehidupan Alien bernama Al (Indro Warkop). Karena tak menemukan ketenangan di planetnya, Al pun pergi ke bumi dengan harapan merasakan pengalaman hidup yang berbeda. Ia pun bertemu dengan seorang laki-laki bernama Indro (Tora Sudiro).

Indro pun membawa Al jalan-jalan keliling kota Jakarta. Selama di perjalanan, Al mengalami banyak masalah yang persis dengan planet tempat tinggalnya. Alih-alih menemukan kedamaian, Al justru merasa kehidupan di bumi sama buruknya dengan planet asalnya.

1. Komedi Satir

Jalan cerita GILA LU NDRO! sekilas memang mengingatkan kita akan Warkop DKI yang mengangkat isu sosial lewat komedi satir. Al dengan tingkahnya yang kocak seolah ingin mengkritisi kehidupan di bumi yang menurutnya tak mencerminkan kedamaian.

Selain penyajian komedi yang out of the box, kehadiran para aktor dan aktris juga mencuri perhatian. Seperti halnya Mieke Amalia yang berperan sebagai istri Indro. Lantaran pulang larut malam karena membawa Al jalan-jalan keliling Jakarta, Indro harus menerima risiko dimarahi sang istri.

Kalau kamu penasaran akan perjalanan si Al dan Indro menyusuri kota Jakarta, maka GILA LU NDRO! patut ditonton di bioskop kesayangan. Jangan sampai ketinggalan ya, KLovers!

2. Wujudkan Impian Almarhum Dono

Aktor senior Indro Warkop berperan sebagai makhluk alien dalam film GILA LU NDRO! besutan Herwin Novianto. Peran tak biasa ini berani Indro ambil lantaran ingin mewujudkan film impian sahabatnya yakni almarhum Dono.

Saat masih hidup, Dono sempat mengungkap keinginan bermain film dengan elemen komedi satir. Lantaran belum kesampaian, Indro merasa hal tersebut perlu ia jadikan nyata.

"Warkop DKI itu dulu kritik sosialnya lebih tinggi dari komedi. Dulu kami bikin kaset isinya tematis dari awal sampai akhir misalnya tema dokter masuk desa. Dulu hal itu nggak bisa dijadiin film karena segmen penonton menengah ke bawah," kata Indro dijumpai di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Sabtu (8/9/2018).

3. Kritik Untuk Diri Sendiri

Menggunakan medium sosok alien bernama Al yang diperankan Indro Warkop, terjadi dialog mengkritisi banyak hal. Meski begitu skenarionya tak ditujukan untuk pihak tertentu. Melainkan sesuatu yang lebih dekat dengan masyarakat yakni diri mereka sendiri.

"Satir di sini tidak bermaksud mendiskreditkan siapa-siapa. Sebetulnya mengkritik diri kita sendiri-sendiri. Kalau saya sih suka dengan hasilnya karena ini bukti keseriusan kita, biar nggak dipikir kita tiap hari cengengesan," terang pria berusia 60 tahun itu.


REKOMENDASI
TRENDING