FILM INDONESIA

Sinopsis Film 'SULTAN AGUNG', Perjuangan Lawan Belanda Korbankan Tahta dan Cinta

Jum'at, 24 Agustus 2018 12:17 Penulis: Tyssa Madelina

Sultan Agung The Movie (Courtesy of Mooryati Soedibyo Pictures)

Kapanlagi.com - Sutradara Hanung Bramantyo kembali membuat film biografi yang rilis di bulan Agustus 2018. Setelah sukses dengan SANG PENCERAH, kali ini Hanung akan mengangkat kisah tentang pahlawan nasional bertajuk SULTAN AGUNG.

Film dengan genre drama kolosal ini akan menampilkan tokoh Sultan Agung yang dikenal ambisius dan pemberani karena keputusannya menyerang VOC di Batavia. Selepas kepergian ayahnya, Panembahan Hanyokrowati, Raden Mas Rangsang yang saat itu masih remaja langsung menyandang gelar Sultan Agung Hanyakrukusuma. Tentu saja ini bukan perkara mudah baginya mengingat di usia yang masih dini, ia sudah harus mengemban tanggung jawab besar.

Sultan Agung yang diperankan oleh Ario Bayu mengalami berbagai pergolakan batin. Cintanya dengan Lembayung (Putri Marino) harus kandas karena ia telah dijodohkan dengan perempuan ningrat yang diperankan oleh Anindya Kusuma Putri. Selain itu, Sultan Agung juga harus bisa menyatukan para adipati di Jawa yang tercerai berai karena politik dan adu domba VOC.

1. Sultan Agung Serang Batavia

Awal mula kepemimpinannya, semua berjalan lancar sampai suatu hari Sultan Agung mengetahui VOC ingkar janji dengan membangun kantor dagang di Batavia. Tanpa pandang bulu, Sultan Agung langsung mengibarkan bendera perang. Ia berjuang hingga titik darah penghabisan dan menghadapi berbagai pengkhianatan saat bertarung.

Demi memberantas VOC, ia tidak peduli jika harus menyeberang ke tanah Sunda dan Batavia yang jauhnya ribuan kilometer. Misinya saat itu sangat sederhana, yakni meruntuhkan benteng VOC dan membunuh Presiden VOC saat itu, Jan Pieterszoon Coen. Lantas bisakah ia memenuhi ambisinya?

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah Sultan Agung dan perjuangannya membebaskan Batavia dari cengkraman penjajah Belanda, film SULTAN AGUNG sudah bisa ditonton di bioskop kesayangan mulai tanggal 23 Agustus 2018. So, jangan sampai ketinggalan ya!

2. Sejarah Singkat Sultan Agung

Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma atau yang lebih dikenal sebagai Sultan Agung (1613 - 1645), adalah raja Mataram yang telah diangkat menjadi Pahlawan Nasional. Di bawah kekuasaannya, Mataram menjadi salah satu kerajaan terbesar di Jawa, hingga Nusantara saat itu.

Di masa kepemimpinannya, Belanda dengan pusat dagang VOC telah masuk ke wilayah Indonesia. Sang sultan sempat diajak kerja sama oleh Belanda. Ia sempat menolak, tapi akhirnya pernah bekerja sama hingga akhirnya Belanda dianggap melakukan kecurangan. Sultan Agung juga yang membangun makam kerajaan untuk raja-raja Jawa, Imogiri. Pada 1645, merasa ajalnya telah dekat, Sultan Agung membangun pusat pemakaman Kesultanan Mataram.

3. Mengapa Kisah Ini Difilmkan?

SULTAN AGUNG digarap tidak semata untuk tontonan saja. Lewat film ini diharapkan nilai-nilai perjuangan yang tertuang di dalam kisah Sultan Agung tersampaikan kepada penonton.

Dari official trailernya yang sudah dirilis, SULTAN AGUNG bakal secara kronologis menceritakan masa remaja Sultan Agung, kedekatannya dengan sosok perempuan dalam hidupnya, hingga ia naik tahta dan harus memimpin perang demi rakyat.


REKOMENDASI
TRENDING