FILM INDONESIA

Wiro Sableng: Melirik Popularitas Sang Pendekar Cengar-Cengir

Kamis, 23 Agustus 2018 15:35 Penulis: Natanael Sepaya

Vino G Bastian - Wiro Sableng © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Tony Stark boleh saja memiliki popularitas teratas dalam Marvel Universe, namun hal yang sama pun berlaku dalam dunia Wiro Sableng. Hal menarik ini muncul saat membongkar kembali ingatan yang tersimpan rapih dalam memori kolektif tentang karakter fiksi ciptaan Bastian Tito dalam novelnya. Meski secara pribadi saya lebih mengenal serial TV dibanding bukunya.

Jangankan kajian sastra yang dibahas saat berada di bangku perkuliahan, semasa sekolah dasar pun saya tidak pernah dikenalkan atau bahkan tahu jika Wiro Sableng adalah sosok pendekar sakti buatan Bastian Tito. Lagipula sekarang ini, seberapa banyak sih orang yang mau mengkaji Wiro Sableng dalam koridor sastra dan akademik?

Juga tetap tidak bisa dipungkiri kalau di pertengahan era 90an terjadi invasi sederet film bela diri luar negeri yang pada saat itu saya rasa jauh lebih menarik. Ini belum ditambah dengan kehadiran komik-komik Jepang yang menyajikan ilmu bela diri selain silat. Namun Bastian Tito memang seorang jenius yang mengandalkan lebih dari sekedar imajinasi saja.


REKOMENDASI
TRENDING