FILM INTERNASIONAL

5 Film Live-Action Disney yang Punya Penghasilan Super Besar

Fitrah Ardiyanti  |  Jum'at, 17 Maret 2017 17:05

5 Film Live-Action Disney yang Punya Penghasilan Super Besar

Kapanlagi.com - BEAUTY AND THE BEAST sudah bisa kalian nikmati mulai hari ini, Jumat 17 Februari 2017 di bioskop kesayanganmu. Film berformat live action ini diadaptasi dari dongeng legendaris, A Tale as Old as Time yang juga pernah difilmkan dalam format animasi pada tahun 1991. Kesuksesan filmnya menginspirasi Disney untuk membuat versi live actionnya yang dibintangi oleh Emma Watson, Dan Stevens, Luke Evans dan banyak bintang besar lainnya. 

"Disney semakin gencar menggarap film-film berformat live action. Kali ini giliran kisah BEAUTY AND THE BEAST yang membuat banyak orang penasaran. Dengan memasang Emma Watson sebagai karakter utama, bukan tidak mungkin BEAUTY AND THE BEAST akan menyusul kesuksesan film-film live action Disney yang lain," ungkap Sudhir Syal, Co-Founder & Director BookMyShow Indonesia.

Sejak 2010 lalu, Disney mengawali live-actionnya dengan kehadiran Mia Wasikowska yang bermain dalam ALICE IN WONDERLAND. 2015 lalu, Disney juga menggebrak lewat dongeng indah CINDERELLA yang memasangkan Lily James dengan Richard Madden. Lalu, apa saja sih film live-action Disney yang super laris selama 7 tahun belakangan?

5 film live-action terlaris Disney/©Book My Show5 film live-action terlaris Disney/©Book My Show


1. ALICE IN WONDERLAND (2010)
Pendapatan kotor: Rp 13 triliun
Sejauh ini film ALICE IN WONDERLAND berhasil menjadi film live action Disney tersukses yang pernah dibuat. Film yang dibintangi Mia Wasikowska, Anne Hathaway, Helena Bonham-Carter dan Johnny Depp ini berhasil mengantongi pendapatan sebesar Rp 13 triliun. Keuntungan film yang rilis di tahun 2010 tersebut ditaksir bernilai hampir 7 kali lipat dari biaya produksi filmnya.
Thank to sutradara Tim Burton yang berhasil mengubah petualangan Alice di negeri Wonderland jadi lebih hidup dan sedikit gothic. Film ini mendapat 3 nominasi Oscar 2010 dan memenangkan 2 penghargaan yaitu Best Art Direction dan Best Costume Design. 

ALICE IN WONDERLAND/©impawards.comALICE IN WONDERLAND/©impawards.com


2. THE JUNGLE BOOK (2016)
Pendapatan kotor: Rp 12 triliun
Film THE JUNGLE BOOK menyusul di posisi kedua dalam daftar film live action Disney terlaris. Film yang diadaptasi dari dongeng karangan Rudyard Kipling itu berhasil mengumpulkan pendapatan fantastis hingga Rp 12 triliun. Bersaing tipis dengan Alice, keuntungan THE JUNGLE BOOK bernilai 6 kali lipat dari biaya produksi filmnya.
Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kerinduan para fans Mowgli yang sudah menantikan 'better version' dari versi animasinya yang dirilis pada tahun 1967. Sebenarnya pada tahun 1994, THE JUNGLE BOOK sudah merilis versi live-actionnya, namun hasilnya kurang memuaskan. Sehingga tahun lalu, mereka beramai-ramai untuk nonton petualangan Mowgli dan hasilnya pun menakjubkan. Sudah nonton?

THE JUNGLE BOOK/©impawards.comTHE JUNGLE BOOK/©impawards.com


3. MALEFICENT (2014)
Pendapatan kotor: Rp 10 triliun
Di posisi ketiga ada film garapan Robert Stromberg yang berjudul Maleficent. Film yang diadaptasi dari dongeng klasik, Sleeping Beauty ini berhasil mengantongi pendapatan sekitar Rp 10 triliun dari penayangan globalnya. Film tersebut dibintangi Angelina Jolie dan Elle Fanning yang menghabiskan biaya produksi sebesar Rp 2 triliun.
MALEFICENT mengisahkan dongeng Putri Tidur dari sisi lain, yaitu sisi penyihir yang mengutuk dirinya. Twist ini pun sukses mencuri hati para penonton yang berlinang air mata.

MALEFICENT/©impawards.comMALEFICENT/©impawards.com

4. CINDERELLA (2015)
Pendapatan kotor: Rp 7 triliun
Selanjutnya ada film CINDERELLA yang masuk di posisi keempat dalam daftar film live action Disney terlaris. Film yang diadaptasi dari dongeng klasik Cinderella itu sukses meraih pendapatan sebesar Rp 7 triliun dengan budget produksi sebesar Rp 1 triliun. Film berformat live action ini dibintangi oleh Cate Blanchett, Lily James, dan Richard Madden.
Mimpi kita menyaksikan keindahan gaun Cinderella pun terwujud. Lewat efek CGI yang menawan, kita dibuat tak berkedip mengikuti jalan cerita yang pastinya kita sudah hafal di luar kepala. Endingnya? Tetap tidak terduga!

CINDERELLA/©impawards.comCINDERELLA/©impawards.com


5. ALICE THROUGH THE LOOKING GLASS (2016)
Pendapatan kotor: Rp 4 triliun
ALICE THROUGH THE LOOKING GLASS semakin mengukuhkan eksistensi Disney dalam menggarap film-film fantasy berformat live action. Meski tidak sesukses film pertamanya, namun sekuel film ALICE IN WONDERLAND ini setidaknya berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 4 triliun. Dengan raihan pendapatan tersebut, keuntungan film ini ditaksir bernilai 2 kali lipat dari biaya produksi filmnya. Semoga saja BEAUTY AND THE BEAST bisa mendapatkan pendapatan yang bisa melampaui rekor 5 film ini ya. Kapan kalian mau nonton kisah Belle dan The Beast?

ALICE THROUGH THE LOOKING GLASS/©impawards.comALICE THROUGH THE LOOKING GLASS/©impawards.com

Jangan Lewatkan

Ada Gay Scene di 'BEAUTY AND THE BEAST'? Ini Kata Giring Nidji

Bocoran Terbaru Seputar 'FROZEN 2', Ada Duet Elsa dan Anna?

Trailer Terakhir 'BEAUTY & THE BEAST', Lebih Panjang dan Magical

Kamu Wajib Tahu! Ternyata Anna, Elsa, & Tarzan Bersaudara Betulan

Mirip Nama Bintang Porno, Judul Film 'MOANA' di Italia Diganti

(bms/tch)

Rekomendasi Pilihan





Lihat Arsip Film Internasional

- - -