FILM INTERNASIONAL

15 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris, Cocok untuk Latihan Grammar - Listening

Selasa, 26 Juli 2022 12:33 Penulis: Dhia Amira

Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Ada banyak sekali cara untuk belajar bahasa, terutama bahasa Inggris. Tidak harus dengan hal membosankan kok KLovers. Kalian bisa belajar bahasa Inggris salah satunya dengan menonton film. Ya, ada banyak sekali rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris, terutama bagi KLovers yang pemula.

Jangan khawatir bila film membosankan ya KLovers. Nyatanya, kalian bisa mempelajari bahasa Inggris dengan mudah di berbagai jenis film keren. Ada yang bisa membantu kalian belajar bahasa Inggris dengan grammar hingga listening. Bahkan genre dalam film-film ini begitu seru dan juga menegangkan loh.

Nah, kira-kira apa saja ya rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 15 rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris dari grammar hingga listening. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. TOY STORY

Rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang pertama yaitu ada film berjudul TOY STORY. Bagi KLovers, yang baru mempelajari bahasa Inggris, maka film TOY STORY adalah film yang cocok untuk belajar listening. Film untuk anak-anak ini juga cocok ditonton untuk usia dewasa loh.

Hal ini karena banyak pesan moral yang terdapat di dalamnya. Film keluaran Disney ini menggunakan banyak kosakata yang simpel. Jadi bagi KLovers yang baru belajar bahasa Inggris bisa mulai menghafal kosakata dari serial film Toy Story. Dan menjadi salah rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang baik.

2. CAST AWAY

Kemudian, rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang selanjutnya ada CAST AWAY. Ya, film keluaran Twentieth Century Fox yang dibintangi oleh Tom Hanks ini menceritakan perjuangan Tom Hanks, seorang analis yang selamat dari kecelakaan pesawat.

Akan tetapi ia terjebak di sebuah pulau yang tak berpenghuni. Kesendirian ini membuat Tom harus bicara sendiri, menulis di batu, untuk mengusir kesepiannya. Buat kalian yang masih bingung membedakan pronunciation, maka film ini bisa jadi materi listening yang bagus untuk kalian loh.

Hal ini karena, film CAST AWAY hanya dibintangi oleh satu aktor saja, jadi kalian bisa belajar dari monolog-monolog yang ada di film. Sehingga film CAST AWAY ini harus masuk dalam daftar rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris kalian.

3. JURASSIC PARK

Belajar film tidak harus membosankan ya KLovers, nyatanya kalian bisa memilih film JURASSIC PARK sebagai salah satu rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris. Selain menikmati efek canggih dan cerita yang menegangkan, kalian juga bisa belajar banyak istilah bahasa Inggris melalui film ini. Pasalnya, akan ada banyak istilah-istilah arkeologi dan biologi di dalamnya. Dijamin deh kalian tidak akan menyesal telah menonton film dan belajar bahasa Inggris dari film ini.

4. MEN IN BLACK

Tidak hanya JURASSIC PARK saja, MEN IN BLACK juga bisa loh menjadi salah satu rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang tidak membosankan. Film action comedy yang diperankan oleh Will Smith ini dijamin deh bisa menghibur hingga membantu kalian dalam belajar bahasa Inggris.

Untuk kalian yang ingin belajar bahasa Inggris, film ini bisa membantu kalian membiasakan diri dengan listening. Will Smith sang tokoh utama dalam film MEN IN BLACK memiliki pronunciation bahasa Inggris yang sangat jelas. Jadi kalian tidak akan kesulitan mengikuti cerita, bahkan tanpa menggunakan subtitle.

5. THE WIZARD OF OZ

Memang sangat sulit saat ini mencari film saat ini dengan grammar. Sehingga, bagi KLovers yang ingin belajar bahasa Inggris dengan grammar, maka bisa menonton film THE WIZARD OF OZ. Ya, salah satu film klasik tahun 1939 ini paling recommended karena bisa membantu kalian belajar grammar melalui lagu-lagu yang ada di dalamnya.

6. THE HUNGER GAME

Rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang lainnya ada THE HUNGER GAME. Film dengan tema fantasi ini memang sangat menarik perhatian. Film ini menceritakan belasan pemuda yang harus saling membunuh jika ingin memerdekakan distriknya.

Mereka ditempatkan dalam satu area yang penuh dengan hewan dan tumbuhan berbahaya. Dan hanya satu orang saja yang bertahan hidup yang bisa menjadi juara. Dalam film THE HUNGER GAME ini ada banyak istilah dunia militer yang digunakan dalam trilogi film fantasi ini.

Selain itu meski fantasi, film ini menitikberatkan pada konflik percintaan dan juga politik, sehingga tidak akan membosankan. Kalian bisa deh memilih film THE HUNGER GAME sebagai salah satu rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris.

7. FINDING NEMO

Tidak hanya TOY STORY saja, ada pula FINDING NEMO yang menjadi film ringan sebagai salah satu rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris. Istilah yang digunakan dalam film ini tidak terlalu rumit, sehingga cocok banget deh untuk orang-orang yang baru saja mempelajari bahasa Inggris.

Selain itu karena settingnya di bawah laut, di film FINDING NEMO ini kalian bisa belajar banyak istilah-istilah kelautan. Mulai dari macam-macam ikan hingga benda yang hanya ada di bawah laut. Jadi film ini sangat cocok ditonton bersama keluarga di rumah.

8. HARRY POTTER

Dan rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang terakhir ada HARRY POTTER. Ya, film ini adalah seri film yang menceritakan kisah seorang penyihir bernama Harry Potter dan teman-temannya yang harus bertarung melawan penyihir jahat bernama Lord Voldemort.

Dalam film HARRY POTTER ini hampir seluruh aktornya berkebangsaan Inggris asli. Jadi dengan menonton film ini, kalian bisa belajar mendengarkan logat Inggris asli dan kalian bisa mempelajari bahasa Inggris British.

9. THE KING'S SPEECH

Rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris lainnya ada film berjudul THE KING'S SPEECH. Film yang tayang pada tahun 2010 ini menceritakan perjuangan Raja George yang melawan keterbatasannya dalam berbicara. Setelah sang ayah wafat, seharusnya sang kakak yang menjadi seorang raja.

Namun, Pangeran Albert yang merupakan anak kedua dari Raja George V naik tahta menjadi seorang raja pada saat ayahnya wafat. Film THE KING'S SPEECH ini akan mengajarkan kalian bagaimana belajar bahasa Inggris British. Sehingga, cocok banget untuk KLovers yang saat ini masih memulai belajar bahasa Inggris, terutama British.

10. TO ALL THE BOYS I'VE LOVED BEFORE

Kalian mencari sebuah film yang menceritakan kisah tentang anak muda, maka TO ALL THE BOYS I'VE LOVED BEFORE ini bisa jadi pilihan. Film remaja ini menarik dimasukkan daftar rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris karena selain ringan, film ini juga menggunakan bahasa sehari-hari.

Kalian akan lebih mudah belajar bahasa Inggris lewat percakapan sehari-harinya. Bahasa slang yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari juga banyak ditemukan dalam film ini. Ini tentu akan memudahkan kamu belajar daily conversation. Dan mempermudah KLovers untuk memahami bahasa Inggris yang informal.

11. NOTTING HILL

Kemudian rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang selanjutnya yaitu, ada film berjudul NOTTING HILL. Film yang tayang pada tahun 1999 ini menceritakan tentang seorang aktris terkenal Amerika tak sengaja bertemu penjual buku menarik saat pergi ke Inggris. Pertemuan mereka ini pun menjadi sebuah cinta.

Film NOTTING HILL ini akan membantu kalian dalam memahami perbedaan aksen bahasa Inggris British dan Amerika. Sehingga, akan cocok banget ini jadi salah satu rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris untuk kalian yang sedang belajar.

12. MY FAIR LADY

Tidak hanya film THE WIZARD OF OZ saja, film MY FAIR LADY ini juga bisa jadi pilihan KLovers sebagai salah satu rekomendasi film bahasa Inggris British untuk belajar. Film ini bercerita tentang gadis miskin penjaja bunga bernama Eliza Doolittle yang kebetulan bertemu Henry Higgins.

Ia merupakan seorang profesor fonetik yang congkak, yang sesumbar berani bertaruh kalau ia sanggup mendidik si gadis penjaja bunga dari kalangan buruh itu sampai fasih berbudi bahasa Inggris dengan baik dan benar, sehingga tidak canggung bertatap muka dengan orang-orang kalangan atas kota London era Edward.

Film ini akan mengajarkan kalian bagaimana grammar untuk bahasa Inggris British. Dan bagaimana percakapan formal yang digunakan dalam bahasa Inggris British. Sehingga film MY FAIR LADY ini akan sangat cocok banget sebagai salah satu rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris untuk belajar kalian.

13. THE SOUND OF MUSIC

Kemudian ada pula drama musical lainnya yang bisa menjadi sebuah rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris bagi kalian. Ya, film The Sound Of Music ini bisa menjadi salah satunya. Cerita dalam film ini juga sederhana kok KLovers.

Film THE SOUND OF MUSIC ini bercerita tentang seorang pembantu yang dikirim untuk mengurus anak-anak seorang kapten yang berjumlah tujuh orang. Cerita dalam THE SOUND OF MUSIC ini akan memiliki akhir yang bahagia loh KLovers.

Selain memiliki akhir yang bisa membuat kita merasakan kebahagiaan, film THE SOUND OF MUSIC ini juga menggunakan bahasa formal dengan artikulasi yang baik. Sehingga ini akan sangat membantu KLovers yang sedang belajar grammar dalam bahasa Inggris.

14. THE CHRONICLES OF NARNIA

Sama seperti film HARRY POTTER, film THE CHRONICLES OF NARNIA ini juga merupakan film fantasy yang mengambil kisah tentang kerajaan. Dikisahkan empat bersaudara memulai perjalanan petualangan ke Narnia.

Sebuah negeri dongeng dimana mereka harus memerangi para penjahat keji yang berniat mencegah sang Pangeran menduduki tahta kerajaan. Dalam film ini, kalian akan bisa belajar bagaimana aksen British serta mendengar ucapan apa saja yang mereka ucapkan.

Film THE CHRONICLES OF NARNIA ini juga menjadi seri film, sejak tahun 2005 hingga 2010. Sehingga, cocok banget untuk belajar sekaligus hiburan agar tidak bosan belajar bahasa Inggris British.

15. FORREST GUMP

Film komedi drama yang diangkat dari novel berjudul sama karya Winston Groom ini bercerita tentang seorang laki-laki yang kurang cerdas tetapi berhati mulia. Meskipun kurang cerdas, ia sangat beruntung. Ia melewati banyak sejarah penting di abad ke-20 seperti, bertemu Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dan Richard Nixon.

Bertemu Elvis Presley dan mendapatkan penghargaan dari presiden Amerika Serikat. Ia pun berhasil masuk universitas melalui beasiswa pemain American Football, menjadi tentara yang mengikuti perang di Vietnam dan selamat, menjadi atlet tenis meja, hingga akhirnya ia menjadi seorang pengusaha kaya.

Film yang seperti autobiografi ini akan membantu KLovers dalam mempelajari bahasa Inggris dengan baik. Karena, pemeran utama dalam film ini memiliki kekurangan, hingga membuatnya berbicara dengan perlahan. Ini akan membantu KLovers memahami sebuah kata-kata yang mungkin cukup asing.

Itulah beberapa rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang bisa jadi pilihan KLovers. Ada banyak tema yang bisa KLovers pilih, ada yang memiliki cerita ringan hingga berat dan menegangkan.

REKOMENDASI
TRENDING