AVENGERS INFINITY WAR, Demi Hadapi Thanos Superhero Bertransformasi dan Naik Level

Kamis, 26 April 2018 16:16 Penulis: Mahardi Eka
AVENGERS INFINITY WAR, Demi Hadapi Thanos Superhero Bertransformasi dan Naik Level Marvel Studios

Kapanlagi.com - INFINITY WAR is happening. Para Avengers yang disebut-sebut sebagai pahlawan-pahlawan terkuat di Bumi pasang badan untuk menghadang Thanos dan pasukan aliennya. Avengers pernah menggagalkan rencana Loki (Tom Hiddleston) dan menghancurkan Ultron (James Spader) sebelumnya, tentu tidak sulit menghadang Thanos (Josh Brolin). Nyatanya tidak.

Musuh Avengers kali ini boleh diibaratkan sebagai Boss Level Hard dalam sebuah permainan video game. Kalau Klovers mengikuti setiap film dalam Marvel Cinematic Universe (MCU), Thanos diketahui sebagai sosok sekutu Loki dalam film AVENGERS yang pertama. Scepter (tongkat) yang dipakai sebagai senjata oleh Loki adalah pinjaman dari Thanos. Belum lagi penampilan fisiknya yang mirip raksasa dan kekuatan kosmisnya membuat Hulk seakan tidak ada apa-apanya.

Siapa Thanos?

Thanos pertama kali muncul wajah dalam MCU di post credit THE AVENGERS. Di film tersebut, Thanos diceritakan sebagai bos dari beberapa tokoh jahat, sebut saja Loki dan juga Ronan (Lee Pace)  (dalam film GUARDIAN OF THE GALAXY). Ia ibarat bos mafia yang tidak perlu turun tangan langsung melainkan memerintah para anak buah. 

Thanos berdarah Eternal, ras yang diceritakan hidup di Titan, bulan yang mengorbit di planet Saturnus. Para Eternal adalah hasil eksperimen Celestial (dewanya semesta Marvel) yang punya keunggulan fisik jauh melebihi manusia di Bumi dan mereka adalah makhluk abadi, yang tak akan mati dengan cara alami, kecuali jika mereka terbunuh. Thanos adalah salah satu dari para Eternal. Namun, ia lahir dengan anomali penampilan fisik yang membuatnya terlihat seperti raksasa berkulit ungu.

Thanos diperankan oleh Josh Brolin. (Marvel Studios) Thanos diperankan oleh Josh Brolin. (Marvel Studios)



Sejarah kelam dirinya serta pergumulannya menjadi makhluk abadi menjadikan Thanos berambisi menghancurkan setengah dari seisi penghuni jagad raya. Bukan hal mustahil baginya dengan adanya Infinity Gauntlet yang menampung keenam kekuatan dahsyat Infinity Stone.

Mulanya, Thanos memiliki satu Infinity Stone, yakni Mind Stone yang dipinjamkan kepada Loki dan diletakkan di ujung Scepter yang dibawanya. Ia pun memerintahkan Loki mengambil Space Stone dalam wujud Tesseract (tonton THE AVENGERS). Di tempat berbeda, Thanos pun meminta Ronan mengambil Power Stone dari tangan Guardians of the Galaxy (tonton GUARDIANS OF GALAXY VOL 1). Rencana tersebut nyatanya gagal dan Thanos harus kehilangan Infinity Stone miliknya. “Aku akan tangani sendiri,” ujar Thanos dalam credit AVENGERS: AGE OF ULTRON. Bersama dengan Black Order, Thanos menuju ke Bumi untuk mengambil kembali miliknya serta mencari Infinity Stone yang lain.

Itu berarti satu hal. Alarm tanda bahaya untuk para Avengers perlu dibunyikan.

Avengers Pasca CIVIL WAR

Dengan ancaman sebesar Thanos yang sedang menuju ke Bumi, para Avengers justru sedang tidak siap menghadapinya. Tim superhero yang terdiri atas Iron Man (Robert Downey Jr), Captain America (Chris Evans), Black Widow (Scarlett Johansson), Hulk (Mark Ruffalo), Thor (Chris Hemsworth), Vision (Paul Bettany), Hawkeye (Jeremy Renner), Scarlet Witch (Elizabeth Olsen), Falcon (Anthony Mackie -) dan War Machine (Don Cheadle) sedang berselisih paham dan memutuskan untuk mengambil jalan masing-masing. 

Iron Man sedang asyik menjadi mentor Spider-Man (Tom Holland) yang ia temukan di Queens, New York. Thor tidak sengaja bertemu dengan Hulk di planet Saakar dalam THOR RAGNAROK. Keduanya menjadi eksil di sana. Black Widow pun tak ketahuan memihak siapa setelah ‘mengkhianati’ Team Iron Man di CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR. Sementara Captain America, Falcon, dan Hawkeye tidak diketahui keberadaannya setelah memutuskan jadi buron pemerintah di CIVIL WAR. Para Avengers tidak sedang dalam kondisi prima jika kemudian Thanos tiba di Bumi. Lantas?

Untungnya para Avengers punya kawan-kawan baru yang juga sama-sama “superhero” untuk mengingatkan mereka tentang bahaya yang sedang mendatangi mereka. Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) yang sebelumnya menghantarkan Thor untuk bertemu dengan Odin, sang ayah, di alam baka, kini bertemu dengan Hulk dan memberi peringatan kepada Iron Man. Strange yang menjaga pertahanan mistis Bumi tentu juga menyadari bahaya yang datang dari Thanos dan kawan-kawan.

Di lain tempat, kita pun dibuat bertanya-tanya dengan pertemuan Thor yang terdampar di luar angkasa dengan para Guardians of the Galaxy: Star Lord (Chris Pratt), Gamora (Zoe Saldana), Mantis (Pom Klementieff), Rocket Racoon (Bradley Cooper), Drax (Batista), dan Groot (Vin Diesel). Dalam ending THOR RAGNAROK, Thor memimpin rakyat Asgard dengan kapal luar angkasa untuk mencari planet sebagai hunian baru. Mengingat Asgard sudah hancur menjadi debu angkasa.

Terlepas dari pertanyaan itu, Thor dan para Guardians sama-sama tahu seperti apa bahayanya Thanos dan Infinity Gauntletnya, karena sebelumnya mereka bersinggungan dengan Infinity Stone seperti Aether (Thor) dan juga Orb (Guardians of the Galaxy).

Avengers boleh saja masih perang dingin satu dengan yang lainnya, tapi ketika tahu bahwa Bumi sedang dalam bahaya besar, mau tidak mau mereka perlu berpadu untuk menyelamatkan planet mereka ini.

Demi Hadapi Thanos

Tanpa bermaksud spoiler, seperti yang diketahui dari trailer yang sudah beredar, Thanos berhasil memiliki dua Infinity Stone, yakni Space Stone dan Power Stone. Apakah mungkin Thanos berhasil merebutnya dari pasukan Nova Corps di planet Xandar (tonton GUARDIANS OF THE GALAXY) dan juga merebutnya dari tangan Loki? Apa pun itu, keberhasilan Thanos mendapatkan dua Infinity Stone itu sudah cukup untuk membuat para superhero was-was. Selain perlu bersatu kembali, Avengers butuh amunisi serta strategi baru.

Pasca CIVIL WAR, masing-masing anggota Avengers sibuk mengupgrade diri. Iron Man yang kita tahu selalu tampil dengan zirah berteknologi baru kini hadir dengan zirah “Bleeding Edge” yang punya teknologi nano. Tony Stark bisa lebih luwes lagi berganti kostum tanpa harus susah payah menunggu perangkat zirahnya terbang dari satu tempat atau menyimpannya dalam koper. Teknologi nano seperti ini juga sudah kita tonton dalam kostum T’Challa aka Black Panther. Mengikuti jejak mentornya, Spider-Man pun tak mau kalah. Ia juga mengenakan kostum baru. Masih didominasi warna merah, biru, dan hitam, tapi kali ini kostumnya terlihat lebih metalik. Dalam trailernya, Spidey bakal melakoni salah satu misi khusus ke luar angkasa. WOW!

Lain lagi dengan Thor. Ia memang kehilangan palu kesayangannya, Mjolnir dan sebelah matanya, tapi ia mampu menciptakan petir serta menembakannya dari tubuhnya sendiri. Perubahan ini dicapainya setelah ia melalui proses katarsis kepada ayahnya di THOR RAGNAROK. Thor sejak semula sudah maha kuat karena ia adalah titisan dewa Asgard, tapi untuk menghadapi Thanos yang juga keturunan Eternal, Thor bakal perlu mempersenjatai lebih dirinya. Dari beberapa fan theory, Thor bakal mendapat senjata baru yang diberi nama Stormbreaker dalam INFINITY WAR ini. Jangan ditanya senjata apa itu Stormbreaker, benar tidaknya pun harus kalian buktikan sendiri lewat filmnya.

Tak hanya dari sisi persenjataan, beberapa dari para Avengers juga memilih untuk mengganti penampilan mereka. Captain America dan Black Widow benar-benar tampil berbeda dalam INFINITY WAR. Cap hadir dengan jambang lebatnya sementara Black Widow tampil dengan rambut icy blondenya. Keduanya memilih demikian karena memang sekarang mereka beroperasi secara gerilya tanpa embel-embel Avengers. Lantas apakah hanya karena Cap tak punya alat cukur dan Black Widow tak sempat ke salon dengan kondisi mereka sebagai buron? Tentu tidak. Nanti bakal kalian tonton sendiri dalam filmnya.

Amunisi terkuat para Avengers bisa jadi terletak pada Doctor Strange dan Vision yang keduanya memiliki Infinity Stone. Vision lahir dari upaya Ultron meletakkan Mind Stone dalam tubuh sintetisnya. Alih-alih berhasil, tubuh sintetisnya tersebut menjadi entitas sendiri sebagai Vision. Mind Stone yang semula ada di Scepter Loki tersebut kini berada di dahi Vision sepanjang waktu (tonton AVENGERS: AGE OF ULTRON). Sementara Doctor Strange berhasil menguasai teknik sihir kuno untuk menggunakan liontin Eye of Agamotto yang mampu memutar balik aliran waktu sesuka hati. Jika Thanos punya dua Infinity Stone, Avengers pun punya dua di sisi mereka. Namun tunggu dulu, keberadaan Infinity Stone di kubu Avengers ini bisa jadi senjata makan tuan, karena berarti Thanos dan pasukannya akan menyerang di mana pun Vision dan Doctor Stranger berada.

Di manakah kemudian tempat teraman untuk menyembunyikan Infinity Stone dari Thanos? Salah satu yang bisa ditebak adalah Wakanda. Negara di Afrika Selatan dengan teknologi vibranium super canggih dan punya pertahanan paling kuat dari antara negara-negara di dunia. Black Panther yang sebelumnya mau memberikan suaka kepada Bucky tentu tidak akan berpikir dua kali untuk membantu Avengers (Captain America lebih tepatnya) kembali. Ke Wakanda lah nantinya para Avengers memilih tempat untuk menyambut Thanos dan pasukannya.

Dua puluh dua superhero akan bersama-sama melawan Thanos dalam INFINITY WAR nanti. Masing-masing memiliki kekuatan, keunikan, dan keunggulannya tersendiri. Seperti apa transformasi dan juga upaya menaikkan level kekuatan mereka? Kami punya data selengkapnya dalam video di bawah.

Perlu diketahui bahwa duo sutradara Anthony dan Joe Russo juga memberi porsi lebih kepada sosok Thanos selain kepada 22 superhero yang ada dalam filmnya. Thanos bukan sekadar musuh yang lewat sekejap lalu bisa dilupakan. Salah satu caranya supaya Thanos terlihat berbeda adalah dengan menggarap penokohannya secara mendalam.

"Dia (Thanos) memang punya misi mengerikan dalam pikirannya. Dia bisa dengan mudah menghukum siapa pun yang tidak sepakat dengannya. Tapi kita akan membuatnya ‘bisa dimengerti’ oleh penonton. Ya, tidak mudah membuat sosok musuh yang kemudian membuat penonton jadi mengerti dan kemudian berempati kepadanya,” ujar Anthony Russo kepada Newsweek dalam sebuah wawancara. Thanos digambarkan sebagai tokoh berbahaya yang karismatik, keji, dan sekaligus sosok ayah dari Gamora dan Nebula yang sudah kita kenal lewat Guardian of the Galaxy.

Apakah nanti kalian justru akan jatuh bersimpati atau gregetan setengah mati kepada Thanos? Lalu, apakah 22 superhero yang menghadang seorang Thanos mampu menyelamatkan Infinity Stone? Well, filmnya kini sedang tayang. Buruan merapat ke bioskop kesayangan!


 

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING