Chin Han, Sosok 'Hero' dalam SKYSCRAPER Selain Dwayne Johnson

Selasa, 24 Juli 2018 15:46 Penulis: Mahardi Eka
Chin Han, Sosok 'Hero' dalam SKYSCRAPER Selain Dwayne Johnson Universal Pictures

Kapanlagi.com - Dwayne 'The Rock' Johnson boleh saja menjadi sosok heroik yang ada dalam film SKYSCRAPER. Namun, jika diperhatikan sosok Zhao Long Ji yang diperankan Chin Han tidak kalah menarik diamati. Bahkan jika boleh, ia pantas disebut 'hero' juga dalam kisah dalam filmnya.

KapanLagi berkesempatan mewawancarai Chin Han di The Ritz Carlton Hong Kong dalam rangkaian press junket SKYCRAPER. Salah satu topik obrolan kami adalah tokoh Zhao Long Ji yang diperankannya dalam film ini. Diungkap Chin Han, Zhao adalah seorang miliuner visioner yang tumbuh besar di sebuah desa di China. Ia tumbuh dengan menyadari bahwa ia memiliki bakat dalam teknologi informasi. Ia mampu merancang coding untuk program-program komputer.

"Dari situ ia mengembangkan diri dan membuat sebuah maha-proyek yang adalah kombinasi dari pemrograman dan juga pembangunan yaitu The Pearl," ujar Chin Han. The Pearl adalah nama gedung pencakar langit yang menjadi setting cerita dalam SKYSCRAPER. The Pearl adalah perwujudan mimpi Zhao untuk menciptakan dunia baru yang mampu menjadi sumber daya juga.

The Pearl, gedung pencakar langit tertinggi Hong Kong dalam film SKYSCRAPER. (Universal Pictures)The Pearl, gedung pencakar langit tertinggi Hong Kong dalam film SKYSCRAPER. (Universal Pictures)


"Gedung tersebut juga harus bisa memenuhi kebutuhannya sendiri makanya ada turbin angin dan juga panel surya di situ. Jadi, Zhao bisa membuat lingkungan tempat tinggal yang lengkap bagi manusia," tambahnya. Namun dalam upayanya membangun "mimpi" tersebut, Zhao menempuh risiko yang tidak sedikit yang bisa saja merenggut nyawanya.

Penokohan yang semacam ini lah yang membuat Chin Han mau memerankannya. Disebutnya, Zhao adalah sosok yang misterius. "Tokoh ini juga kompleks, di satu sisi ia ingin menciptakan dunia yang lebih baik bagi semuanya, tapi di sisi lain ia juga tidak seperti yang diharapkan oleh orang-orang. Ia juga berurusan dengan orang yang salah.  Dia bisa terlihat baik kepada semua orang, dia juga bisa menjadi seseorang yang tidak kenal takut untuk menggunakan kekuasaannya. Aku rasa ini yang menyenangkan saat memerankannya," paparnya.

Zhao dikisahkan sebagai tokoh yang misterius. Zhao dikisahkan sebagai tokoh yang misterius.

Sosok Hero yang Tidak Kentara

Chin Han juga melihat ada persamaan antara tokoh Zhao dengan tokoh Will Sawyer (diperankan oleh The Rock) meski keduanya digambarkan bertolak belakang. Zhao adalah milyuner yang punya gedung pencakar langit tertinggi di Hong Kong, sementara Will Sawyer adalah pensiunan FBI yang kini bekerja untuk Zhao. "Aku melihat bahwa kedua tokoh ini (Zhao dan Will) datang dari latar belakang yang hampir mirip. Kita sama-sama harus berjuang keras menghadapi tantangan untuk bisa sampai di tempat kita berada. Zhao berjuang keras untuk bisa menjadi miliuner seperti sekarang, begitu pula dengan Will yang harus menghadapi disabilitasnya dan berjuang untuk kebahagiaan keluarganya," terang Chin Han.

Dalam kisahnya, Will menganggap keluarganya adalah yang paling utama. Sementara bagi Zhao, The Pearl adalah keluarganya. "Mereka kedua di saat bersama sangat mirip tapi juga berbeda. Pada akhirnya keduanya berusaha menyelamatkan keluarganya, menyelamatkan 'bayinya', yakni The Pearl," ujarnya.

Bagi Zhao, The Pearl adalah bayi kesayangannya. Bagi Zhao, The Pearl adalah bayi kesayangannya.

Di samping penokohan yang kompleks, Chin Han juga melatih fisiknya demi peran menjadi Zhao. Ia banyak melakukan adegan berlari, berlatih memegang pistol yang benar, dan juga menembak. Ia juga berlatih koreografi bertarung. Chin Han juga harus beradaptasi dengan penempatan kamera karena seperti yang KLovers tahu, SKYSCRAPER menggunakan efek visual untuk memoles setiap adegan-adegannya.

"Ada banyak kamera di sekelilingmu. Tidak hanya kamera utama, tapi juga kamera khusus efek visual. Kamu harus hati-hati ke mana kamu melangkah dan bergerak. Ada satu adegan di mana aku harus berlari begitu kencang aku hampir tak bisa melihat kamera dan hampir menabrak kamera tersebut. Nyaris... sampai aku terjingkat dan menghindarinya. Green screen tidak mudah, tapi menyenangkan," ceritanya.

Ke depannya, Chin Han meyakini makin banyak kolaborasi antara para sineas di banyak negara dalam memproduksi film aksi. Dan ia berharap, SKYSCRAPER menjadi salah satu film aksi yang mampu mengkolaborasikan aktor, sineas, dan juga tim produksi dari banyak negara yang tidak hanya menawarkan aksi, tapi juga kisah menyentuh di baliknya.

Simak wawancara Deddy Corbuzier yang juga menemui cast SKYSCRAPER di Hong Kong ini. 

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING