Director Guild Awards Umumkan 5 Sutradara Terbaik Amerika 2013

Rabu, 08 Januari 2014 15:51 Penulis: Mahardi Eka
Director Guild Awards Umumkan 5 Sutradara Terbaik Amerika 2013 dok. istimewa
Kapanlagi.com - Director Guild Awards, menyusul banyak penghargaan lainnya, mengumumkan daftar nominasi sutradara terbaik Amerika Serikat di tahun 2013. Dari lima nama yang disebut, ada Martin Scorsese dan Steve McQueen.

Nama lain yang juga disebut dalam nominasi adalah Alfonso Cuarón, Paul Greengrass dan David O Russell. Satu dari kelimanya akan mendapat gelar Outstanding Directorial Achievement tahun ini dari Directors Guild of America Awards. Siapa yang akan menang nanti baru akan diketahui pada 25 Januari mendatang.

Tiga nama di antara para nominasi yakni Cuarón, Greengrass dan McQueen baru pertama kali mendapat nominasi dalam ajang ini. Ketiganya dianggap menonjol lewat ketiga filmnya tahun lalu, GRAVITY (Cuaron), CAPTAIN PHILLIPS (Paul Greengrass) dan 12 YEARS A SLAVE (McQueen).

Sementara Russell sudah pernah masuk nominasi lewat film THE FIGHTER (2010). Tahun ini ia dinominasikan atas film AMERICAN HUSTLE. Untuk Scorcese sendiri, ia telah 11 kali masuk nominasi. Pada tahun 2003, ia telah menerima penghargaan DGA Lifetime Achievement Award.

Presiden DGA President, Paris Barclay mengatakan bahwa nama-nama yang masuk dalam nominasi dipilih oleh rekan mereka sendiri dalam perkumpulan para sutradara.

"Dipilih oleh rekan sendiri adalah bukti bahwa penghargaan ini benar-benar menjadi bukti kepiawaian para sutradara dalam menggarap karya mereka tahun ini. Visi dan kinerja mereka telah membuat perfilman menjadi sangat berwarna," pungkasnya.

(dig/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING