THE EMPIRE STRIKES BACK Puncaki Box Office Domestik AS Untuk Pertama Kali Dalam Lebih Dari 2 Dekade

Kamis, 16 Juli 2020 16:06 Penulis: Editor KapanLagi.com
THE EMPIRE STRIKES BACK Puncaki Box Office Domestik AS Untuk Pertama Kali Dalam Lebih Dari 2 Dekade Mark Hamill. © 20th Century Fox via IMDB

Kapanlagi.com - Dalam lebih dari dua dekade,  STAR WARS EPISODE V: THE EMPIRE STRIKES BACK bakal menjadi film nomer satu di box office domestic untuk pertama kalinya.

Untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade, STAR WARS EPISODE V: THE EMPIRE STRIKES BACK digadang - gadang akan menjadi film nomor satu di Box Office domestik. Film ini dapat tergolong menduduki peringkat Box Office karena dianggap mampu menyabet banyak keuntungan yang lebih besar daripada biaya produksinya. THE EMPIRE STRIKES BACK merupakan film kedua dalam trilogi STAR WARS dan sering dianggap sebagai salah satu hasil terbaik dalam koleksi film yang ada. Hal ini menampilkan momen ikonik seperti Luke Skywalker  bertemu Yoda untuk pertama kalinya, Han Solo  dan ciuman pertama Leia , dan penjelasan mengejutkan tentang asal usul Luke. THE EMPIRE STRIKES BACK pertama kali dirilis pada 1980. 

Box Office domestik telah mengambil peran besar pada tahun 2020 berkat pandemi corona virus. Dengan adanya penutupan bioskop di seluruh daerah di Amerika Serikat, studio terpaksa memindahkan rilis terbesar mereka ke akhir tahun 2020 ini. Hal ini berarti bahwa selama beberapa bulan, Box Office telah mengalami kendala. Sementara itu dengan dibuka nya bioskop secara bertahap, sebagian dari bioskop-bioskop yang sudah dibuka memutuskan untuk menunjukkan film-film lama sementara sembari menunggu film-film baru yang akan muncul.

Menurut Deadline, THE EMPIRE STRIKES BACK telah melompat ke puncak Box Office untuk pertama kalinya sejak dirilis ulang pada tahun 1997. Sementara total 3 hari resminya belum dihitung, diperkirakan THE EMPIRE STRIKES BACK akan berada di antara Rp 5,9 miliar  dan Rp 7,3 miliar setelah mencapai Rp 2,5 miliar dari 483 lokasi kemarin. Ini membuat total keseluruhan film menjadi Rp 4,2 miliar di dalam negeri. Perlu disebutkan bahwa Disney juga memegang tempat kedua dan ketiga kemarin dengan BLACK PANTHER (Rp 1,6 miliar) dan INSIDE OUT (Rp 1,5 miliar).

Sebagai Blockbuster besar Hollywood berikutnya pada jadwal adalah Warner Bros. TENET yang akan tayang pada 12 Agustus, tergolong ke dalam film Blockbuster karena selalu menggandeng aktor yang sedang naik daun mulai dari John David Washington, Robert Pattinson, sampai Kenneth Branagh. Beberapa minggu yang lalu, JURRASIC PARK mencapai nomor satu di bagan box office, sementara THE INVISIBLE MAN, rilis Februari, seminggu sebelumnya. Dengan kondisi box office domestik 2020 yang sedang dalam keadaan sulit, harapan banyak orang adalah bahwa kedatangan TENET dan MULAN DISNEY dapat membantu mengembalikan hal-hal yang telah terjadi secara normal.

Kemenangan THE EMPIRE STRIKES BACK datang tidak lama setelah rilis 4K film di AS dibatalkan. Disney telah memberikan izin kepada bioskop untuk menunjukkan THE EMPIRE STRIKES BACK secara eksklusif di 4K sebagai cara untuk menarik penonton bioskop untuk kembali ke bioskop, tetapi hal itu dirasa gagal. Film ini masih akan ditayangkan di Inggris, tetapi dalam format reguler.

Penulis: Sahilatus Sa'diyah

 

(kpl/sdy)


REKOMENDASI
TRENDING