Head to Head: 'CHAPPIE' Vs 'ELYSIUM', Siapa Yang Lebih Unggul?

Senin, 09 Maret 2015 15:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Head to Head: 'CHAPPIE' Vs 'ELYSIUM', Siapa Yang Lebih Unggul? ELYSIUM/© Vs CHAPPIE/©Columbia Pictures
Kapanlagi.com - CHAPPIE dan ELYSIUM adalah film yang digarap oleh sutradara Neill Blomkamp. Kedua film ini bercerita tentang masa depan bumi yang semrawut. CHAPPIE yang baru dirilis 5 Maret lalu, bercerita tentang keberadaan robot-robot pengganti polisi di Johannesburg, Afrika selatan.

Robot-robot ini diciptakan untuk menggantikan tugas polisi mengamankan wilayah dari kejahatan dan agar lebih objektif ketika menghadapi sebuah kasus. Namun, masyarakat keberatan dan mulai menyerang balik police droid ini. Termasuk Chappie, yang punya kepribadian seperti anak kecil. Dia satu-satunya robot yang tersisa dan diburu oleh Hugh Jackman dan Sigourney Weaver.

Sedangkan ELYSIUM yang dibintangi Matt Damon dan Jodie Foster, berlatar belakang bumi di tahun 2145. Orang-orang kaya mampu meninggalkan bumi yang sudah rusak parah menuju sebuah satelit bernama Elysium. Sedangkan, orang-orang yang tersisa di bumi hanya mampu meratapi nasib dan berusaha untuk menyelundupkan diri ke satelit mewah itu.

Walaupun Neill merasa ELYSIUM bukan sebuah film yang bagus, namun jika diadu head-to-head dengan CHAPPIE, film keluaran tahun 2013 ini masih lebih unggul dari segi pendapatan. Dilansir Box Office Mojo, meski tak balik modal, ELYSIUM mampu menghasilkan US$ 94 juta atau setara 96 miliar Rupiah. Sedangkan, CHAPPIE yang memimpin chart box office akhir minggu kemarin di Amerika saja, baru menghasilkan US$ 14 juta atau setara 16 miliar Rupiah.

Head-to-head CHAPPIE Vs ELYSIUM/©box office MojoHead-to-head CHAPPIE Vs ELYSIUM/©box office Mojo

Memang angka ini pasti akan terus merangkak naik. Namun dari segi rating yang diberikan Rotten Tomatoes, ELYSIUM lebih unggul dengan 6.5/10 sedangkan CHAPPIE hanya 4.8/10. ELYSIUM juga pernah menjadi yang nomor satu di chart box office Amerika pada Agustus 2013, saat pertama kali dirilis. Sayangnya, kedua film ini masih kalah dengan DISTRICT 9.

DISTRICT 9 adalah film Neill di tahun 2009 yang memiliki kisah hampir sama dengan kedua film ini. Film yang dibintangi Sharlto Copley dan Jason Cope ini mampu menyabet Oscars 2009 dalam kategori Best Picture dan Best Adapted Screenplay. Namun, meski tak dapat Oscars, ELYSIUM banyak menerima kritik positif dan menghasilkan pendapatan US$ 286 juta atau setara lebih dari 300 miliar Rupiah di seluruh dunia. Apakah CHAPPIE mampu mengungguli dua seniornya ini?

(box/tch)


REKOMENDASI
TRENDING