Sutradara Neill Blomkamp: 'ELYSIUM' Bukanlah Film Yang Bagus

Senin, 02 Maret 2015 11:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Sutradara Neill Blomkamp: 'ELYSIUM' Bukanlah Film Yang Bagus Neill Blomkamp dan ELYSIUM/©Media Rights Capital
Kapanlagi.com - Masih ingat film ELYSIUM? Film sci-fi action yang dirilis 2013 lalu ini menurut sutradaranya, Neill Blomkamp, bukanlah film yang bagus. Gimana bisa, ya?

Neill yang juga sutradara film DISTRICT 9 buka-bukaan soal film yang gagal meraih Oscars ini. Ditemui Uproxx saat promosi film terbarunya CHAPPIE, sineas asal Afrika Selatan ini berandai-andai jika ia bisa kembali ke tahun 2013 untuk membenahi naskah ELYSIUM. “Aku merasa, ceritanya (ELYSIUM) bukan cerita yang tepat. Aku pikir ide satir tentang sebuah satelit berbentuk ring yang ditempati oleh orang-orang kaya, melayang di atas bumi yang telah hancur, adalah sebuah ide bagus. Aku suka itu, hingga aku ingin kembali dan mengerjakannya dengan benar,” ungkapnya.

“Tapi aku pikir, naskahnya kurang tepat. Aku merasa nggak bikin film yang bagus. Kostum dan special effectsnya sih dikerjakan sangat bagus. Tapi semuanya itu nggak membentuk sebuah sistem karena naskahnya. Ceritanya jadi kurang mengena,” lanjutnya. ELYSIUM, yang dibintangi Matt Damon dan Jodie Foster, berlatar belakang bumi di tahun 2145. Orang-orang kaya mampu meninggalkan bumi yang sudah rusak parah menuju sebuah satelit bernama Elysium. Sedangkan, orang-orang yang tersisa di bumi hanya mampu meratapi nasib dan berusaha untuk menyelundupkan diri ke satelit mewah itu.

Satelit mewah Elysium/©Media Rights CapitalSatelit mewah Elysium/©Media Rights Capital

Film ini gagal meraih penghargaan di musim awards seperti sekarang ini. Padahal, karya Neill lainnya, DISTRICT 9, mampu menyabet Oscars 2009 dalam kategori Best Picture dan Best Adapted Screenplay. Namun, ELYSIUM banyak menerima kritik positif dan menghasilkan pendapatan US$ 286 juta atau setara lebih dari 300 miliar Rupiah di seluruh dunia.

ELYSIUM jadi satu-satunya film Neill yang ia kerjakan tanpa didampingi istrinya, Terri Tatchell. Namun mereka berdua kembali bersama dalam film CHAPPIE, robot pintar yang harus berjuang hidup di jalanan kejam Johannesburg.

Ceritanya mirip dengan kisah klasik pinokio. Seorang robot yang diciptakan sebagai pengganti polisi, namun memiliki kelembutan hati layaknya anak kecil dan mempunyai perasaan sama seperti manusia. Penasaran? Film ini akan mulai tayang di bioskop kesayangan kalian mulai 6 Maret.

(upr/tch)


REKOMENDASI
TRENDING