Paramount Bagikan DVD 'SELMA' ke Seluruh SMA di Amerika Serikat

Minggu, 31 Mei 2015 16:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Paramount Bagikan DVD 'SELMA' ke Seluruh SMA di Amerika Serikat SELMA/©Paramount Pictures
Kapanlagi.com - Satu lagi sejarah kembali diukir oleh film besutan sutradara Ava DuVernay, SELMA. Setelah sukses diputar di Gedung Putih dan disaksikan ramai-ramai oleh Presiden Barack Obama dan staff, kini Paramount Pictures 'berbaik hati' untuk mendistribusikan film ini ke seluruh SMA di Amerika Serikat.

Film yang dirilis pada 25 Desember 2014 ini telah merilis DVDnya sejak 5 Mei lalu. Dilansir Cinema Blend, kini DVD kisah perjuangan salah satu tokoh penting dunia, Martin Luther King Jr., akan sangat mudah ditemui di perpustakaan SMA-SMA.

Diproduseri oleh Oprah WinfreySELMA adalah kisah nyata kerusuhan yang terjadi sepanjang tiga bulan di tahun 1965, ketika Martin Luther King Jr. (diperankan oleh David Oyelowo) memimpin kampanye untuk menjamin kesetaraan hak pemungutan suara di depan oposisi yang bengis. Martin geram karena mereka tidak boleh menyumbangkan suaranya dalam Pemilu. Itulah mengapa mantan Presiden LBJ alias Lyndon B. Johnson dibilang sebagai salah satu pemimpin yang rasis.

SELMA didistribusikan gratis ke seluruh SMA di USA/©Paramount PicturesSELMA didistribusikan gratis ke seluruh SMA di USA/©Paramount Pictures

Akhirnya, Martin dan kawan-kawannya memutuskan untuk melakukan long-march yang epik di sepanjang Selma menuju Montgomery, Alabama. Aksi ini berujung pada penandatanganan The Voting Rights Act 1965 oleh Presiden LBJ. Pergerakan ini merupakan kemenangan paling signifikan dalam sejarah perjuangan hak-hak kemanusiaan, meski diwarnai kerusuhan dan kematian.

Meski gagal masuk nominasi Oscars 2015, SELMA menjadi sebuah film sejarah yang layak untuk ditonton. Film ini menjadi amat penting karena dari sini lah awal kesetaraan hak warga kulit hitam dan putih mulai disetarakan, meski kemudian Martin Luther King Jr. tak bisa menikmati hasil kerja kerasnya.

Syukurlah, Paramount Pictures punya ide brilian dan mendidik untuk menyebarluaskan SELMA dengan gratis ke sekolah-sekolah. Kira-kira apakah film Indonesia bisa menyusul kesuksesan ini, ya?

(cin/tch)


REKOMENDASI
TRENDING