HOLLYWOOD

Diam-diam Kim Kardashian Berjuang untuk Jadi Pengacara di Usia 38 Tahun

Kamis, 11 April 2019 21:10 Penulis: Rezka Aulia

Kim Kardashian harus magang 4 tahun dan menjalani serangkaian ujian. © instagram/kimkardashian

Kapanlagi.com - Kim Kardashian tak henti memberi kejutan untuk dunia. Kali ini dalam interview bersama Vogue Magazine, ia mengutarakan keinginannya untuk menjadi pengacara. Ia telah belajar hukum secara diam-diam.

Wanita 38 tahun ini memang tak mengambil sekolah hukum secara formal. Namun ia dalam program magang 4 tahun di sebuah firma hukum di San Francisco. Hal ini memang suatu hal legal bagi seseorang yang ingin menjadi pengacara di California. Setelah magang di firma hukum, nantinya Kim masih diharuskan mengambil ujian yang disebut 'Bar Exam'.

"Aku harus memikirkan ini secara matang tentang hal ini," ujar Kim yang ingin lulus Bar Exam pada 2020.

1. Persyaratan Ketat

California merupakan satu dari empat negara bagian di Amerika Serikat yang memperbolehkan calon pengacara magang sebagai pengganti sekolah hukum. Namun sesuai aturan yang berlaku, calon pengacara harus melakukan magang selama empat tahun di firma hukum yang bonafide.

Meski tak sekolah formal, Kim nantinya masih harus lulus ujian yang setara dengan ujian mahasiswa hukum tahun pertama. Ia juga masih harus belajar dasar hukum di firma hukum itu minimal 18 jam per minggu selama 48 minggu untuk bisa setara dua semester.

Nantinya setelah Kim menyelesaikan magang empat tahunnya, ia harus lulus dalam Bar Exam. Kemudian ia juga harus mendapat predikat 'karakter moral positif'. Masih dilanjutkan dengan ujian Multi-state Professional Responsibility, dapat dibilang Kim harus lulus semua ujian yang ditempuh pangacara lain.

2. Mengapa Kim Memilih Ini?

Kim memang lekat dengan citra wanita sosialita dengan gaya hidup glamor. Namun perlu diingat, ia adalah putri dari salah satu pengacara kenamaan Amerika Serikat, mendiang Robert Kardashian. Dan semangat Kim akan penegakan hukum telah jelas terlihat.

Ia menjadi orang yang memperjuangkan kebebasan Alice Marie Johnson. Selebriti sekaligus pebisnis ini melakukan lobby langsung ke Donald Trump demi kebebasan Alice Marie Johnson.

"Gedung Putih menghubungiku untuk meminta saranku bagi perubahan sistem pemberian grasi. Aku duduk di Ruang Roosevelt bersama hakim dan para orang berkuasa. Aku merasa perlu tau lebih banyak tentang hukum," terang Kim.

3. Perjuangan Kim

"Aku ungkap apa yang ingin ku katakan, tentang sisi kemanusiaan dan mengapa hal ini tak adil. Tapi aku ditemani pengacara yang bisa membantuku memberi fakta kasus ini," lanjut Kim.

Kim sadar untuk mengubah suatu hal tak bisa sendirian, ia butuh bekerja sama. Wanita yang semula dilabeli dunia sebagai penganut hedonistik yang kosong ini ternyata memiliki kejutan untuk dunia.

"Aku tahu kapasitasku, namun aku merasa ingin bisa berjuang lebih untuk mereka. Aku rasa sistemnya bisa diubah dan aku ingin berjuang mengubahnya. Kalau aku tahu lebih aku bisa berbuat lebih. Semua dimulai dari sini," pungkasnya.

 

(kpl/rna)

Editor: Rezka Aulia


REKOMENDASI
TRENDING