HOLLYWOOD

Didiagnosis Menderita Afasia, Aktor Bruce Willis Mundur dari Karier Akting

Kamis, 31 Maret 2022 10:10

Bruce Willis menderita afasia © TPG Images

Kapanlagi.com - Kabar kurang menyenangkan datang dari aktor Bruce Willis yang harus mundur dari perjalanan kariernya sebagai seorang aktor. Pada Rabu (30/3), pihak keluarga mengungkap bahwa sang aktor didiagnosis menderita afasia melalui sebuah postingan Instagram.

Dalam postingannya, Rumer Willis yang merupakan putri tertua Demi Moore dan Bruce Willis mengungkap bahwa diagnosis sang ayah mempengaruhi kemampuan kognitifnya.

"Kepada pendukung Bruce yang luar biasa, sebagai keluarga, kami ingin memberitahukan bahwa Bruce kami tercinta mengalami beberapa masalah kesehatan dan baru-baru ini didiagnosis menderita afasia, yang memengaruhi kemampuan kognitifnya," tulisnya.

1. Sekilas Tentang Afasia

Melansir dari Mayo Clinic, afasia sendiri merupakan kondisi yang merenggut kemampuan seseorang dalam berkomunikasi. Gangguan ini dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk berbicara, menulis, dan memahami bahasa, baik lisan maupun tulisan.

Afasia biasanya muncul secara mendadak setelah seseorang mengalami stroke atau cedera otak. Tetapi, gangguan ini juga bisa muncul secara bertahap karena pertumbuhan tumor otak atau penyakit degeneratif. Tingkat keparahan afasia bergantung pada beberapa faktor, termasuk penyebab dan tingkat kerusakan pada otak.

Ada pun gejala yang dialami penderita afasia meliputi berbicara dalam kalimat pendek atau tidak lengkap, mengatakan kalimat yang tidak masuk akal, mengganti sebuah kata dengan istilah lain yang terdengar mirip satu sama lain, menggunakan kata-kata yang tidak dikenali saat berbicara, tidak memahami perbincangan orang lain, dan juga menulis kalimat yang tidak masuk akal.

2. Mundur dari Karier

Postingan yang sama juga diunggah oleh Demi Moore, Emma, Scout, dan Tallulah di akun Instagram pribadi mereka. Tulisan panjang yang mengumumkan pensiunnya Bruce dari dunia akting tersebut juga mewakili anggota keluarga Bruce lainnya, termasuk Mabel dan Evelyn.

"Oleh karena itu (diagnosis Bruce) dan dengan banyak pertimbangan, Bruce akan mundur dari karier yang sangat berarti baginya," ungkap pihak keluarga.

3. Cobaan Bagi Keluarga

Lebih lanjut, pihak keluarga juga menulis bahwa ini adalah waktu yang sangat berat, tetapi mereka akan melewati cobaan ini bersama-sama sebagai sebuah keluarga yang kuat.

"Ini adalah waktu yang sangat berat bagi keluarga kami dan kami sangat menghargai cinta, kasih, dan dukungan kalian yang tiada henti. Kami akan melewati (cobaan) ini sebagai sebuah keluarga yang kuat, dan kami ingin melibatkan fans Bruce karena kami tahu bertapa berharganya dia bagi kalian semua, dan begitu juga sebaliknya. Seperti yang selalu dikatakan Bruce, 'Live it up' dan bersama-sama kami berencana untuk melakukan hal itu," begitulah penutup pernyataan keluarga Bruce Willis.

4. Baru Berulang Tahun

Kabar kurang menyenangkan ini tentunya mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, beberapa minggu yang lalu Bruce Willis baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-67, tepatnya pada 19 Maret 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Demi Moore mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bruce Willis sambil membagikan foto mereka berdua. Tak ketinggalan, sang aktris juga menuliskan caption manis untuk mantan suaminya tersebut, "Selamat ulang tahun, Bruce! (Aku) bersyukur untuk keluarga campuran kita."

5. Perjalanan Karier

Seperti diketahui, karier akting Bruce Willis dimulai pada awal tahun 1980-an. Namanya belum terlalu dikenal publik hingga Bruce membintangi serial TV ABC MOONLIGHTING. Di tahun 1988, Bruce pun memerankan John McClane dalam film DIE HARD pertama.

Sejak itu, film-film yang dibintangi Bruce termasuk THE SIXTH SENSE, ARMAGEDDON, dan PULP FICTION sukses meraup lebih dari $5 miliar di seluruh dunia. Bruce pernah dinominasikan untuk lima Golden Globes, memenangkan satu penghargaan untuk MOONLIGHTING. Sang aktor juga masuk tiga nominasi Emmy dan memenangkan dua penghargaan.

Semoga Bruce dan keluarga senantiasa diberi kekuatan dan juga kesabaran dalam berjuang menghadapi cobaan ini.


REKOMENDASI
TRENDING