FILM INTERNASIONAL

Suka Sama Time Traveling? 6 Film Tentang Mesin Waktu Ini Cocok Buat Kamu Tonton

Kamis, 25 Februari 2021 18:43 Penulis: Jeffrey Winanda

(c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Seakan nggak ada habisnya, film tentang perjalanan ruang dan waktu adalah salah satu tema favorit dari para movie goers. Selain dari akting pemerannya yang jempolan, plot menarik serta bikin mikir adalah faktor utama dari populernya film tentang jelajah waktu ini.

Dari puluhan atau bahkan ratusan sinema bertema mesin waktu yang sudah dirilis, ada beberapa film yang sukses bikin penonton terkesan setelah menyaksikannya. Apa aja filmnya? Catet ya!

 

1. MIDNIGHT IN PARIS (2011)

Secara terang-terangan, musisi solo Lauv menyampaikan kalau dia menciptakan lagu Paris In The Rain karena terinspirasi dari film MIDNIGHT IN PARIS. Film arahan Woody Allen ini memang mampu menembus batas imajinasi penonton dengan plot jenius yang dimilikinya.

Bercerita tentang tokoh bernama Gil yang diperankan oleh Owen Wilson, dia adalah seorang penulis buku dan seniman yang tergila-gila dengan Paris, karena kota ini adalah tempat para seniman hebat di tahun 1920an. Tak disangka, Gil secara mengejutkan berada di Paris pada tahun 1920. Disana dia bisa bertemu dengan tokoh hebat sekaliber Gertrude Stein hingga Ernest Hemmingway.

Beberapa penghargaan bergengsi diraih oleh film ini, diantaranya adalah Soundtrack kompilasi terbaik media visual di Grammy Awards, hingga naskah skenario terbaik dari 84th Academy Awards

 

2. PROJECT ALMANAC (2015)

Diproduseri oleh Michael Bay, PROJECT ALMANAC adalah representasi dari quote legendaris “with great power, comes great responsibility”. Dean Israelite yang pernah mengarahkan film TRANSFORMERS dan reboot POWER RANGERS ini duduk di kursi sutradara dalam film yang dirilis pada 2015 ini.

David Raskin adalah seorang siswa SMA jenius yang secara tak sadar menemukan figur dirinya di masa kini dalam rekaman video ulang tahunnya yang ketujuh. Dengan bantuan adik dan 2 temannya, dia menelusuri lebih lanjut dan menemukan blueprint dari mesin waktu peninggalan ayahnya yang sudah meninggal. Petualangan semakin seru ketika mereka memutuskan untuk merakit mesin waktu tersebut.

 

3. THE TERMINATOR (1984)

Film yang udah berumur 37 tahun ini masih relevan banget buat ditonton sekarang. Akting dari Arnold Schwarzenegger yang melegenda tentunya menjadi nilai positif dari film yang telah memiliki beberapa sekuel tersebut.

Dengan rating 8/10 dari IMDb dan 100% Rotten Tomatoes, THE TERMINATOR bermula ketika komputer cerdas bernama Skynet menguasai dunia di tahun 2029. Di masa itu diceritakan bahwa manusia hampir punah karena ledakan nuklir. Manusia yang tersisa kemudian melakukan pemberontakan kepada Skynet. Nggak mau terancam, Skynet memutuskan mengirim salah satu robotnya ke tahun 1984 untuk membunuh ibu dari pemimpin pemberontakan tersebut.

 

4. LOOPER (2012)

Kombinasi film aksi dengan perjalanan ruang waktu emang badass banget. Salah satunya adalah LOOPER yang dirilis tahun 2012. Film ini dibintangi oleh aktor kawakan Bruce Willis, Joseph Gordon-Levitt, dan Emily Blunt. Bahkan di ajang Toronto International Film Festival 2012, film arahan Rian Johnson ini didapuk sebagai film pembuka.

Berfokus di tahun 2044, cerita dimulai ketika pada tahun tersebut sudah jamak penggunaan mesin waktu. Organisasi kriminal di Kansas, AS menggunakan mesin waktu untuk menghilangkan barang bukti. Pembunuh yang disebut looper ditugaskan untuk membunuh seseorang di masa lalu, atau membunuh orang di masa sekarang yang kemudian barang buktinya dipindah ke masa lampau dengan mesin waktu ini. Petualangan menjadi seru ketika sang looper ditugaskan untuk membunuh dirinya sendiri di masa lalu.

 

5. AVENGERS: ENDGAME (2019)

Euforia akhir dari masa MCU fase ketiga sayang banget buat dilewatkan. Film berdurasi 181 menit ini menjadi penutup dari kisah para pahlawan yang berjuang menyelamatkan dunia.

Melanjutkan kisah dari AVENGERS: INFINITY WAR yang dirilis satu tahun sebelumnya, AVENGERS: ENDGAME melanjutkan perjuangan umat manusia yang sebagian telah dimusnahkan Thanos dengan Infinity Gem. Berbekal tekad kuat, para Avengers kembali ke masa lalu buat mengambil Infinity Gem dan mengembalikan populasi umat manusia.

 

6. TENET (2020)

Ada sebab maka ada pula akibat. Hukum natural seperti itu terasa seperti terbalik dalam film arahan Christopher Nolan ini. TENET adalah film yang membuat peluru bukan ditembakkan tapi ditangkap, oksigen bukan dihirup namun dihembuskan.

TENET secara garis besar mengisahkan tentang satuan operasi CIA yang mencegah kiamat kecil akibat ulah dari oligarki Rusia. Dibintangi oleh John David Washington dan Robert Pattinson, Film ini nggak cuma soal mesin waktu, tapi lebih ke manipulasi ruang waktu atau time inversion. Emang bikin otak ngebul sih buat nontonnya, but this movie is worth to watch!

Menghabiskan waktu luang nggak melulu dengan aktivitas yang menguras tenaga. Nonton film dengan cemilan dan minuman favorit adalah salah satu hal yang menyenangkan sekaligus mengembalikan mood pasca melakukan rutinitas harian yang melelahkan.

 

(kpl/jef)

Reporter: Jeffrey Winanda


REKOMENDASI
TRENDING