HOLLYWOOD

Ellen Page Bintang 'THE UMBRELLA ACADEMY' Putuskan Jadi Transgender: Namaku Adalah Elliot

Rabu, 02 Desember 2020 08:00

Elliot Page © TPG Images

Kapanlagi.com - Aktor nominasi Oscar, Elliot Page, baru-baru ini mengumumkan identitasnya sebagai seorang trans. Dulu dikenal sebagai Ellen Page, bintang yang dikenal berkat lakonnya di film JUNO ini sendiri memang sudah mengaku sebagai seorang penyuka sesama jenis dalam sebuah event Kampanye Hak Asasi Manusia tahun 2014 silam.

"Hai teman-teman, aku mau bilang ke kalian semua kalau aku adalah seorang trans, kalian bisa panggil aku he/they (kata ganti dia laki-laki/mereka) dan namaku adalah Elliot. Aku merasa beruntung bisa menuliskan hal ini. Bisa ada di sini. Bisa sampai ke titik ini dalam hidupku," tulis Elliot Page dalam postingannya.

Melalui pernyataan panjang yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Elliot Page yang saat ini membintangi serial superhero Netflix THE UMBRELLA ACADEMY mengungkapkan kebahagiaannya sudah mengaku sebagai seorang trans sekaligus kekhawatirannya terhadap kondisi yang dihadapi oleh kaum trans.

1. Merasa Bersyukur

Elliot yang merasa bersyukur bisa menemukan jati dirinya mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang-orang di sekitarnya, terutama komunitas trans. Berkat dukungan yang diterimanya, Elliot bisa menjadi dirinya yang sekarang.

"Aku merasa sangat berterima kasih kepada orang-orang hebat yang sudah mendukungku di sepanjang perjalanan ini. Aku bingung harus mulai dari mana untuk mengungkapkan betapa luar biasanya ketika akhirnya bisa cukup mencintai diriku untuk mengejar diriku yang sebenarnya. Aku sangat terinspirasi oleh banyak orang di komunitas trans. Terima kasih atas keberanian, kemurahan hati dan senantiasa berusaha untuk membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih inklusif dan penuh kasih sayang. Aku akan memberikan segala dukungan semampuku dan terus berusaha untuk menciptakan lingkungan yang lebih setara dan penuh kasih sayang," ungkapnya.

2. Suarakan Hak Asasi

Di sisi lain, Elliot yang tengah berbahagia juga menyatakan keprihatinannya selama ini. Bintang 33 tahun ini mengutip dari data statistik Kampanye Hak Asasi Manusia tentang ketidakadilan yang dihadapi oleh kaum trans.

"Aku juga mengharapkan kesabaran. Kebahagiaanku nyata, sekaligus rapuh. Faktanya, meski sekarang aku merasa sangat bahagia dan tahu aku sangat beruntung, aku juga merasa takut. Aku takut akan serangan, kebencian, 'lelucon' dan juga kekerasan. Untuk lebih jelasnya, aku nggak berusaha meredam momen menggembirakan yang kurayakan, tapi aku ingin membahas gambaran lengkapnya. Statistiknya mengejutkan. Diskriminasi terhadap kaum trans sangat marak, berbahaya dan kejam, yang mengakibatkan konsekuensi mengerikan. Pada tahun 2020 saja dilaporkan bahwa sedikitnya 40 transgender telah dibunuh, mayoritas adalah transpuan kulit hitam dan Latinx. Kepada para pemimpin politik yang bekerja untuk mengkriminalkan perawatan kesehatan bagi kaum trans dan menyangkal hak kami untuk hidup dan untuk semua orang dengan platform besar yang terus menyatakan permusuhan terhadap komunitas trans: ini tanggung jawab kalian. Kalian melepaskan amukan dan amarah keji di pundak komunitas trans, sebuah komunitas di mana 40% transgender dewasa melaporkan percobaan bunuh diri. Sudah cukup. Kalian tidak sedang 'cancelled,' kalian menyakiti banyak orang. Aku salah satu dari orang-orang itu dan kami tidak akan diam dalam menghadapi serangan kalian," tuturnya.

3. Beri Dukungan

Sebagai seorang trans yang aktif menyuarakan hak asasi kaum LGBTQ, Elliot juga menyampaikan dukungannya kepada komunitas trans.

"Aku bahagia menjadi seorang trans. Dan aku bahagia menjadi seorang queer. Dan semakin aku mengenal diriku sendiri dan sepenuhnya merangkul siapa aku sebenarnya, impianku semakin besar, hatiku semakin bertumbuh dan aku semakin berkembang. Kepada semua transgender yang menghadapi pelecehan, kebencian pada diri sendiri, penganiayaan, dan ancaman kekerasan setiap hari: Aku memahami kalian, aku mencintai kalian dan aku akan melakukan semua yang aku bisa untuk mengubah dunia ini menjadi lebih baik," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING