Ini Alasan Mengapa Pangeran William Diberi Gelar Duke of Cambridge

Jum'at, 04 Mei 2018 14:17 Penulis: Soraya
Ini Alasan Mengapa Pangeran William Diberi Gelar Duke of Cambridge Pangeran William - Pangeran Harry © AFP

Kapanlagi.com - Berbagai aturan dan tradisi Kerajaan Inggris terkadang memang memancing rasa penasaran yang begitu besar. Nggak cuma soal penentuan putra mahkota ataupun prosesi perkawinan, gelar yang diterima Pangeran William dan pangeran lain juga kerap membuat orang bertanya-tanya.

Seperti yang kita tahu, selama ini Pangeran William selalu dipanggil dengan sebutan Duke of Cambridge. Gelar itu secara otomatis juga diberikan oleh Kate Middleton yang biasa disebut Duchess of Cambridge. Lantas dari mana asalnya julukan tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, ini semua terjadi karena Ratu Elizabeth II memberikan gelar tersebut pada William di hari pernikahannya pada 29 April 2011 silam. Sang Ratu memiliki hak untuk memberikan gelar, menetapkannya menjadi hukum, dan membuat gelar tersebut dikenal publik.

Pangeran Harry nantinya juga akan mendapat gelar sendiri pasca menikah © AFPPangeran Harry nantinya juga akan mendapat gelar sendiri pasca menikah © AFP

Usut punya usut, ternyata gelar Duke of Cambridge yang diterima William tak ada sangkut-pautnya dengan warisan tanah, istana, ataupun kekuasaan. Itu hanyalah gelar yang diberikan secara turun-temurun untuk catatan sejarah British Royal Family.

Hal yang sama pastinya juga akan terjadi pada Pangeran Harry jika nanti ia sudah menikah dengan Meghan Markle. Sayangnya gelar itu baru akan diberikan neneknya sehari sebelum atau tepat di hari pernikahannya yang jatuh pada tanggal 19 Mei mendatang.

Disebutkan jika nantinya Harry akan mendapat gelar Duke of Sussex, sementara Meghan akan dipanggil sebagai Duchess of Sussex. Sesuai dengan tradisi, anak-anak mereka nantinya juga akan dipanggil dengan sebutan Prince atau Princess of Sussex.

(kpl/sry)

Editor:

Soraya


REKOMENDASI
TRENDING